Upacara pembukaan FIFA World Cup Qatar 2022 berlangsung dengan megah dan meriah pada Minggu (20/11/2022) malam. Berlokasi di Stadium Al Bayt Al Khor, upacara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur-an dan pemutaran video resmi Piala Dunia 2022. Tak hanya itu, Jungkook BTS turut tampil membawakan lagu "Dreamers" yang menjadi bagian dari official song Piala Dunia 2022. Upacara pembukaan Piala Dunia semalam menandakan bahwa pesta sepak bola terbesar tahun ini resmi dimulai hingga 18 Desember 2022.

Piala Dunia FIFA menjadi ajang sepak bola yang paling ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia. Setiap empat tahun sekali, seluruh dunia menggila untuk mendukung tim nasional masing-masing. Lantas bagaimana sejarah terselenggaranya pesta sepak bola terbesar ini? Simak artikel ini dan keep scrolling, Bela!

Awal terbentuknya FIFA

Sejarah Singkat FIFA World Cup yang Dihelat Empat Tahun Sekaliwww.fifa.com

Fédération Internationale de Football (FIFA) adalah organisasi tertua dan terbesar serta menjadi badan tertinggi dari asosiasi sepak bola dunia. FIFA berdiri pada 21 Mei 1904 di belakang markas Union des Sociétés Françaises de Sports Athlétiques (USFSA) di Rue Saint Honoré 229 di Paris, Perancis. Pendirinya adalah asosiasi sepak bola nasional Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, Prancis dan Swiss. 

Robert Guerin menjadi presiden pertama FIFA, namun pada 1906 diganti oleh Daniel Burley Woolfall. Keanggotaan FIFA semakin meluas di luar Eropa dengan bergabungnya Afrika Selatan pada 1909, Argentina dan Chili pada 1912, dan Amerika Serikat pada 1913.

FIFA World Cup tercetus pada saat kepemimpinan Jules Rimet. Sebagai organisasi tertua dan terbesar, FIFA bertanggung jawab untuk mengatur turnamen sepak bola internasional. Saat itu, FIFA telah membantu mengatur acara sepak bola Olimpiade 1924 dan 1928. Terlebih pamor sepak bola di dunia terus meningkat sejak tahun 1900, membuat mereka merasa ingin memiliki acara sendiri, oleh karena itu FIFA World Cup didirikan.

Piala Dunia FIFA pertama

Sejarah Singkat FIFA World Cup yang Dihelat Empat Tahun Sekaliwww.fifa.com

Piala Dunia FIFA pertama diselenggarakan di Uruguay pada tahun 1930. Uruguay menjadi tuan rumah Piala dunia usai keputusan Kongres FIFA pada 17-18 Mei tahun 1929 di kota Barcelona, Spanyol. Uruguay dipilih karena negara tersebut telah memenangkan emas Olimpiade untuk sepak bola pada tahun 1924 dan 1928. Uruguay juga banyak merayakan perayaan mewah untuk menghormati ulang tahun ke-100 negara itu. 

Piala Dunia pertama berlangsung pada 13-30 Juli 1930. Diikuti oleh 13 negara yang terdiri dari enam negara Amerika Selatan, lima Eropa dan dua dari Amerika Utara. Sayangnya, karena masalah ekonomi di Eropa, hanya 4empat negara Eropa yang bisa hadir saat itu. Gelar pemenang Piala Dunia pun didapat oleh tuan rumah.

Sempat terhenti karena Perang Dunia II

Sejarah Singkat FIFA World Cup yang Dihelat Empat Tahun Sekaliunsplash.com/Museums Victoria

Ajang yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini sempat terhenti di tahun 1942 dan 1946 karena pecahnya Perang Dunia II. Tentu saja Perang Dunia II menyebabkan berbagai kegiatan internasional terhenti termasuk Piala Dunia. Hal ini dikarenakan berbagai negara yang terlibat dalam Piala Dunia juga ikut serta dalam Perang Dunia II. 

Akhirnya, Piala Dunia kembali dilanjutkan pada tahun 1950 di Brasil setelah Home Nations bergabung kembali dengan FIFA pada 1946. Pada 1954, FIFA telah berkembang menjadi 85 negara anggota. Piala Dunia 1950 kembali dimenangkan oleh negara Uruguay. Sejak saat itu, Piala Dunia FIFA rutin diselenggarakan setiap empat tahun hingga saat ini.

Baca Juga: 12 Momen Spektakuler Jungkook 'BTS' di Pembukaan FIFA World Cup 2022

Baca Juga: 7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022

Baca Juga: Piala Dunia, Ini Pesona 5 Pesepak Bola yang Bikin Wanita Gagal Fokus