Masih ingat perdebatan viral "The Dress" di internet sekitar tiga tahun lalu? Saat itu, orang saling beradu pendapat jika baju itu berwarna putih-emas atau biru-hitam. Hal serupa kini terulang kembali di tahun 2018. Sebuah rekaman suara yang melafalkan satu kata bahasa Inggris terdengar berbeda di telinga banyak orang. "Yanny" atau "Laurel"?

Rekaman audio yang viral ini memiliki kisah menarik di belakangnya, dan juga jawaban yang benar dari di antara dua nama itu. Melansir dari Wired, ini cerita di balik "Yanny" dan "Laurel".

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Mendengar “Yanny” atau “Laurel”, sekilas kamu akan mengira kalau rekaman ini sedang menyebutkan nama seseorang, bukan? Sebenarnya, rekaman audio itu sedang melafalkan satu istilah kata yang berarti sebuah karangan bunga yang dikenakan di kepala, umumnya menjadi simbol kemenangan. Kira-kira, kata apa yang disebutkan dengan definisi ini, ya?

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Kamu mungkin mendapatkan rekaman itu dari Instagram, Twitter, bahkan situs online lainnya. Faktanya, audio ini bermula dari sebuah sekolah di Georgia. Saat itu, seorang siswi bernama Katie Hetzel, sedang belajar kelas literatur mencari kata "Laurel" di situs Vocabulary.com dan mendengarkan audio pengucapannya. Namun, ia justru mendengar kata "Yanny".

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Merasa bingung, Hetzel mencoba menanyakan beberapa temannya dan mereka semua mendengar nama berbeda. Perempuan ini pun mengunggah klip suara itu di Instagram story pribadinya. Nggak lama setelah itu, kakak kelas dari sekolah yang sama bernama Fernando Castro, mengunggah ulang video itu. Selanjutnya, pemilik akun Reddit yang merupakan teman Castro, mengunggahnya juga di akun pribadinya. Dari situ, "Yenny" dan "Laurel" menjadi viral.

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Jika berpikir kalau rekaman ini adalah hasil kerja komputer, kamu keliru, Bela. Audio pengucapan yang dimiliki Vocabulary.com ini dilakukan oleh seorang penyanyi opera. Sang pemilik situs, Marc Tinkler, bercerita kalau dirinya merekrut banyak penyanyi opera untuk melakukan rekaman karena menganggap mereka mampu membaca kata yang disusun dari abjad fonetik internasional dan memiliki pelafalan yang jelas. Orang yang membaca "Laurel" ini sendiri adalah pemain opera Cats di Broadway.

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Tinkler sendiri heran dengan kejadian viral Yenny dan Laurel ini. Namun ia menduga kalau salah satu penyebabnya adalah kata itu nggak disebutkan bersama konteks lainnya. "Kami sendiri melakukan rekaman dengan perlengkapan audio profesional. Para penyanyi duduk di sebuah ruangan, kemudian mengucapkan kata yang muncul di layar laptop di hadapannya. Mereka melakukan ini ribuan kali," ujarnya.

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Para ahli menjelaskan fenomena ini sebagai salah satu "ambiguous figure". Nggak ada yang salah pun benar. Alasan orang-orang mendengar dua kata yang berbeda dari satu rekaman adalah perbedaan frekuensi yang tertangkap oleh otak. Suara dengan frekuensi tinggi dalam rekaman membuat kamu mendengar "Yanny", sedangkan frekuensi rendah membuat kata itu terdengar "Laurel". Kata yang kamu dengar tergantung pada pilihan otak untuk mendengarkan di antara dua frekuensi itu.

7 Fakta Asal Muasal Munculnya Rekaman Ambigu 'Yanny' dan 'Laurel'

Orang dewasa cenderung kehilangan kemampuan mendengar frekuensi tinggi sehingga mereka mendengar kata "Laurel”. Sedangkan remaja, sebaliknya, akan mendengar kata "Yanny". Selain itu, faktor alat yang digunakan untuk mendengar rekaman itu juga memengaruhi ambiguitas ini, seperti speaker dan earphone, serta kualitas audio yang berubah saat rekaman disebarkan melalui internet.

Kini, “Laurel” menjadi kata yang paling dicari di internet, berikut dengan rekamannya. Sudah mendengarnya, Bela? Apa kata yang kamu dengar?

BACA JUGA: Kamu Termasuk Netizen yang Seperti Apa Sih? Coba Cari Tahu di Sini​