Kamu baru saja membangun sebuah startup dan gagal di tengah jalan? Jangan buru-buru menyerah, masih ada banyak cara untuk memperbaikinya. Kegagalan dalam sebuah bisnis, apalagi bisnis yang pertama kali didirikan, adalah sebuah hal yang wajar. Semua pebisnis sukses mengalaminya. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan? Popbela akan bagikan tips-tipsnya berikut ini. 

1. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Ingat-ingat lagi apa saja kegagalan yang dialami bisnismu dan apa penyebabnya. Carilah hingga ke akar permasalahannya lalu analisis dampak permasalahan itu.

2. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Beberapa anggota timmu mungkin ada yang menyerah dan memilih pergi. Ini juga sangat wajar. Jika ada yang masih tersisa, kewajibanmu adalah mendorong semangat mereka. Jika tak ada tim yang tersisa, bangunlah tim baru dengan semangat yang baru pula. 

3. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Kalau kamu baru saja gagal, motivasi yang biasa saja bisnismu tak akan membangkitkan bisnismu. Cari motivasi yang lebih besar dan pasag target yang lebih tinggi.

4. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Semakin banyak klien, kolega, dan rekan kerja yang kamu miliki, dorongan untuk sukses akan semakin besar.

5. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Kamu bisa meminjam pada keluarga atau teman jika merasa meminjam di bank terlalu beresiko. Tawarkan pada mereka untuk menjadi investor dan ceritakan inovasi yang akan kamu buat pada bisnismu kali ini.

6. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Tak harus mengganti bisnis yang sudah kamu mulai. Kegagalan itu justru akan memberimu banyak pelajaran dan kemungkinan besar bisnis yang akan kamu mulai lagi bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa.

7. Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!

Setelah kamu mengevaluasinya kamu merasa tak akan sanggup membangunnya kembali. Kamu bisa berinisiatif membangun bisnis lain yang kamu rasa lebih mudah untuk dijalankan.

Ketika satu pintu tertutup ingatlah bahwa pintu lain masih terbuka sangat lebar. Jadi segera hapus kata menyerah dari kamus kehidupanmu. Kegagalan akan memberimu banyak pelajaran yang akan menentukan kesuksesanmu di kemudian hari.

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Dipikirkan Orang Saat Pertama Kali Jumpa Denganmu