Bagi kamu yang punya kepribadian introvert atau pendiam, berkenalan bukanlah hal mudah. Ada banyak usaha yang harus kamu keluarkan untuk bisa mengenal lingkungan baru, terutama orang-orangnya. Apalagi di tempat kerja yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kariermu, pribadi introvert-mu terpaksa harus kamu simpan sementara waktu. Tapi tenang saja, ada tujuh tips yang akan Popbela bagikan untukmu yang sedang gugup menghadapi hari pertamamu kerja di tempat yang baru. 

 

1. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Berlatih untuk memulai percakapan dengan beberapa kalimat basa-basi perlu kamu lakukan. Jangan lupa datang lebih awal agar kamu bisa mengenal lingkunganmu dengan lebih baik sebelum banyak orang datang. 

 

2. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Saat pertama berkenalan jelaskan pada orang-orang di tempat kerjamu bahwa kamu sebenarnya cukup gugup dan mintalah bantuan mereka agar kamu tetap bisa menjalankan tugas dan mengenal mereka dengan baik. Dengan begitu, mereka tak perlu bertanya-tanya lagi mengapa kamu banyak berdiam diri atau sulit berbaur. 

 

3. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Orang-orang introvert seperti kamu selalu lebih nyaman melakukan komunikasi dalam bentuk teks entah itu e-mail, pesan singkat, maupun media sosial. Manfaatkan cara ini untuk bisa menjadi lebih dekat dengan rekan kerja maupun atasan sebelum masuk kerja. Tanyakan peraturan dasarnya seperti jam masuk dan pakaian kerja yang pantas. Kamu pun jadi lebih ada gambaran mengenai kantor barumu. 

 

4. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Kamu pasti lebih nyaman untuk berbicara dengan sedikit orang kan, daripada dalam satu kelompok besar sekaligus? Jadi tak perlu memasang target untuk bisa mendekati semua orang di awal-awal kerja. Temukan teman sehobi atau sesama introvert agar kamu merasa nyaman.

 

5. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Menjadi teman dekat orang ekstrovert? Popbela tahu kamu pasti ini sulit, tapi benar-benar penting, lho! Jika berhasil berteman dengan satu orang ekstrovert saja maka ia bisa menjadi jembatan untuk mengenal lebih banyak orang.

 

6. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini

Jangan menghindar dan menyerah pada kecenderunganmu menyendiri. Paksakan sedikit dirimu untuk menyukai kebersamaan, meski kamu hanya menjadi pendengar. Usahamu akan sangat dihargai dan paling tidak mereka jadi tahu keberadaanmu. 

 

7. Jangan Takut, Coba Dulu 7 Tips Kenalan di Tempat Kerja Pertama untuk si Pemalu dan Pendiam Ini


Mengenal seseorang secara lebih dekat pada jam makan siang memang sudah bukan rahasia lagi. Trik ini selalu berhasil dilakukan oleh banyak orang karena suasananya yang santai. Kamu juga harus memanfaatkannya untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan rekan kerja.

 

Setiap kepribadian pasti memiliki keistimewaan, tak terkecuali introvert. Hadapilah kelemahanmu dengan menjadikannya sebuah kelebihan. Dunia ini tak menutup peluang apapun bagi para introvert untuk bekerja di berbagai bidang. Jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan impian, maka jangan sia-siakan hanya karena kamu takut berkenalan atau bekerja sama dengan orang lain. Semangat, Bela!