Lemari berbahan kayu memang menjadi incaran banyak orang. Modelnya yang unik dan variatif disertai dengan harga belinya yang relatif murah, ialah alasan mengapa banyak orang memilih lemari berbahan kayu ini. Namun, di balik keunggulan lemari berbahan kayu tersebut, ada satu masalah yang tak bisa dihindari, nih. Ya, masalah tersebut ialah lemari berbahan kayu lebih rentan ditumbuhi jamur dibanding lemari berbahan dasar lainnya. 

Tumbuhnya jamur pada lemari sangat merugikan, lho. Selain mempercepat waktu pakai lemari, jamur yang tumbuh di lemari juga berpotensi merusak barang-barang yang disimpan di dalam lemari. Nah, kalau lemari pakaianmu termasuk yang ditumbuhi jamur, maka kamu nggak perlu panik, Bela. Kamu juga jangan langsung memusnahkan lemarimu, ya. Karena permasalahan tumbuhnya jamur pada lemari ini bisa diatasi dengan cara yang super praktis, Bela Spesial untuk kamu, berikut Popbela berikan 9 cara mengatasi lemari berjamur secara alami

1. Menggunakan alkohol 70%

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianDok. Interner

Cara mudah yang pertama untuk mengatasi jamur pada lemari pakaian ialah dengan mengolesi lemari menggunakan alkohol 70%. Cara ini ampuh untuk menghilangkan jamur dan membuat jamur tidak akan muncul lagi pada lemari pakaian. 

Untuk mencobanya, kamu cukup mengambil lap kering yang sudah ditetesi dengan alkohol. Setelah itu, lap semua permukaan lemari, khusunya pada bagian yang berjamur. Terakhir, tinggal tunggu alkohol kering dan meresap ke lemari pakaian. 

2. Melapisi lemari dengan melamin atau pernis

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianDok. Internet

Selain alkohol, kamu juga bisa menggunakan melamin atau pernis. Produk tersebut merupakan bahan pelapis bening yang terbukti ampuh menghilangkan jamur. Dengan mengoleskan melamin atau pernis ini, maka secara tidak langsung kamu juga mempercantik tampilan lemarimu.  

3. Memperhatikan sirkulasi udara

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianPinterest.com/Twotwentyone

Tahukah kamu, kalau jamur yang ada di lemari pakaian disebabkan dari lembapnya udara? Oleh karena itu, menjaga kelembapan udara ialah cara termudah untuk menghindari munculnya jamur pada lemari pakaian. 

Untuk menjaga kelembapan udara, kamu bisa memperhatikan ventilasi udaramu, apakah memberikan kelembapan yang cukup pada ruang atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kipas angin untuk menjaga kelembapan udaramu. 

4. Hindari posisi lemari yang menempel pada dinding

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianPinterest.com/Chloe

Cara selanjutnya untuk menghindari jamur pada lemari pakaian ialah dengan meletakkan lemari secara tidak menempel ke dinding. Hal ini dikarenakan dinding merupakan bangunan yang dingin serta lembap sehingga akan merangsang pertumbuhan jamur pada lemari pakaian.  

5. Menggunakan alas kayu

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianPinterest.com/Fertighausewelt

Selain dinding, lantai ternyata juga memiliki suhu yang dingin dan cenderung lembap. Oleh karena itu, perlu adanya pembatas agar lemari tidak mudah berjamur. Untuk membatasinya, kamu bisa menggunakan papan kayu sebagai pembatas antara lemari dengan dinding. Mudah, kan? 

6. Menggunakan cahaya lampu TL

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianPinterest.com/Remodelista

Pada dasarnya, jamur yang muncul di lemari pakaianmu itu berasal dari tingginya kelembapan udara di ruangmu, lho. Nah, selain menggunakan kipas angin, untuk mengatur kelembapan udara di ruangan, kamu juga bisa menggunakan lampu TL. Penggunaan lampu TL ini mampu menghasilkan efek ultraviolet yang ampuh untuk mencegah tumbuhnya jamur.  

7. Meletakkan kamper

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianDok. Internet

Cara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ya, peletakkan kamper atau kapur barus pada sisi dalam lemari juga termasuk cara terampuh dalam menghambat pertumbuhan jamur, lho. Selain itu, penggunaan kamper juga memberikan efek harum pada pakaian-pakaianmu.   

8. Menggunakan jeruk nipis dan garam

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianDok. Internet

Untuk kamu yang belum tahu, cara yang satu ini juga ampuh sekali untuk memusnahkan jamur-jamur yang ada di lemari pakaian. Caranya ialah dengan mencampurkan jeruk nipis serta garam hingga menjadi larutan. Setelah itu, kamu bisa menggosok lemari dengan menggunakan sikat gigi bekas yang telah dicelup di dalam larutan jeruk nipis dan garam. Alhasil, jamur-jamur yang bertengger pada serat-serat kayu akan musnah. 

9. Menggunakan air dan cuka

Terbukti Ampuh! Ini 9 Cara Mengatasi Jamur di Lemari PakaianDok. Internet

Selain larutan jeruk nipis dan cuka, kamu juga bisa menggunakan campuran air dan cuka untuk membasmi jamur, lho. Kadar asam yang sangat tinggi pada cuka dinilai ampuh untuk menghilangkan jamur-jamur yang bertengger di lemari pakaian. Kamu cukup mengusapkan larutan ini dengan kain ke bagian lemari yang ditumbuhi jamur. Setelah itu, keringkan lemari dengan menggunakan kain bersih yang kering. Namun, kamu harus berhati-hati, ya. Usapkan secara perlahan agar warna lemari tidak pudar. 

Nah, itu dia 9 cara menghilangkan jamur pada lemari pakaian. Bela punya cara yang lain? Yuk, tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Ada Diskon dan Token Listrik Gratis Dari PLN? Simak Caranya di Sini!

Baca Juga: Dekorasi Dinding yang Estetik, Ini Cara Membuat Makrame

Baca Juga: Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudah