Sudah tidak asing lagi kan dengan situs penggalangan dana kitabisa.com? Tentunya situs donasi yang sudah membantu banyak orang ini memiliki kisah menarik dan menginspirasi dari pendirinya, M Alfatih Timur yang kerap disapa Timmy. Jiwa-jiwa muda dan sosial ini sangat melekat dalam diri pria asal padang ini.

1. Merasa minder saat SMA

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!4muda.com

Sebagai siswa akselerasi, ternyata membuat Timmy harus kehilangan percaya dirinya. Pasalnya, Timmy harus bergaul dengan siswa yang usianya dua tahun di atasnya. 

2. Aktif di kampus

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!instagram.com/alfatihtimur

Namun, saat Timmy memilih merantau ke Depok untuk menempuh pendidikan di Univesitas Indonesia, Fakultas Ekonomi, ia justru menjadi aktif di berbagai kegiatan kampus. Tidak hanya kumpul-kumpul, Timmy yang juga aktivis kampus selalu berdiskusi tentang sosial dan politik.

3. Aktivis kampus

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!banggaberubah.com

Tidak hanya membahas tentang politik, Timmy juga sering kali turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi rakyat. Dalam sebulan, Timmy bisa melakukan aksi demonstrasi. Timmy mengaku, masa-masa ini adalah tempat untuk mencari makna hidup. Timmy menyadari banyak masyarakat lapisan bawah yang masih memiliki tekanan hidup.

4. Tertarik di bidang entrepreneurship

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!youtube.com

Sesuai dengan bidangnya, Timmy tertarik meniti karier di dunia kewirausahaan saat bekerja dengan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Rhenald Kasali. Bukan hanya itu, Timmy juga memperluas wawasannya dengan menonton video tentang penggalangan dana di YouTube.

5. Mulai membuat kitabisa.com

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!kaskus.co.id

Dari pengalamannya, Timmy berpikir bahwa di Indonesia belum ada aksi penggalangan dana, jadi ia bertekat untuk membuat situs untuk donasi. Tepatnya, pada 26 Desember 2012 Timmy membuat konsep kitabisa.com.

6. Sempat jatuh

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!medium.com

Setelah situs kitabisa.com berhasil dibuat, dan Timmy pun sudah melakukan sosialisasi namun usahanya tidak sesuai ekspetasi. Selama dua tahun pertama, situs kitabisa.com bahkan tidak adanya pemasukan donasi yang bisa dihimpun. Namun, hal itu tidak membuatnya langsung menyerah.

7. Bangkit kembali

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!dok.internet

Dengan sisa uang pernikahan, Timmy berusaha meningkatkan situsnya itu, hingga akhirnya Timmy berhasil menggandeng investor untuk mengembangkan bisnisnya ini. Aksi sosialnya sekarang menjadikan kitabisa.com sebagai situs paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk melakukan penggalangan dana. Sekitar 936.720 orang sudah bergabung dan total angka donasi yang tersalurkan mencapai angka Rp377 miliar.

Sempat Terpuruk, Ini Kisah Inspirasi Pendiri Kitabisa.com, Harus Tahu!instagram.com/indonesia.millennial.summit

Rasanya pasti kurang lengkap kan jika tidak mendapat cerita inspirasi langsung dari Timmy. Tenang aja, kamu bisa kok mengikuti talkshow langsung bersama Timmy di Indonesia Millennial Summit by IDNTimes, yang akan diselenggarakan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Kempinski Jakarta. Bukan hanya Timmy, sekitar ada 50 tokoh ternama yang akan hadir, tentunya pasti menginspirasi. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website IMS.idntimes.com atau melalui akun Instagram @indonesia.millennial.summit. Jadi tunggu apa lagi, Bela?!

Baca Juga: 5 Investigasi Najwa Shihab yang Selalu Heboh dan Inspiratif