Tanaman hias dengan daun yang indah memang jadi salah satu alternatif pilihan untuk mempercantik rumah. Kesejukan yang dihasilkan, menjadikannya primadona untuk diletakkan di sudut-sudut rumah. Namun, di antara tanaman hias yang indah, ada sebagian yang ternyata mengandung racun, lho. Racun yang ada tersebut tentunya mempunyai efek buruk bagi kesehatan.

Nah, agar kamu bisa berhati-hati, Popbela sudah siapkan daftar tanaman hias yang mengandung racun, nih. Daftar tanaman ini bisa dijadikan pertimbangan olehmu, terutama untuk kamu yang mempunyai anak kecil atau hewan peliharaan agar bisa memilih tanaman yang aman bagi mereka. Berikut ini 7 jenis tanaman hias beracun namun sangat indah.

1. Tanaman dolar

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunPinterest.com/The Sill

Jenis tanaman hias beracun pertama ialah tanaman dolar atau ZZ Plant. Jenis tanaman yang kerap kali diletakkan di dalam ruang ini memiliki racun yang bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi ataupun gatal-gatal. Berdasarkan penelitian terbaru, racun yang ada di tanaman ini disebabkan adanya senyawa oksalat yang bertengger di seluruh bagian tanaman dolar. Senyawa tersebut yang menyebabkan tanaman dolar dikategorikan sebagai tanaman yang beracun.

Nah, kalau kamu atau keluargamu tak sengaja menyentuh tanaman ini, segera cuci tanganmu dengan sabun secara bersih agar meminimalisir efek gatal yang dihasilkan. Jangan lupa juga pergunakan sarung tangan bila ingin memindahkan tanaman asli Afrika ini, ya.

2. Kuping gajah

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. Parttimeninja78

Tanaman indah beracun selanjutnya ialah kuping gajah. Di balik warna daunnya yang sungguh indah, ternyata tanaman yang termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi ini mengandung racun yang cukup berbahaya bagi tubuh. Daun tanaman ini ternyata mampu membuat dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara. 


Nggak hanya itu, bila tangan kita tak sengaja menyentuh daun, maka akan terasa gatal dan seperti ada sensasi terbakar yang dirasakan. Parahnya lagi, jika daun ini tak sengaja tertelan oleh anak atau hewan peliharaan, maka akan ada pembengkakan pada lidah dan mulut, yang dalam jangka panjang bisa berefek pada kondisi sulit bernapas.

3. Bunga lily

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. Bibitbunga.com

Warna putih pada daunnya yang mampu menghadirkan kesan elegan ternyata tak bisa menutupi kekurangan bunga lily. Pasalnya, bunga yang sungguh menawan ini ternyata memiliki kandungan racun di dalamnya yang mampu membahayakan hewan peliharaanmu.

Merujuk penelitian yang dilakukan US Food and Drug Administration, bunga cantik ini ternyata mengandung Hemerocallis yang bisa menyebabkan hewan peliharaanmu menjadi sakit perut dan muntah-muntah saat mereka menjilat bunga ini. Nggak berhenti sampai di situ saja, kandungan racun berbahaya tersebut juga mampu membuat hewan peliharaan mengalami gagal ginjal yang bisa berujung pada kematian. 

4. Lidah mertua

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. Lonny Magazine

Bentuk daunnya yang seperti pedang memang menjadi pesona tersendiri bagi tanaman lidah mertua. Namun, tanaman yang cukup populer ini ternyata juga memiliki kandungan racun. Meskipun kadar racunnya tidak terlalu tinggi, tetapi tanaman dengan nama latin Sansevieria ini bisa membuatmu menjadi muntah-muntah dan diare. 

5. Sri Rejeki

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. HG TV

Jenis tanaman hias selanjutnya yang mengandung racun ialah tanaman sri rejeki. Sebuah ironi ketika namanya bermakna positif namun juga mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Getah beracun tersebut dikarenakan terdapat senyawa kalsium oksalat yang mampu menimbulkan rasa gatal hingga mengakibatkan kejang. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan agar terhindar dari risiko buruk. 

6. Foxglove

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. Flowermag

Berbentuk unik seperti lonceng, tanaman dengan nama ilmiah Digitalis Purpurea ini ternyata juga masuk ke dalam daftar tanaman hias beracun. Tanaman dengan warna dan bentuk yang antik ini ternyata mengandung Glikosida pada seluruh bagian tubuhnya yang menyebabkan tubuh manusia ataupun hewan jadi merasakan mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala hingga delirium.

Belum lagi, tremor, kejang-kejang, denyut nadi yang melemah, hingga gangguan irama detak jantung yang berujung pada kematian juga menjadi dampak lain yang dirasakan saat mengalami keracunan foxglove ini, lho. Oleh karena itu, hindari tanaman hias jenis ini untuk meminimalkan kemungkinan buruk yang terjadi.

7. Philodendron

Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias BeracunDok. Balconygardenweb.com

Jenis tanaman hias terakhir yang beracun adalah philodendron. Tanaman dengan dua warna hijau yang mampu menyegarkan mata ini ternyata mengandung kandungan berbahaya bagi tubuh. Tanaman merambat yang satu ini jika tidak sengaja dikonsumsi dapat menyebabkan pembengkakkan pada bagian bibir, lidah, serta tenggorokan. Jadi, berhati-hati kalau kamu ingin memelihara tanaman hias dengan bentuk daun yang melengkung dan lancip di bagian ujung ini, ya.

Itulah 7 jenis tanaman hias beracun yang tampak cantik di permukaan, namu berbahaya di bagian dalam. Mulai perhatikan tanaman hias yang kamu pilih ya, Bela.

Baca Juga: Malah Bikin Stres, 9 Jenis Tanaman Hias Ini Sulit Dipelihara

Baca Juga: Agar Cepat Berbuah Lebat, Ikuti 7 Cara Mencangkok Tanaman Buah Ini!

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Juga Bisa Berfungsi Sebagai Penetralisir Racun