Selain membawa rezeki, menerapkan ilmu feng shui pada hunian rumah ternyata bisa membawa energi positif kepada penghuninya, lho. Penerapan feng shui ini sangat cocok diterapkan di hunian yang kecil karena mampu menciptakan kesan hunian yang luas dan juga mampu meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Nggak hanya itu saja, penerapan feng shui yang memiliki prinsip keseimbangan ini juga ternyata mampu mengoptimalkan aliran udara serta vitalitas ruanganmu. Nah, untuk kamu yang memiliki hunian kecil, berikut enam tips feng shui yang bisa kamu aplikasikan pada hunianmu, Bela.

1. Decluttering

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Westelm

Untuk menciptakan dan mengalirkan energi positif pada rumah, kamu bisa memulainya dengan decluttering, lho. Kegiatan membereskan rumah dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi ini bisa membuat rumah menjadi nyaman dan mampu meningkatkan energi positif yang masuk ke dalam rumah. 

Salah satu area terpenting yang wajib dilakukan decluttering ialah pada bagian jalan masuk menuju rumah. Melakukan decluttering pada bagian ini sangat penting karena area ini merupakan sumber energi utama dari sebuah rumah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan energi positif pada bagian rumah yang ini, salah satunya ialah dengan menggunakan wadah penyimpanan dekoratif dalam menyimpan sepatumu.

2. Membagi ruangan

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Liqnne Woodward

Pada hunian yang kecil, mungkin akan sulit membagi ruangan sesuai dengan fungsinya. Namun, hal ini harus dilakukan agar di dalam hunian tersebut tidak tercipta kebiasan buruk, seperti makan di dalam kamar tidur.

Untuk melakukan tips yang ini, kamu nggak perlu memisahkanya dengan menggunakan dinding, kok. Kamu bisa menggunakan pemisah ruangan portabel yang bisa dibuka tutup dengan mudah dan dipindah-pindahkan. Bisa juga dengan menggunakan mebel, seperti sofa atau meja untuk membagi sebuah ruangan.

3. Gunakan cermin

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Article

Cermin disebut-sebut sebagai keajaiban terbesar di dalam hunian kecil. Penggunaan cermin dengan strategi refleksi cahaya yang tepat mampu memberikan efek ruangan yang kecil menjadi lebih besar. Hal yang perlu diperhatikan pada tips yang ini ialah peletakkan si cermin.

Ada beberapa anjuran peletakkan cermin yang bisa kamu terapkan, nih, Bela. Pertama, kamu bisa meletakkan cermin berhadapan langsung dengan jendela agar cahaya yang direfleksikan adalah cahaya yang alami. Kedua, kamu bisa memasang cermin yang menghasilkan pantulan bayangan berupa pemandangan luar ruangan. Anjuran yang ini diyakini bisa membawa lebih banyak keindahan serta kenyamana ke dalam rumah. Anjuran terakhir ialah kamu bisa meletakkan cermin di belakang kompormu. Anjuran yang ini dipercayai bisa membawa kekayaan pada sang pemilik hunian.

4. Pilih dekorasi yang menenangkan untuk kamar tidur

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Domino Magazine

Tips yang ini bisa membuatmu tenang dalam menjalankan hari, nih. Untuk dekorasi, kamu bisa memilih menggunakan lukisan yang menenangkan, seperti lukisan pemandangan alam. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk tidak meletakkan barang-barang elektronik, seperti laptop, di kamarmu. Hal ini dikarenakan barang elektronik mampu membuatmu menjadi tergesa-gesa di pagi hari. 

5. Aplikasikan 5 elemen feng shui

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Planinprint

Terdapat lima elemen pada feng shui, yaitu kayu, api, tanah, logam dan air. Kelima elemen ini mampu menyalurkan energi dan makna tertentu. Kayu dianggap membawa perdamaian dan kemakmuran, api melambangkan gairah, tanah menciptakan stabilitas, logam meningkatkan fokus, dan air yang dianggap mampu meningkatkan komunikasi. 

Untuk menerapkan kelima elemen ini, kamu nggak perlu mengaplikasinnya dengan menggunakan mebel. Kamu bisa menerapkannya melalui penggunaan cat dengan warna yang sesuai dengan elemen-elemen tersebut. Misal, ketika kamu mau menciptakan lingkungan yang lebih produktif, maka kamu bisa mengecat dinding dengan abu-abu sebagai pengganti elemen logam, dibandingkan harus membeli meja logam. 

6. Meletakkan tanaman

Bisa Ciptakan Energi Positif, Ini 6 Tips Feng Shui untuk Hunian KecilPinterest.com/Design Milk

Menurut feng shui, tumbuhan dianggap sebagai penyapu energi negatif dalam rumah, lho. Oleh karena itu, meletakkan tumbuhan dalam rumah ialah sebuah hal yang wajib dilakukan agar tercipta energi positif. Untuk hunian dengan lahan terbatas, kamu bisa meletakkan tanaman di sebelah jendela atau menggunakan tanaman yang menjalar.

Itulah beberapa tips feng shui yang bisa kamu terapkan untuk ciptakan energi positif pada rumahmu. Siap mendekorasi ulang?

Baca Juga: Hunian Rasa Alam, Ini 7 Ide Desain Rumah dengan Elemen Batu Alam

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Hiasan Tanaman yang Bikin Adem

Baca Juga: 7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu