Kamu harus percaya, kemampuan mengingat yang baik akan sangat berguna untuk memperbaiki dan menunjang karirmu. Apalagi sebagai atasan, beragam penelitian menyebutkan, mengingat nama ialah senjata efektif bagi seorang CEO untuk membangun kepercayaan dari bawahannya. Mampu mengingat nama bisa menunjukkan kalau kamu mendengarkan apa yang disampaikan orang lain, dan memperlihatkan kalau kamu memang sangat peduli pada apa yang disampaikannya. Agar tak lagi lupa, yuk praktikkan 5 cara mengingat nama di bawah ini Bela!
 

Mengingat Nama Orang Tak Lagi Susah Dengan 5 Tips Berikut Ini

Sering bertemu orang baru dan berkenalan memanglah hal yang selalu menyenangkan. Namun biasanya, ketika kamu bertemu dengan orang baru dan bersalaman, kamu hanya sekilas mendengar nama mereka dan itu pun tidak jelas. Nah, kalau hal ini terjadi, jangan malas menanyakan kembali namanya hingga jelas ya. Kalau masih tak mendengar, lakukan lagi dan lagi hingga kamu bisa mengulang dengan tepat.
 

Mengingat Nama Orang Tak Lagi Susah Dengan 5 Tips Berikut Ini

Ketika nama orang yang kamu ajak kenalan sudah berhasil kamu dengar dengan jelas, secara berulang gunakan namanya untuk memulai percakapan. Hal ini akan sangat membantumu melekatkan nama tadi pada otak. Percayalah, hal ini akan sangat membantumu. Ingat gunakan pada awal kalimat, seperti "Mas Hardi, sekarang anaknya sudah berapa?" dan sebagainya.
 

Mengingat Nama Orang Tak Lagi Susah Dengan 5 Tips Berikut Ini

Meski tak mirip, carilah kemiripannya dengan seseorang yang pernah kamu kenal di masa lalu. Mungkin warna dan model rambut si A yang baru kamu kenal mirip dengan mantan pacarmu. Atau mungkin warna mata si B mirip dengan adik pacarmu, dan sebagainya. Percayalah, cara ini akan berguna untuk me-recall ingatanmu tentang nama orang yang baru berkenalan denganmu. Memiripkan nama juga bisa beguna dalam kasus ini. Seseorang bernama Nicholas misalnya, kamu bisa membayangkan wajahnya berganti menjadi Nicholas Saputra kan?
 

Mengingat Nama Orang Tak Lagi Susah Dengan 5 Tips Berikut Ini

Beberapa ahli menyarankan agar hal ini dilakukan jika ingin mudah mengingat nama orang baru. Cermati keadaan sekelilingmu. Mulai dari warna dinding hingga pemandangan di luar ruangan. Hal ini penting, sebab semakin banyak petunjuk visual justru akan semakin membantumu lebih mudah mengingat orang yang kamu temui. Nggak percaya? Kamu bisa membuktikannya.
 

Mengingat Nama Orang Tak Lagi Susah Dengan 5 Tips Berikut Ini

Ingatlah nama orang yang baru kamu kenal tadi dan coba buat sebuah cerita atau hubungkan dengan pekerjaannya. Misal namanya Kurva dan pekerjaannya ialah ahli matematika, atau nama Sally dengan pekerjaannya sebagai sales. Selanjutnya, kamu bisa mengganti dulu nama Sally dengan sebuah kata atau benda dengan kesamaan bunyi, seperti Sally kamu ganti menjadi 'sale' mungkin, lalu bayangkan dia tengah bekerja menjadi sales yang menjual pisang sale. Mudah bukan?
 
Belajar mengingat tak terlampau susah kan, Bela? Kamu tak perlu mengkhawatirkan ejaan namanya, yang penting kamu ingat dulu saja.

BACA JUGA: Wow! Rajin Melakukan 3 Hal Ini Setiap Hari Akan Meningkatkan Daya Ingat Kamu Secara Signifikan​