Setiap orang tentu ingin memiliki hunian dengan suasana yang mewah dan nyaman. Keinginan ini bisa terwujud dengan mendekorasi interior huniannya. Namun, terkadang, keinginan tersebut terhalang oleh budget yang tidak memungkinkan. Tak jarang orang juga beranggapan bahwa melakukan dekorasi pada hunian yang kecil hanya membuang-buang uang saja karena hunian kecil tidak terlalu membutuhkan hal ini.

Namun, faktanya, kegiatan mendekorasi hunian tidak selalu mahal, lho. Kamu bisa menggunakan barang-barang yang memiliki harga murah untuk menciptakan dekorasi interior impianmu. Hal ini bisa terjadi karena kunci keindahan suatu ruang bukan dilihat dari mahalnya harga barang atau hiasan dekorasi tetapi dilihat dari cara penggunaanya yang tidak biasa. Oleh karena itu, dengan kreativitas, 12 cara ini bisa kamu jadikan panduan dalam melakukan dekorasi interior pada hunianmu.

1. Penggunaan piring antik

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Kamu bisa menggunakan piring-pring antik yang ditempel ke dinding. Untuk menggantungkannya, gunakan gantungan ramping yang menempel pada bagian belakang piring agar tidak mengurangi ke estetisannya. Sebelum menerapkan ini, pastikan kamu sudah menentukkan tata letaknya, ya!

2. Kanvas dengan hasil karya sendiri

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Pinterest.com/Ksyushabardina7113

Cara yang satu ini paling sederhana tetapi tetap mampu menciptakan kesan elegan. Kamu bisa menggunakan kanvas dengan lukisan hasil karyamu. Letakkan kanvas ini di area-area yang bisa memberikan manfaat kepadamu, seperti ruang makan atau kamar tidur.

3. Pajang lukisan atau karyamu

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Pinterest.com/Wallcorners

Sama seperti cara nomor dua, kamu bisa menggunakan hasil karya sendiri sebagai dekorasi di hunianmu, lho. Ada banyak yang bisa kamu pilih, seperti meletakkan doddles buatan sendiri di dinding. Penggunaan karya sendiri ini akan membuat ruanganmu menjadi terasa jauh lebih pribadi dan intim.

4. Penggunaan mini wallpaper

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Kalau kamu menyukai wallpaper dan ingin menggunakannya di dinding tetapi terbatas oleh biaya, maka kamu bisa menggunakan cara yang ini. Kamu bisa membeli wallpaper tersebut dengan ukuran kecil, lalu membingkainya dan menempelkannya pada dinding. Hasilnya nggak bakal jauh lebih menarik dari penggunan wallpaper secara keselurahan di dinding.

5. Gunakan bahan alami

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Untuk kamu yang ingin menambah kesan natural pada rumah, cara yang ini cocok banget, lho. Kamu bisa membuat wadah, kotak atau lemari sederhana, dengan cara mendaur ulang kayu. Dengan penggunaan cara ini, maka rumah akan terlihat semakin "berkarakter".

6. Headboard palsu

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Kalau kamu ingin menggunakan headboard pada kamar tidurmu, kamu tidak perlu membelinya, Bela. Kamu bisa melukis sendiri siluet headboard di dinding. Selain lebih murah, cara ini juga sangat cocok untuk kamar dengan area yang terbatas karena tidak menggunakan banyak ruang pada kamarmu.

7. Gunakan benda-benda koleksimu

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Cara yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka mengoleksi benda-benda lucu maupun unik. Kamu bisa mendekorasi ruangnmu dengan menampilkan benda-benda tersebut. Selain lebih hemat, cara ini secara tidak langsung juga menunjukkan kepribadianmu.

8. Cermin!

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Pinterest.com/Theaugustdiaries

Cermin dikategorikan sebagai salah satu dekorasi interior paling murah. Penggunaan dekorasi ini juga tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga mampu menciptakan kesan luas pada ruanganmu. Pilihlah desain cermin sesuai dengan dekorasi interiormu, agar ruangan semakin terlihat estetis.

9. Foto keluarga

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Pinterest.com/Pbteen

Cara lain untuk menampilkan pribadimu lewat dekorasi rumah ialah dengan memajang foto keluarga. Kamu bisa memajang foto keluarga di ruang tamu atau di ruang makan. Cara ini bisa membuat ruanganmu jauh lebih nyaman dan intim.

10. Menggunakan pola

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Penggunaan pola pada ruangan juga menjadi salah satu cara untuk mendekorasi. Kamu bisa memilih berbagai macam pola dalam satu ruangan. Namun, yang perlu diingat, jangan sampai pola tersebut membuat ruangan tampak membingungkan, ya. Pilihlah pola yang berbeda tetapi masih terhubung dengan pola lainnya.

11. Daur ulang furnitur

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Untuk mendekorasi ruangan, kamu nggak perlu membeli mebel baru, kok. Kamu bisa mendaur ulang mebellamamu dengan menambahkan sesuatu yang bisa membuat furnitur lama tampak menjadi baru dan segar. Cara mendaur ulang ini juga banyak ragamnya, salah satunya ialah dengan mengecat ulang.

12. Mengecat ulang dinding rumah

Ciptakan Kesan Mewah, Ini 12 Cara Low Budget untuk Mendekorasi Rumah Homedit.com

Hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah ialah dengan mengecat ulang dinding rumah dengan warna-warna yang baru. Pilihlah warna cat yang mampu membuatmu menjadi semangat dan aktif dalam berkegiatan. Penggunaan pola atau corak tertentu di dinding juga bisa kamu jadikan pilihan alternatif.

Baca Juga: Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan 

Baca Juga: Ilusi Lebih Luas, Ini 7 Ide Desain Kamar Mungil dengan 2 Tempat Tidur

Baca Juga: Hunian Rasa Alam, Ini 7 Ide Desain Rumah dengan Elemen Batu Alam