Mana yang lebih praktis menurutmu, belanja menggunakan uang tunai atau cashless? Beberapa tahun belakangan ini, mulai muncul metode pembayaran dengan konsep non-tunai secara digital yang diharapkan dapat memudahkan transaksi apapun dan mengurangi penggunaan uang kertas maupun logam. Bahkan, pemerintah sudah mulai mendorong pelaku bisnis untuk menyediakan pilihan pembayaran non-tunai agar meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau berpindah ke transaksi cashless.

Sejauh ini, sudah ada beberapa metode pembayaran cashless, atau bisa kita sebut sebagai "uang digital" yang digunakan di kota-kota besar. Tentunya, selain penggunaan kartu kredit dan kartu debit. Apa saja, Bela?

1. GoPay dan GrabPay

'Cashless', Ini 5 Uang Digital yang Sudah Banyak Digunakan di Jakartayoutube.com

Bermula dari aplikasi transportasi online, baik Gojek maupun Grab kemudian menambahkan berbagai fitur yang memudahkan konsumennya untuk beraktivitas, salah satunya adalah menghadirkan fitur GoPay maupun GrabPay. Dengan fitur ini, konsumen sudah nggak perlu lagi mengeluarkan uang tunai untuk membayar driver. Bahkan nggak hanya itu, saldo dari fitur itu dapat digunakan untuk membeli makanan, belanja kebutuhan sehari-hari, sampai membeli pulsa.

2. Ovo

'Cashless', Ini 5 Uang Digital yang Sudah Banyak Digunakan di Jakartakalibrr.id

Berdiri tahun 2017, aplikasi pembayaran non-tunai ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket maupun warung kecil, membeli minuman di kafe favoritmu, sampai membayar tagihan rumah sakit! Ovo yang dimiliki oleh Lippo Grup ini juga bekerja sama dengan Grab sehingga penggunanya dapat membayar jasa transportasi online itu dengan saldo dari Ovo Wallet. Keren, bukan?

3. Simpati TCash

'Cashless', Ini 5 Uang Digital yang Sudah Banyak Digunakan di Jakartayoutube.com

Fitur pembayaran cashless ini sudah cukup lama hadir untuk pengguna provider Simpati. Dengan mendaftar di gerai terdekat dan memasang stiker di belakang smartphone, kamu sudah bisa berbelanja hanya dengan menempelkan logo TCash pada mesin pemindai di meja kasir. Selain untuk berbelanja di toko offline, TCash dapat digunakan untuk belanja online dan membayar tagihan. Teman kamu kekurangan saldo? Kamu bisa berbagi juga, lho!

4. E-money, BRIzzi, BNI Tapcash, Flazz BCA, dan JakCard

'Cashless', Ini 5 Uang Digital yang Sudah Banyak Digunakan di Jakartauangonline.com

Kamu pasti pemilik salah satu dari kartu Bank itu, ya, Bela? Sebab masing-masing dari kartu itu terkenal dengan penggunaannya untuk pembayaran tiket kereta, busway, dan tol. Namun selain untuk kemudahan transaksi perjalanan, kartu-kartu itu juga dapat digunakan untuk berbelanja di supermarket dan makan di restoran. Khusus untuk JakCard yang dikeluarkan oleh Bank DKI Jakarta, kartu itu juga digunakan sebagai pembayaran tiket masuk tempat wisata terkenal di Jakarta, seperti Ragunan dan Monas.

5. Doku

'Cashless', Ini 5 Uang Digital yang Sudah Banyak Digunakan di Jakartauangonline.com

Aplikasi pembayaran Doku sudah cukup lama hadir di tengah-tengah masyarakat, tepatnya pada tahun 2002. Awalnya, aplikasi pembayaran non-tunai ini dibuat untuk mendukung pemulihan perekonomian Bali setelah musibah bom pada tahun itu. Namun, penggunaannya melebar hingga mencakup ke seluruh Indonesia. Aplikasi ini nggak hanya dapat digunakan untuk membayar tiket pesawat dan menyewa hotel, tetapi juga dapat dipakai untuk berbelanja di e-commerce dan di toko online yang berjualan melalui media sosial.

Semakin modern, semakin canggih metode pembayarannya. Sudah menjadi pengguna platform cashless di atas, Bela? Atau mungkin, ada aplikasi uang digital lain yang menjadi andalanmu untuk berbelanja dan membayar tagihan? Share pendapatmu, yuk!

BACA JUGA: 5 Tips Mengatur Keuangan ala Wanita Modern​