Menabung bisa jadi sangat sulit ketika kebutuhan yang harus dipenuhi juga sangat banyak. Saat sudah berniat menabung tiba-tiba kita dipertemukan dengan tas cantik yang sudah lama kita impikan atau sesederhana lezatnya es krim yang membuat kita tak tahan untuk membelinya. Jadi bagaimana sebenarnya cara yang benar agar menabung tak sekedar hanya jadi impian belaka?

5 Aturan yang Wajib Dipatuhi Agar Keuanganmu Maksimal
 
Bagi targetmu menjadi tiga bagian yaitu jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Jangan dulu pikirkan tabungan untuk traveling dan membeli properti ketika kamu belum punya tabungan untuk emergency. Pemenuhan kebutuhan utama juga harus diperhitungkan pertama kali sebelum memutuskan berapa besaran uang yang akan kamu tabung nantinya.
 
5 Aturan yang Wajib Dipatuhi Agar Keuanganmu Maksimal
 
Jika kamu berhasil menabung selama satu bulan penuh kamu bisa memberikan imbalan pada dirimu sendiri misalnya dengan menambah jumlah anggaran untuk membeli baju sebesar RP 100,000. Berikan tantangan juga pada dirimu untuk misalnya untuk membawa makan siang selama 30 hari penuh ke kantor atau tidak menggunakan ojek online sama sekali dan memilih transportasi umum lainnya.
 
5 Aturan yang Wajib Dipatuhi Agar Keuanganmu Maksimal
 
Buatlah dua rekening terpisah, satunya yang memang digunakan untuk sehari-hari dan satu lagi khusus untuk menyimpan uang tabungan. Rekening terpisah ini akan cukup menyulitkanmu saat harus mengambil uang tabungan. Kalau bisa pilih bank yang ATM-nya jarang tersedia di setiap tempat sehingga kamu butuh energi yang besar jika tergoda untuk memakai uang tabunganmu.
 
5 Aturan yang Wajib Dipatuhi Agar Keuanganmu Maksimal
 
Kamu sudah cukup dewasa untuk memikirkan bagaimana menggandakan uangmu. Jangan lagi tergoda untuk berfoya-foya karena menyiapkan masa depan harusnya lebih berharga. Mulailah melirik berbagai jenis investasi yang ada dan dirasa cocok denganmu. Berkonsultasilah dulu dengan orang-orang yang memang paham tentang investasi sebelum memilih jenis investasi apa yang akan kamu gunakan.
5 Aturan yang Wajib Dipatuhi Agar Keuanganmu Maksimal
 
Tak masalah jika kamu dibilang pelit, yang jelas kamu harus mengikat dirimu sendiri pada target realistis yang telah kamu tentukan sebelumnya. Saat makan bersama teman atau aktivitas apapun yang menuntut kamu untuk "berbagi" maka ingatkan dirimu dengan kalimat ini "berbagi itu ada waktunya dan harus dilakukan pada orang yang tepat, bukan sembarangan dan asal-asalan saja."

Jika kelimanya sudah bisa kamu lakukan, tak lama lagi jumlah tabunganmu pasti akan bertambah Bela :)

 

BACA JUGA: Kamu Harus Mulai Menabung untuk Masa Pensiun Sejak Usia 20-an! Ini 5 Tipsnya