Saat melamar pekerjaan, berkas yang dibutuhkan tidak hanya CV atau portofolio saja, lho. Ada juga satu berkas yang cukup krusial dan tak boleh tertinggal, yaitu cover letter. Berkas ini menjadi krusial lantaran isinya bisa membuat peluangmu untuk lulus ke tahap rekruitmen selanjutnya menjadi besar. Berbicara soal isinya, cover letter sendiri berisikan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu ambil. 

Lalu bagaimana membuat cover letter yang bisa memperbesar peluangmu lulus di tempat kerja yang kamu dambakan? Menghimpun dari berbagai sumber, Popbela sudah siapkan beberapa contoh cover letter yang bisa memikat para HRD, nih. Berikut 9 contoh cover letter yang menarik dan bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Contoh cover letter untuk magang

Kamu sedang ingin melamar magang namun bingung mau menuliskan apa di cover letter? Di referensi cover letter untuk magang ini, kamu bisa menuliskan aktivitas yang kamu lakukan selama perkuliahan. Kamu juga bisa menunjukan kemampuan di bidang yang kamu kuasai di cover letter milikmu. Tak ketinggalan, jangan lupa juga menuliskan kontribusi apa yang akan kamu lakukan untuk perusahaan jika kamu diterima di sana, ya. 

Nah, langsung aja, ini dia contoh cover letter untuk magang yang bisa kamu jadikan referensi.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDEkrut.com

2. Contoh cover letter untuk fresh graduate

Contoh selanjutnya ialah untuk para fresh graduate. Awali cover letter dengan menyatakan rasa ketertarikanmu kepada perusahaan yang kamu lamar. Setelah itu, kamu bisa menuliskan kemampuan atau skill yang kamu miliki. Pastikan skill yang kamu tulis berhubungan dengan posisi yang kamu lamar, ya. Nah, masuk ke bagian badan surat, kamu bisa menuliskan pengalaman magang atau pengalaman organisasi yang pernah kamu jalani. Perlu diingat sekali lagi, tulislah pengalaman yang memiliki korelasi dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Berikut referensi cover letter untuk para fresh graduate. 

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDContoh-surat.com

3. Contoh cover letter untuk kerja paruh waktu atau part time

Untuk kamu yang mau kerja paruh waktu atau part time, kamu bisa sontek referensi cover letter ini. Pada bagian awal surat, kamu bisa menuliskan pernyataan yang berisi informasi dari mana kamu mengetahui lowongan tersebut. Kemudian diikuti dengan perkenalan diri secara singkat, seperti asal universitas atau pengalaman kerja sebelumnya. 

Nah, selanjutnya, ini kunci agar cover letter kamu ciamik! Tuliskan prestasi yang kamu peroleh dari pekerjaan sebelumnya. Dengan menuliskan prestasi dalam bentuk kuantitatif, biasanya para HRD akan terpikat, nih. Sebagai gambaran, berikut referensi cover letter untuk kerja paruh waktu atau part time.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDEkrut.com

4. Contoh cover letter jika ingin mengganti pekerjaan

Kalau kamu sudah bekerja dan berniat mengganti pekerjaan, maka kamu bisa menggunakan referensi cover letter yang satu ini. Untuk isinya, sampaikan alasan kamu kenapa ingin mendapatkan posisi di perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupa juga untuk menuliskan keahlian serta prestasi yang kamu peroleh dari tempat sebelumnya, ya!

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDEkrut.com

5. Contoh cover letter jika kamu sedang menganggur

Tenang saja, meskipun kamu menggangur, kamu tetap bisa menuliskan cover letter yang menarik, kok. Kuncinya cuma satu, yaitu menonjolkan kemampuan atau skill serta prestasi yang pernah kamu dapatkan. Namun ingat ya, tulislah kemampuan dan prestasi yang memang berhubungan dengan posisi yang lamar. Berikut referensi cover letter untuk kamu yang sedang tidak punya pekerjaan. 

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDEkrut.com

6. Contoh cover letter dalam bahasa Indonesia untuk kamu yang memiliki 1-3 tahun pengalaman bekerja

Baru memiliki 1-3 tahun pengalaman bekerja, namun ingin pindah ke perusahaan lainnya karena berbagai alasan, Bela? Cover letter satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Agar lamaranmu menarik perhatian HRD, tulis dalam bentuk poin-poin mengenai hal-hal apa saja yang sudah kamu kerjakan selama bekerja di perusahaan lama tersebut.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDGlints.com edited by Niken Ari

7. Contoh cover letter untuk melamar pekerjaan dengan pengalaman magang

Jika kamu baru saja lulus kuliah dan ingin segera melamar pekerjaan bermodalkan pengalaman magang, cover letter satu ini bisa kamu aplikasikan, Bela. Dalam cover letter ini, kamu bisa menceritakan tentang pengalaman magang kamu. Mulai dari menyebutkan perusahaan tempat kamu magang, berapa lama masa magang, hingga apa saja yang kamu kerjakan selama magang.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDJobstreet.com edited by Niken Ari

8. Contoh cover letter untuk melamar pekerjaan sebagai desainer grafis

Desainer grafis kini menjadi salah satu posisi yang banyak dibutuhkan. Bahkan pekerjaan ini dapat kamu lakukan dengan sistem freelance karena dapat dilakukan di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Jika kamu berminat berkarier sebagai desainer grafis, berikut cover letter yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDGlints.com edited by Niken Ari

9. Contoh cover letter untuk melamar pekerjaan bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman magang

Jika kamu sudah lulus kuliah dan ingin melamar pekerjaan, namun tidak memiliki pengalaman magang, tak perlu khawatir. Sebab, kamu tetap bisa memberikan 'nilai tambah' pada diri melalui penulisan cover letter yang tepat. Kamu bisa menceritakan apa saja yang kamu kerjakan selama masa kuliah berlangsung, prestasi apa saja yang kamu dapatkan, hingga bagaimana cara kamu menangani masalah yang muncul.

Para Fresh Graduate, Inilah 9 Contoh Cover Letter yang Dilirik HRDJobstreet.com edited by Niken Ari

Itulah contoh cover letter  yang baik dan benar dari berbagai latar belakang, yang bisa menarik perhatian HRD. Selamat mecoba dan semoga kamu diterima kerja, ya!

Baca Juga: Keduanya Harus Dilampirkan, Ini Beda Surat Lamaran Kerja dengan CV

Baca Juga: Dipakai untuk Melamar Kerja, Ini Contoh dan Cara Membuat Portofolio

Baca Juga: Hey, Fresh graduate! 6 Contoh CV Ini Akan Bantu Kamu Dilirik Rekruiter