Aturan 80/20 merupakan sebuah prinsip yang menyatakan bahwa 80% masalah atau efek akan timbul dari 20% penyebab atau faktor. Aturan ini sudah banyak diterapkan di beberapa perusahaan untuk meraih kesuksesan. Intinya, mayoritas hasil akan didapat dari upaya minoritas yang dilakukan. Untuk dapat menerapkan dalam kehidupan karirmu, pelajari dulu ya Bela.
 
Aturan 80/20 merupakan sebuah teori yang bisa diterapkan untuk sebuah efektivitas dan efisiensi. Prinsipnya lebih dari sekadar manajemen waktu, seperti membuat daftar pekerjaan atau batas waktu pekerjaan saja. Tapi juga menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang akan membuat seseorang bekerja secara cerdas. Bukankah banyak perusahaan kehilangan karyawan atau pebisnis kehilangan klien hanya karena hal-hal kecil?

Kalau Mengaplikasikan dengan Benar, Aturan 80/20 Akan Menyukseskan Kariermu

Setiap orang memiliki fokus waktu produktif masing-masing. Ada yang saat bangun tidur bisa langsung produktif, ada yang malah beberapa jam menjelang tidur. Mengetahui waktu produktif ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan membawamu menjadi seseorang yang lebih 'besar' lagi. Sementara itu, di waktu tidak produktif kamu bisa melakukan hobi untuk membahagiakan dirimu sendiri. Kebahagiaanmu juga jadi hal penting untuk menunjang produktivitas.

Kalau Mengaplikasikan dengan Benar, Aturan 80/20 Akan Menyukseskan Kariermu

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk membedakan antara hemat dan pelit. Hemat adalah tindakan yang dilakukan sekecil mungkin namun bisa menambah besar penghasilan, sementara pelit adalah tindakan yang berdasarkan atas ketidakpercayaanmu terhadap orang lain. Karena pelit, bisa jadi kamu akan memilih untuk mengerjakan sesuatu yang seharusnya bisa dikerjakan oleh orang lain. Akhirnya, hal ini akan merepotkanmu kan?

Kalau Mengaplikasikan dengan Benar, Aturan 80/20 Akan Menyukseskan Kariermu

Karena tak jarang seseorang mendapat musibah kecil ataupun besar ketika bekerja. Seperti lupa menaruh file di folder yang mana, lupa apa username dan password, dan sebagainya. Untuk itulah, ada baiknya kamu mengerahkan semua fasilitas yang ada sebelum hal buruk terjadi pada pekerjaanmu. Yang lebih penting, sinkronisasikanlah akun-akun yang selalu kamu log in di PC, tablet, dan smartphone. Bukankah akan lebih mudah kalau bisa kamu akses dari perangkat mana saja?

Kalau Mengaplikasikan dengan Benar, Aturan 80/20 Akan Menyukseskan Kariermu

Seberapapun banyaknya pekerjaan yang ada di tanganmu, kamu tetap perlu istirahat setelah menyelesaikan sebuah tugas, sebelum memulai yang lainnya. Hal ini penting supaya kamu tetap produktif dan bisa lebih efektif lagi. Istirahat bukan hal yang patut kamu sepelekan ya Bela, begitu pula dengan konsumsi makanan sehat dan minum kopi supaya tubuhmu tak cepat lelah.
 
Apa kamu sudah siap berkarya dengan aturan 80/20 ini? Jangan lupa untuk ambil napas dalam-dalam kala kamu merasa buntu ya.

BACA JUGA: Para Orang Sukses Melakukan 3 Trik Ini Agar Waktu Mereka Nggak Terbuang Sia-sia​