CV adalah wajah pertama yang akan mempertemukanmu dengan sebuah pekerjaan. Karena itulah CV harus bisa memberikan gambaran yang baik sebagai kesan pertama. Lalu bagaimana kegagalan bisa muncul di dalam CV jika tujuannya agar terlihat baik saat dibaca HRD? Bukankah kegagalan adalah hal buruk yang harusnya disembunyikan dan jangan sampai HRD mengetahuinya? Inilah alasan-alasannya kenapa kegagalan justru bisa membuat CVmu diterima dan menjadi tiket masuk ke tahap wawancara.

4 Alasan Kenapa Kegagalan Juga Harus Kamu Cantumkan dalam CV-mu

Tidak banyak orang yang berani menulis kegagalannya di dalam CV atau resume mereka. Kamu yang berani melakukannya pasti akan dinilai berbeda. Sejak pertama, HRD akan lebih tertarik pada CVmu dibandingkan dengan CV yang lain karena CV-mu sangat jelas bedanya. 

4 Alasan Kenapa Kegagalan Juga Harus Kamu Cantumkan dalam CV-mu

Mereka yang berani menunjukkan kegagalan atau kelemahannya adalah mereka yang memiliki integritas paling tinggi. Dan kini kejujuran adalah hal yang paling sulit dicari, dijamin perusahaan akan langsung melirikmu karena melihat nilai integritas yang sangat tinggi di dalam dirimu.

4 Alasan Kenapa Kegagalan Juga Harus Kamu Cantumkan dalam CV-mu

Sudah pasti kamu adalah orang yang berpikir out of the box karena memikirkan untuk menulis kegagalan dalam CV yang harusnya menonjolkan kesuksesan saja. Orang-orang out of the box adalah orang-orang kreatif yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini karena persaingan dimana-mana semakin ketat saja.

4 Alasan Kenapa Kegagalan Juga Harus Kamu Cantumkan dalam CV-mu

Toh CV-mu tetap bisa detail dan relevan karena dengan menunjukkan kegagalan kamu tidak akan merusak keberhasilan yang sudah kamu tulis. Kesuksesan tetap akan menjadi kesuksesan disana, kegagalan hanya akan menunjukkan bagaimana kamu tetap bertahan hingga saat ini walaupun telah mengalami kesulitan.

Untuk kamu yang masih khawatir tak akan diterima karena menuliskan kegagalan dalam CV-mu maka kamu bisa menyertakan pula bagaimana kamu bangkit dari kegagalan itu. Dari situ kamu akan mendapatkan nilai lebih karena calon perusahaan yang akan mempekerjakan kamu semakin tahu bahwa kamu adalah survivor yang sangat tangguh. HRD pasti akan langsung tertarik dengan CV-mu dan segera memanggulmu ke sesi wawancara. Daripada penasaran kenapa kamu tak mencobanya sekarang juga?

BACA JUGA: Jokowi Mendadak Jadi Tamu Istimewa di WTF 2017