Meskipun 2020 belum berjalan setengahnya, namun di tahun tikus logam ini sudah banyak film-film dokumenter keren yang rilis. Film dokumenter kurasi Popbela ini bisa kamu tonton selama masih masa libur Lebaran atau kembali memasuki masa work from home. Mulai dari Tiger King yang menjadi trending topic di Amerika, kisah Michael Jordan, hingga kehidupan di balik ketenaran Taylor Swift. 

Nah, daripada pensaran, berikut 9 rekomendasi film dokumenter terbaik yang tersaji di sepanjang tahun 2020 ini.

1. Miss Americana

https://www.youtube.com/embed/40RsbcFRwNA

Film dokumenter garapan sutradara Lana Wilson ini bercerita mengenai perjalananan karier penyanyi berbakat Taylor Swift. Di film yang rilis pada akhir Januari 2020 itu, kamu akan menyaksikan bagaimana Taylor berada dan berjuang di posisi terendah dalam hidupnya. Titik terendah dalam hidup Taylor sendiri ialah ketika ia mencoba untuk menjadi diri sendiri tanpa perlu memikirkan pemikiran orang lain mengenai dirinya. Posisi tersedih dalam hidupnya ini terjadi ketika masa sesudah peluncuran dan kesusksesan album "1989" di tahun 2014 dan berlangsung hingga ia kembali merilis album "Reputation" di tahun 2017. 

Tak cuma mengenai titik terendah, di film ini kamu juga akan mengetahui hal-hal yang megejutkan seputar Taylor, mulai dari perseteruannya dengan Kanye West sampai kepada pilihan politik Taylor, lho.

2. Crip Camp: A Disability Revolution

https://www.youtube.com/embed/XRrIs22plz0

Tayang perdana di Sundance 2020, film yang diproduseri oleh pasangan Obama ini meninggalkan pesan kepada penontonnya mengenai egaliter atau kesetaran. Gambaran egaliter ini bisa terlihat dari alur film yang menceritakan sebuah kehidupan di Camp Jenes, yaitu sebuah perkemahan atau barak musim panas yang diinisiasi oleh para hippie sebagai sebuah ruang inklusif untuk para difabel. Hippie sendiri sebetulnya merupakan sebuah budaya yang menjadi salah satu bentuk ekspresi protes anak-anak muda di Amerika yang menentang kekerasan. 

Pada kamp tersebut, para pemuda difabel berdatangan dan mereka ditempatkan pada satu level yang sama tanpa memandang keterbatasan fisik maupun perbedaan kelas yang ada. Mereka semua mempunyai hak untuk berbicara dan didengarkan. Film yang memberi ruang bagi kita untuk melihat kisah lain dari era 70-an ini bisa kamu saksikan di Netflix, ya, Bela!

3. After truth: Disinformation and the Cost of Fake News

https://www.youtube.com/embed/GLi7cNAJKA8

Film yang bisa kamu tonton di HBO sejak Maret 2020 ini memberikan gambaran kepada penontonnya mengenai ancaman yang terjadi di Amerika Serikat akibat adanya berita palsu atau fake news yang menyebar sangat cepat. Film yang disturadari oleh Andrew Rossi ini menampilkan cerita dari sisi para pelaku penyebar berita fake news dan juga beberapa korbannya. Film ini menjadi menarik karena ada banyak subjek yang terlibat untuk menjelaskan mengenai fenomena fake news itu sendiri. Supaya kita tidak mudah terhasut oleh sebuah berita yang belum jelas kebenarannya, maka film ini harus banget kamu tonton, nih.

4. Babies

https://www.youtube.com/embed/e3HuD9Ehb_0

Untuk kamu yang bertanya-tanya mengenai dunia seorang bayi dalam menjalani kehidupannya sebagai manusia kecil yang tak bisa melalukan banyak hal, maka film ini harus kamu tonton. Film yang mengikuti kehidupan 15 bayi ini akan memberikan jawaban atas setiap pertanyaan yang selama ini membuat kamu bingung seputar dunia bayi. Nggak hanya menampilkan para bayi imut, di film dokumenter ini kamu juga akan disungguhi oleh pendapat-pendapat ilmiah dari para ahlinya. Kamu bisa menonton kegemasan para bayi ini di Netflix.

5. The Pharmacist

https://www.youtube.com/embed/aiHZ_wU4ktQ

Serial film dokumenter ini menceritakan gambaran perjuangan seorang apoteker, Danny Schneider, dalam menemukan kebenaran pada kasus kematian yang dialami oleh anaknya. Dalam menemukan kebenaran tersebut, Schneider ternyata malah menemukan isu besar mengenai konspirasi obat-obatan di New Orleans. Schneider menilai ada yang tidak beres dengan anak muda di kotanya. Banyak anak muda membeli obat di apotek dengan resep dokter berdosis tinggi. Ternyata, obat tersebut membahayakan kesehatan penggunanya karena mengandung zat terlarang. Dengan mengetahui ada hal yang tidak beres tersebut, maka misi Schneider bertambah, yaitu mencari pembunuh anaknya dan juga menyelamatkan komunitasnya. Saksikan film yang disutradarai oleh Julia Willoughby Nason dan Jenner Furst ini di Netflix. 

6. The Last Dance

https://www.youtube.com/embed/N9Z9JtNcCWY

Serial dokumenter yang disutradarai Jason Hehir ini bercerita mengenai kehidupan Michael Jordan dan kejayaan tim Chicago Bulls di tahun 1990-an. Dalam serial ini, kamu akan melihat hubungan Michael Jordan dengan banyak orang termasuk Phil Jackson, Steve Kerr, Scottie Pippen, Bill Wennington, J.A. Adande, Larry Bird, Bill Clinton, Magic Johnson, Joe Kleine, Barack Obama, John Paxson, Mark Vancil, dan Michael Wilbon. Dokumenter yang bikin heboh penggemar basket di seluruh dunia ini sudah tersedia di Netflix sejak April 2020 lalu.

7. Cheer

https://www.youtube.com/embed/dhXRx_lva18

Serial dengan enam episode ini menceritakan kehidupan para pemandu sorak di sekolah, yaitu tim cheers di Navarro College, yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen besar. Dalam proses penaklukan turnamen tersebut, tim ini menghadapi berbagai lika-liku yang ternyata membuat tim semakin kompak. Film yang rilis pada 8 Januari 2020 lalu ini juga akan memberikan kamu pandangan baru mengenai dunia cheerleading yang digambarkan sebagai olahraga yang intens dan keras. 

8. Tiger King

https://www.youtube.com/embed/acTdxsoa428

Disutradarai oleh Eric Goode dan Rebecca Chaiklin, Tiger King mengangkat kisah sejumlah pemilik harimau dan pegiat konservasi di Amerika Serikat yang berfokus pada perselisihan antara Joe Exotic dan Carole Baskin. Singkatnya, film yang rilis sejak 20 Maret lalu ini secara tidak langsung memberikan gambaran mengenai longgarnya peraturan di Amerika Serikat terhadap kepemilikan harimau. Binatang harimau di negara ini bisa diperdagangkan secara bebas dan apabila sudah tidak membawakan keuntungan bagi pemiliknya, maka harimau tersebut akan dibuang dengan mudahnya. Filim dokumenter serial yang menyuguhkan kegilaan drama manusia dengan sifat oportunisnya ini bisa kamu saksikan di Netflix, ya, Bela!

9. Hillary

https://www.youtube.com/embed/ViAAwc0BtiE

Film yang terdiri dari 4 episode ini menceritakan kehidupan karir Hillary sebagai sosok mantan calon presiden. Kehidupan politiknya yang sangat seru untuk diikuti membuat film produksi Hulu Production ini sangat menarik untuk ditonton.