Tak bisa dipungkiri musik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.  Lagi mandi, kamu pasti mendengarkan musik atau minimal bernyanyi. Lagi perjalanan ke kantor, kamu pasti mendengarkan musik. Lagi kerjapun, kamu mendengarkan musik. Iya kan?

Apalagi di tahun 2016 banyak banget lagu-lagu yang enak untuk didengerin. Tercatat Beyonce, Kanye West, Rihanna, Fifth Harmony, Drake sampai Britney Spears berlomba-lomba mengeluarkan karya yang menarik dan menjadi perbincangan banyak orang. Namun diantara lagu-lagu hits yang dirilis tahun ini tersebut, TIME mengeluarkan daftar lagu terbaik dan terburuk di tahun 2016. Siapa saja?

Worst #5 - “Bad Things,” Machine Gun Kelly (feat. Camila Cabello)

 

Machine Gun Kelly mengajak salah satu anggota Fifth Harmony, Camila Cabello untuk berduet dalam lagu "Bad Things". Lagu yang mengambil sample dari lagu Fastball berjudul "Out Of My Head" yang dirilis tahun 1998 ini cukup sukses secara komersil, terbukti "Bad Things" berhasil menembus Top 40 Billboard Hot 100 chart di posisi 28 pada minggu ini. Namun sayang, lagu ini dinilai lemah padahal memiliki konsep yang menjanjikan.

Best #5 - “Work from Home (feat. Ty Dolla $ign),” Fifth Harmony

 

Berlima lebih baik daripada sendiri. Mungkin itu yang tepat untuk disampaikan pada anggota Fifth Harmony. Ketika lagu solo salah satu personilnya, Camila Cabello mendapatkan julukan Lagu Terburuk Tahun 2016, single dari album teranyar Fifth Harmony "7/27" yang berjudul "Work From Home" malah berhasil mendapat pujian disana-sini. "It’s safe to say timesheets and promotions have never sounded this sexy," begitulah kata TIME untuk lagu grup yang terdiri dari Normani Kordei, Ally Brooke, Lauren Jauregui, Dinah-Jane dan Camila Cabello ini.

Worst #4 - “Ghostbusters (I’m Not Afraid),” Fall Out Boy & Missy Elliott

 

Meskipun filmnya sendiri mendapat pujian, sayang lagu temanya tidak. Dua nama besar seperti Fall Out Boy dan Missy Eliiot nampaknya belum berhasil menjadikan lagu ini bagus. Seperti yang tertera pada artikel TIME, This reboot deserved better.

Best #4 - “No Problem (feat. Lil Wayne & 2 Chainz),” Chance the Rapper

 

"No Problem" menjadi single pertama album Chance the Rapper "Coloring Book". Tak hanya TIME saja yang menamai lagu ini Lagu Terbaik 2016 tapi juga media musik terbesar dunia, Rolling STone.

Worst #3 - “Team,” Iggy Azalea

 

Keberuntungan nampaknya belum berpihak pada Iggy Azalea. "Team" digadang menjadi single andalannya di tahun 2016, namun sayang lagunya dinilai buruk bahkan gaungnya pun tidak terlalu bagus. Padahal Popbela suka nih sama lagu ini, apalagi dance video-nya yang menampilkan dancer dengan styling-an denim head-to-toe yang super kece!

Best #3 - “Not Above That,” Dawn Richard

 

Lagu "Not ABove That" dirilis pada bulan Januari 2016, namun TIME mengaggap lagu ini punya sound yang berasal dari masa mendatang, "a preview of the pop charts in 2026". Kalau kamu menonton video dari lagu Dawn Richard ini cukup unik, karena menggunakan teknologi VR yang lagi IN.

Worst #2 - “Mom,” Meghan Trainor

"Mom" merupakan kolaborasi dari Meghan Trainor dengan sang ibu, Kelli. Namun sayang, lagu ini dinilai salah satu yang terburuk bahkan menempati posisi kedua. Tapi setidaknya dalam lagu ini, Meghan Trainor menunjukkan bahwa dirinya cinta banget sama sang ibu.

Best #2 - “The Sound,” The 1975

 

Lagu dari band asal UK, The 1975 ini selain sukses di chart-chart musik juga dinlai bagus dalam kualitas. "They fill the gaps between their gleaming pop singles with yawning ambient interludes, and they write lyrics like “I’m the Greek economy of cashing intellectual cheques” without batting their feathered eyelashes." begitu yang ditulis dalam TIME.

Worst #1 - “Can’t Stop the Feeling,” Justin Timberlake

 

Wow! Tak disangka, nama besar seperti Justin Timberlake dapat memuncaki daftar Lagu Terburuk 2016 versi TIME. "Can't Stop the Feeling" yang merupakan soundtrack dari film animasi "Trolls" ini dinilai mengganggu bahkan dalam artikelnya, TIME menulis "Forget the feeling—just please, please stop this song."

Best #1 - “Formation,” Beyoncé

 

No one beat Beyone! Beyonce kembali mengejutkan penggemarnya dengan merilis karya secara mendadak. "Formation" yang dirilis pada bulan Februari 2016 lalu, mendapatkan pujian dimana-mana. Tak heran kalau TIME pun menjulukinya sebagai Lagu Terbaik 2016 nomor 1. "It’s the boldest, weirdest song she’s ever made, a trap-marching band monster sturdy enough to bear all of that cultural weight.​" tulis TIME.

Bela, Kamu setuju nggak nih sama daftar Lagu Terbaik dan Terburuk 2016 versi TIME ini?

BACA JUGA: 5 Manfaat Terbaik untuk Kesehatan Tubuh dengan Terapi Musik