Di masa pandemi ini, kebijakan untuk tetap #dirumahsaja merupakan pilihan bijak yang bisa dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona. Namun, kebijakan ini membuat sebagian besar orang merasakan jenuh dan parahnya tak sedikit orang yang mengalami kondisi stres. Nah, kalau kamu salah satunya yang merasakan hal tersebut, kamu bisa mencari dan melakukan hobi baru sebagai solusi untuk menghilangkan kondisi jenuh dan stres tersebut, Bela.

Berbicara soal hobi baru di saat pandemi ini, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dijadikan hobi, salah satunya ialah memelihara ikan. Ya, memelihara ikan dipercaya bisa meredakan stres. Untuk bisa merasakan efek terhindar dari stres tersebut, kamu nggak perlu memelihara ikan dengan perawatan yang ribet, kok. Kamu bisa memilih merawat ikan dengan perawatan yang mudah, seperti ikan cupang misalnya. 

Merawat ikan yang memiliki nama lain betta fish ini cocok banget untuk kamu yang suka kepraktisan. Selain mudah dirawat, ikan yang terkenal dengan kegarangannya ini mampu membawa ketenangan lewat keindahan bentuknya. Untuk kamu yang tertarik merawat ikan cupang, berikut sepuluh rekomendasi jenis-jenis ikan cupang hias menawan yang bisa meredakan stres.

1. Half Moon

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanPinterest.com/Aquabid

Berdasarkan lebar siripnya, ikan cupang half moon terbagi lagi menjadi dua jenis. Jenis pertama ialah The caudal fin of a half moon betta fish. Pada jenis ini, sesuai dengan namanya, ikan cupang berbentuk seperti setengah bulan atau setengah lingkaran menyerupai huruf D kapital. Keunikan ikan ini terletak dari sirip punggung dan sirip dubur yang berukuran lebih besar dari jenis ikan cupang half moon lainnya.

Jenis kedua ialah the over Half Moon yang memiliki bentuk hampir sama dengan jenis pertama. Perbedaanya ialah terletak dari ekor, yang mana pada jenis ini memiliki ekor yang lebih besar dari jenis The caudal fin of a half moon betta fish.

2. Crown Tail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanPinterest.com/Flickrr

Diperkenalkan pada tahun 1997 di Slipi, Jakarta Barat, jenis ikan cupang yang terkenal dengan istilah CT ini merupakan ikan cupang yang paling mudah dikenali. Pasalnya, jenis ikan ini memiliki ciri khusus, yaitu ujung ekornya yang runcing seperti mahkota. Bentuk dari sirip jenis ini juga mirip dengan cupang jenis The caudal fin of a half moon yang memiliki penyebaran sirip sebesar 180 derajat penuh.

3. Slayer

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanPinterest.com/Flickrr

Jenis ikan cupang yang ini merupakan salah satu favorit banyak orang karena mudah dijumpai. Ikan yang identik dengan warna cerah ini tercipta dari hasil perkawinan silang antara ikan cupang Half moon dan Serit. Berbicara ciri khusunya, jenis ikan ini memiliki ciri khas yang terletak di siripnya, yang mana berukuran lebih besar dibanding ukuran seluruh tubuhnya.

4. Plakat

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanPinterest.com/Justcichilds

Ikan cupang plakat merupakan ikan cupang yang masuk dalam kategori ikan berekor pendek. Perbedaan kelamin pada jenis ikan ini bisa dibedakan melalui sirip di bagian perut. Ikan cupang plakat jantan akan memiliki sirip di bagian perut dengan ukuran yang lebih panjang daripada betina. Selain itu, ikan jenis ini juga dicirikan dengan ekor yang berbentuk bulat pendek atau sedikit runcing. 

5. Double Tail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanPinterest.com/Petco

Ciri dari jenis ikan cupang yang ini ialah siripnya yang memiliki ekor ganda dan terdiri dari dua bilih ekor. Selain itu, jenis ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang lebih pendek dibandingkan dengan cupang jenis yang lain. Ciri selanjutnya yang bisa dikenali dari ikan ini ialah sirip punggung dan sirip duburnya yang berukuran lebih luas daripada ikan jenis cupang lainnya.

6. Combtail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanInstagram.com/Playgrndph

Ikan cupang Combtail atau yang sering disebut juga dengan ekor sisir memang sebenarnya tidak begitu istimewa. Namun, sirip ekor ini tetap terlihat cantik karena saat dibuka, ekornya mirip dengan kipas yang sebarannya cukup besar, meskipun kurang dari 180 derajat.

Jika ekor cupang ini membuka sempurna, ujung bawah anyaman sirip ini tampak agak meruncing, sehingga terlihat seperti sisir. Namun, sebaran dan besarnya memang tidak dramatis seperti pada ikan cupang Crowntail.

7. Delta Tail dan Super Delta Tail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanInstagram.com/Noseworking

Sesuai dengan namanya, ikan cupang Delta Tail dan Super Delta Tail memiliki ekor yang mirip dengan delta atau huruf Yunani D, yakni melebar ke ujung dan lebih membulat.

Delta Tail dan Super Delta Tail adalah rentangan ekornya. Pada ekor Super Delta Tail, rentangannya hampir mendekati 180 derajat. Sementara Delta Tail jauh lebih kecil dan hanya setengahnya. Satu hal yang membuat ikan cupang ini menjadi sangat indah adalah sebaran ekornya yang merata dan nyaris simetris.

8. Half Sun

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanInstagram.com/Mvbettabl

Varietas ikan cupang Half Sun merupakan pembiakan secara selektif antara varietas Half Moon dan Crown Tail. Dari dua induk ini, didapat varietas baru yang memiliki sebaran ekor penuh 180 derajat khas Half Moon, tetapi juga memiliki serit memanjang yang anyaman siripnya mirip dengan Crown Tail.

9. Rosetail & Feathertail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanInstagram.com/Cupanghalfmooncantik

Mirip bunga mawar yang sedang mekar, Rosetail dapat melebarkan siripnya hingga 180 derajat. Selain itu, serit pada siripnya memiliki percabangan yang berlebihan dan memberikan tampilan yang lebih acak dan mirip dengan kelopak bunga mawar.

Sementara itu, untuk Feathertail memiliki sirip yang lebih acak dan tampilannya zig-zag. Bentuk inilah yang membedakannya dengan Rosetail.

10. Round Tail

Bantu Hilangkan Stres, 10 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super MenawanInstagram.com/Bxttashxrmps

Sesuai dengan namanya, cupang Roundtail memiliki ekor bulat nyaris sempurna dan mirip dengan Delta Tail. Seluruh ekornya memiliki tepian lurus yang membuat sebagian besar ekornya berbentuk D. Jika dilihat lagi, ekor cupang ini juga mirip dengan Plakat, tapi lebih penuh dan pendek.

Nah, itu dia 10 jenis ikan cupang hias menawan yang bisa meredakan stres. Dari ke-10 ikan cupang tersebut, mana, nih, yang ingin kamu pelihara?

Baca Juga: 7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara

Baca Juga: Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan Populer