Masuknya virus corona ke Indonesia, membuat sebagian besar masyarakat khawatir ikut terjangkit dengan virus yang berasal dari negeri Tiongkok ini. Namun, Bela nggak usah khawatir apalagi panik. Virus ini bisa kita cegah penularannya dengan beberapa cara, termasuk menjaga imunitas tubuh kita. 

Daya tahan tubuh atau imunitas ini sangat penting dan harus kita jaga agar bisa bekerja secara maksimal dalam menangkal penyakit yang masuk, termasuk penyakit COVID-19 yang dibawa oleh virus corona. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Spesial untuk kamu, Popbela sudah merangkumnya, nih! Berikut cara meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Menghindari stres

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Mindbodygreen

Bela harus menghindari stres ya. Stres yang tak terkendali bisa menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh, lho. Ketika stres melanda, maka tubuh akan melakukan peningkatan terhadap hormon kortisol. Hormon ini lah yang menyebabkan penurun fungsi kekebalan tubuh. Jadi, yuk kelola stres secara baik agar terhindar dari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

2. Makan teratur dan terjadwal

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Jo_Larsen

Mau sesibuk apapun kegiatan kamu, jangan lupa makan, ya. Makan, terutama makanan-makanan sehat, bisa menjaga daya tahan tubuh, loh. Kandungan vitamin dan mineral di dalam makanan, sangat bisa menjaga kekebalan tubuh kita dari penyakit. Bela bisa memilih makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C, serta vitamin E untuk menjaga kekebalan tubuh. 

3. Rutin berolahraga

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Purewow

Rutin berolahraga minimal 30 menit, setidaknya tiga kali seminggu, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga melawan infeksi. Selain itu, dengan rajin berolahraga kita bisa menjaga tekanan darah, berat badan, dan juga kesehatan jantung. Nggak perlu olahraga yang mahal dan susah, Bela bisa pilih lari atau berjalan kaki sebagai bentuk olahraga ringan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. 

4. Konsumsi air putih

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Topinspired

Mengonsumsi air putih secara berkala setiap harinya, juga bisa membantu kita dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, lho. Dengan air putih, imun kita menjadi kuat dan juga bisa memberikan manfaat bagi organ tubuh yang lain, seperti ginjal dan hati.

5. Istirahat yang cukup

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Selfmagazine

Jangan jadikan aktivitas yang padat sebagai alasan kamu untuk tidak tidur dengan durasi yang cukup, ya. Dengan kurangnya durasi tidur, sangat memungkinkan bakteri dan virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh karena lemahnya sistem pertahanan tubuh kita. Jadi, pastikan durasi tidur kamu sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam dan remaja 9-10 jam untuk tidur. 
 

6. Hindari rokok dan alkohol

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/Healthline

Bila kita terpapar terlalu sering oleh kedua hal ini, maka kemungkinan besar sistem kekebalan tubuh kita akan lemah, dan yang paling parah rusak. Kedua hal ini juga bisa menyebabkan infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia.

7. Konsumsi makanan yang tinggi Vitamin C

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan TubuhPinterest.com/JosephBrowning

Kamu bisa mengonsumsi paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan juga pepaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Vitamin yang dikenal dengan nama lain asam askorbat ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh karena mampu merangsang sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin C juga bisa meningkatkan antibodi, yang mana hal ini sangat penting untuk melindungi tubuh baik dari serangan virus ataupun bakteri.

Itulah beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa kamu jadikan rutinitasmu. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga : 

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 

Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona