“Siapa sih orang yang nggak mau sukses?”

Apabila direnungkan, semua orang pasti mau sukses baik itu dari segi karier, percintaan, sampai pendidikan. Namun seperti yang kita semua tahu, sukses adalah “barang mahal” yang tak bisa diperoleh dengan mudah. Semuanya harus diusahakan, salah satu caranya ialah dengan memelihara mindset alias pola pikir yang positif. Tapi kira-kira, mindset apa saja ya yang wajib diubah kalau mau berhasil? 

1. Jangan sering berpikir, “Aku nggak bisa”

5 Pemikiran yang Bikin Kamu Selalu Kalah Bersaing dengan Orang Lainthenypost.files.wordpress.com

“The only limits you have are the limits you believe” - Wayne Dyer

Tembok terbesar yang membuat kita sering gagal sebetulnya adalah pikiran sendiri. Semakin sering kamu mengatakan “Aku nggak bisa” baik secara langsung atau dalam hati, maka kesempatan untuk berhasil juga makin jauh. Saran Popbela, beranikan diri untuk mencoba terlebih dulu untuk tahu kemampuanmu yang sebenarnya. 

2. Buang jauh pikiran menunda pekerjaan

5 Pemikiran yang Bikin Kamu Selalu Kalah Bersaing dengan Orang Lainmongrelmedia.com

Nanti saja deh mengerjakannya.
Aku masih punya waktu sampai besok.
Kalau bisa nanti, kenapa harus sekarang?

Jika cara berpikir di atas sering muncul,  ubah sekarang juga! Tanamkan dalam diri kalau hidup itu seperti pertandingan; tiap orang harus bergerak cepat untuk menjadi pemenang. Ingatlah bahwa selagi kamu menunda, di luar sana sedang ada orang yang berjuang mewujudkannya.

3. Stop berpikir kalau orang lain meraih kesuksesan dengan mudah

5 Pemikiran yang Bikin Kamu Selalu Kalah Bersaing dengan Orang Lainmongrelmedia.com

Kesalahan berpikir yang juga sering muncul adalah saat kita menilai bahwa kesuksesan orang lain diraih dengan mudah.

“Ah dia enak bisa kuliah di kampus A, ayahnya ‘kan banyak uang”

“Wajar sih sukses. Orangtuanya bisa kasih fasilitas pendidikan terbaik, sih”

Di balik kesuksesan, terdapat cerita mengenai perjuangan dan kerja keras yang dilakukan. Sehingga, siapapun yang mau berusaha tentu bisa jadi sukses, termasuk kamu. Misalnya, kalau saat ini kamu ingin kuliah tapi merasa khawatir karena kebutuhan biaya yang tinggi, janganlah khawatir. Di luar sana, banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan, misalnya dengan mengikuti beasiswa.

Ada banyak program beasiswa yang siap mengantarkanmu meraih pendidikan tinggi, sampai ke tingkat universitas sekalipun. Salah satunya berasal dari Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Dalam program ini, Fair & Lovely bekerjasama dengan Hoshizora Foundation menyediakan beasiswa bagi siswi lulusan SMA/SMK sederajat untuk belajar di universitas ternama seperti UGM, UNDIP, UNS, UNY, UM, dan Universitas Brawijaya,. 

Nantinya, penerima beasiswa berhak mendapat biaya pendidikan selama satu tahun pertama, serta pengembangan kemampuan pribadi selama 4 tahun. Harapannya, mereka bisa mengembangkan dirinya dengan maksimal sebelum masuk dunia kerja. Buat kamu yang saat ini duduk di kelas 3 SMA/SMA/MA dan tertarik ikutan, langsung saja klik www.voteuntukimpianku.com . Di situs tersebut tersedia info prosedur dan persyaratan mengenai program Fair & Lovely Bintang Beasiswa yang dibuka hingga 31 Maret ini. Yuk, ikutan!

4. Sering menilai kalau dirimu lebih pintar dari orang lain? Ubah sekarang juga!

5 Pemikiran yang Bikin Kamu Selalu Kalah Bersaing dengan Orang Lainmedium.com

Kurang percaya diri itu berbahaya, namun sama halnya dengan terlalu percaya diri. Kamu yang hingga sekarang sering merasa lebih pintar dari orang lain, ubahlah mindset tersebut secara perlahan. Apabila terus dipertahankan, kamu akan kalah dari orang lain yang terus belajar dan mau memperbaiki kekurangan diri. Rajin introspeksi diri, ya!

5. Berhenti berpikir kalau kegagalan itu adalah hal wajar

5 Pemikiran yang Bikin Kamu Selalu Kalah Bersaing dengan Orang Lainfilm-onerileri.com

Mengalami kegagalan adalah hal wajar. Tapi bukan berarti kegagalan boleh menjadi kebiasaan yang terlalu akrab dengan kita. Kamu yang contohnya sering mendapat nilai jelek untuk pelajaran eksak, jangan pasrah saja menerima situasi tersebut. Cari tahu penyebabnya dan apa yang bisa diperbaiki, kemudian susun strategi untuk mengatasinya. Dengan begitu kamu bisa menjadi orang yang lebih dari waktu ke waktu.  

Itu dia daftar mindset menggagalkan” yang wajib kamu singkirkan dari pikiran kalau mau sukses dalam waktu dekat. Mulai saja dari hal yang dekat dengan duniamu, misalnya pendidikan. Sudah banyak kok yang berhasil membuktikan diri, contohnya seperti mereka berikut ini:

Tak perlu takut akan keterbatasan yang dimiliki. Kejar mimpi dengan memanfaatkan peluang yang ada, misalnya dengan mengikuti program Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Kalau mereka bisa, kamu pun juga bisa. So, tetap semangat ya, girls!