Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Berbagai kegiatan ibadah yang dilakukan pada bulan ke-9 di kalendar Hijriah ini akan diganjar oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda, termasuk salah satunya adalah membaca Alquran.

Membaca Alquran terutama mengkhatamkannya merupakan salah satu amalan yang bisa kamu lakukan untuk menambah tabungan pahalamu, Bela. Mengkahtamkan Alquran di bulan Ramadan bukanlah hal yang tidak mungkin, lho. Dengan niat serta strategi yang tepat, kamu bisa menyelesaikan bacaan Alquranmu. Peluang mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan ini juga makin besar mengingat saat ini kita tengah berada di kondisi pandemi yang mengharuskan untuk di rumah saja. Dengan di rumah saja, kamu jadi mempunyai waktu luang yang banyak dan bisa digunakan untuk mengkhatamkan Alquran.

Nah, agar keinginanmu untuk mengkhatamkan Alquran bisa terwujud, Popbela punya beberapa cara yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan cara ini, proses pengkhataman Alquran lebih terasa ringan dan menyenangkan. Berikut 7 caranya. 

1. Niat dan konsisten

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan Pinterest.com/Sihrbayn

Cara pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu mempunyai niat yang kuat untuk mengkhatamkam Alquran. Berbagai cara yang dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran akan sia-sia apabila kamu tidak mempunyai keinginan serta kesungguhan yang kuat. Tak hanya niat, pastikan juga kamu konsisten untuk membaca Alquran, ya. Jangan sampai kamu hanya semangat pada permulaan dan malas membaca ketika di pertengahan atau di akhir. Jaga semangatmu agar keinginan khatam Alquar bisa terwujud, ya!

2. Menyesuaikan target dengan kemampuan

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan Freepik.com

Bela, kamu nggak perlu terburu-buru untuk mengkhatamkan Alquran, lho. Hal yang paling penting dan utama adalah sesuaikan targetmu dengan kemampuan membaca Alquranmu. Pastikan kamu membaca Alquranmu secara benar dan sesuai dengan ilmu tajwid. Untuk kamu yang baru belajar, mungkin ini akan terasa berat, jangan sesuaikan targetmu dengan target orang lain. Buatlah target sendiri yang sesuai dengan kemapuanmu. Hal ini harus dilakukan karena yang terpenting dari membaca Alquran adalah membacanya secara benar, tepat, memahaminya dan sesuai dengan ilmu tajwid. 

3. Baca dua lembar usai salat

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan freepik.com

Untuk kamu yang ingin khatam Alquran selama 1 bulan Ramadan ini, kamu bisa membaca 2 lembar Alquran seusai salat fardu. Perhitungan ini sendiri didapat dari jumlah Alquran versi Madinah Rasm Utsmany yang halamannya berjumlah 600. Halaman tersebut dibagi dengan jumlah hari dalam sebulan, 30 hari, maka akan didapatkan jumlah halaman yang harus dibaca perharinya, yaitu sebanyak 20 halaman. Dari 20 halaman tersebut, agar terasa ringan, kamu bisa membaginya lagi dengan jumlah salat fardu yang dilakukan, yaitu sebanyak 5 salat fardu. Hasil yang didapat adalah kamu harus membaca 4 halaman atau 2 lembar Alquran seusai salat untuk bisa mengkhatamkan Alquran selama 30 hari Ramadan. 

4. 1 juz 1 hari

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan pexels.com/MonaTermos

Kalau kamu sudah mahir membaca Alquran, ada baiknya kamu menggunakan waktumu dengan menyelesaikan 1 juz Alquran perharinya. Nggak butuh waktu yang banyak kok, kamu hanya cukup menyediakan waktu selama 30 menit untuk menyelesaikan 1 juz Alquran perharinya. Gunakan waktu yang benar-benar kosong untuk menyelesaikan ini, ya.

5. Membaca di mana saja menggunakan aplikasi Alquran

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan Aboutislam.com

Untuk memperoleh targetmu, kamu juga bisa membaca Alquran di mana saja selama tempat tersebut bersih, lho. Nah, agar lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan membaca Alquran via aplikasi. Ada banyak aplikasi Alquran yang bisa kamu gunakan, seperti Muslim Pro, Alquran Indonesia, dan juga Quran Pro. Dengan aplikasi Alquran tersebut, maka kamu bisa membaca Alquran di mana saja. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan adab membaca Alquran, ya!

6. Perhatikan jadwal datang bulan

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan Pinterest.com/Hautestock

Nah, yang satu ini biasanya menjadi hal yang terlewatkan ketika kamu sedang menghitung target bacaan Alquran, Bela. Agar tidak mengurangi jatah bacaan Alquran yang bisa membuat target khatam Alquranmu menjadi tak terwujud, kamu harus menghitung waktu menstruasimu, ya. Sebagai solusinya lainnya, kamu juga bisa meluangkan waktu khusus untuk menabung beberapa juz atau ayat Alquran sebelum atau sesudah waktu menstruasi. Dengan menabung juz atau ayat tersebut, maka targetmu bisa tercapai karena telah terjadwal dengan benar. 

7. Tabung di awal Ramadan

7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan Pinterest.com/Abtislamnet

Nggak hanya menabung untuk menggantikan bacaan yang tak terbaca karena menstruasi, kamu juga bisa menabung bacaan Alquranmu sebagai antisipasi jika di tengah atau di akhir Ramadan semangatmu mengendur. Cara ini bisa dilakukan mengingat banyak sekali orang yang bersemangat di awal dan memudar semangatnya di akhir-akhir Ramadan. Oleh karena itu, manfaatkan awal Ramadan dengan menabung bacaan Alquran semaksimal mungkin, ya.

Baca Juga: Haid Saat Ramadan, Tetap Bisa Lakukan 7 Amalan Ini

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri Saat #DiRumahAja

Baca Juga: 6 Amalan untuk Raih Malam Lailatul Qadr