Perasaan skeptis merupakan perasaan yang sangat wajar dialami. Namun kenormalan dari rasa skeptis tersebut akan berubah menjadi keabnormalan ketika seseorang memegang teguh skeptisisme yang terlalu berlebihan. Rasa skeptis yang ditandai dengan kurangnya rasa percaya ataupun ragu-ragu pada semua hal ini bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang tak peduli dengan sekitar atau parahnya menjadi sosok yang anti kritik. Tentu dampak negatif dari perasaan skeptisme ini tak boleh dibiarkan. 

Nah, untuk kamu yang mungkin mempunyai perasaan skeptis berlebih, Popbela berikan 5 cara yang bisa menekan perasaan skeptismu itu. Berikut 5 cara menghadapi rasa skeptis yang berlebihan pada diri.

1. Sadar akan kekurangan dalam diri

Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Skeptis yang BerlebihanPinterest.com/Oser

Satu hal yang perlu ditanamkan dalam diri ialah tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Oleh karena itu, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk terus berusaha keras dalam menyelesaikan permasalahan tanpa perlu bantuan dari orang lain. Ingat, ya, menerima bantuan dari orang lain bukan berarti kamu lemah. Memandang sebelah mata kemampuan orang lain juga termasuk hal yang salah. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk singkirkan sifat kesempurnaanmu itu.

2. Jangan lupakan konsep "manusia mahluk sosial"

Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Skeptis yang BerlebihanPinterest.com/Samalive

Kalau kamu masih ogah untuk berinteraksi dengan orang lain karena memandangnya dengan perasaan skeptismu itu, maka kamu harus ingat prinsip ini. Ya, prinsip manusia ialah mahluk sosial harus kamu tanamkan dalam keseharianmu. Kamu nggak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain, lho. Hari-harimu juga akan sulit dijalani karena tidak adanya rasa percaya kepada orang lain lantaran terbentur sikap skeptismu itu. 

3. Ikut organisasi atau komunitas

Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Skeptis yang BerlebihanWordly adventurer

Salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa skeptis ialah dengan menambah lingkar pertemanan. Kamu bisa bergabung dengan organisasi atau komunitas untuk menambah jumlah teman. Selain menghilangkan rasa skeptis dan membangun rasa percaya terhadap orang lain, mengikuti organisasi atau komunitas juga mampu menumbuhkan sikap kerja sama dalam diri sehingga secara perlahan rasa skeptis dalam diri akan memudar.

4. Jangan terburu-buru

Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Skeptis yang BerlebihanPinterest.com/Flickr

Menghilangkan sikap skeptis dalam diri secara total ialah pekerjaan yang amat berat. Pasalnya, sikap ini menempel sangat erat dalam diri. Oleh karena itu, untuk menghilangkan sikap ini butuh waktu yang tak sebentar.

Sebagai solusinya, kamu bisa menghilangkan sikap skeptis dirimu secara perlahan. Nggak usah terburu-buru, pastikan saja dirimu tetap menjadi diri yang berkualitas.

5. Santai

Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Skeptis yang BerlebihanPinterest.com/Flickr

Kalau rasa ragu-ragu atau ketidakpercayaan mulai timbul, cobalah untuk rileks sejenak. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka untuk mengontrol perasaan skeptismu itu. Ingat, jangan sampai rasa skeptis menguasai dirimu sehingga kamu melakukan hal yang tidak baik.

Nah, itu dia 5 cara untuk menekan rasa skeptisme. Kamu punya cara lain untuk mengatasi perasaan ini? Yuk, share di kolom komentar.

Baca Juga: Si "Stay Positive" yang Malah Menjadi Toxic Positivity

Baca Juga: Phobia Kamu Ternyata Bisa Jelaskan Sifat Aslimu, Ini Buktinya

Baca Juga: Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki