Di bulan September 2019 ini, Apple secara resmi mengumumkan tiga tipe iPhone terbaru: iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Dibanderol dengan harga mulai dari $699 atau sekitar Rp 11,7 juta, salah satu kelebihan yang paling menonjol dari ketiga smartphone itu adalah kameranya. Tipe iPhone 11 memiliki sistem dual-camera, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki sistem triple-camera.

Selain ada banyaknya kamera yang tersemat, juga terdapat fitur pengambilan gambar dan video yang canggih! Mulai dari fitur QuickTake video, Night Mode, fitur pengambilan selfie secara slow-motion (slofies), dan resolusi video 4K yang merupakan kualitas tertinggi di dunia smartphone

Namun, seberapa bagusnya, sih, kualitas kamera iPhone 11? Apa memang lebih baik dari tipe iPhone sebelumnya? Melansir Bustle, berikut hasil jepretan iPhone 11.

1. Sistem Kamera iPhone 11

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Pertama-tama, kamu perlu tahu tentang kamera pada tiga iPhone terbaru ini. Sistem dual-camera pada iPhone 11 terdiri dari Wide camera dan Ultra Wide camera. Ultra Wide camera dapat mengambil gambar 4x lebih luas sehingga sangat cocok untuk foto lansekap dan foto/video gerak. Juga, iPhone 11 memiliki fitur Potrait Mode yang diperbarui sehingga kamu dapat mengambil gambar suatu objek secara dekat dan mendapatkan detail gambar yang lebih baik. Fitur ini juga tersedia jika kamu mengambil gambar menggunakan kamera depan alias selfie.

Tipe iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki sistem triple-camera dan memiliki fitur Wide Lens dan Ultra Wide Lens yang sama seperti iPhone 11. Namun yang membedakan adalah fitur Telepohoto lens terbarunya. Fitur ini memberikan hasil gambar 40% lebih terang ketimbang dari iPhone X sehingga kamu dapat memperbesar gambar menjadi potrait atau mendapatkan lebih banyak detail dalam pengambilan gambar gerak. Untuk membandingkan lebih jauh, coba lihat hasil gambar dari fitur kamera pada iPhone terbaru.

2. Pengambilan Gambar Low-Angle

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Sebelah kiri merupakan gambar yang diambil menggunakan Wide Lens pada iPhone 11. Sedangkan sebelah kanan merupakan gambar yang diambil dengan iPhone 8. Dari sini, kamu dapat melihat kualitas gambar dari iPhone 11.

3. Potrait Mode

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Tipe iPhone 11 dan iPhone 11 Pro memiliki Potrait Mode dengan kualitas kedalaman gambar yang telah diperbarui. Bahkan pada iPhone 11 Pro, kedalamannya lebih baik lagi berkat Telephoto lens yang dapat mengambil gambar 2x lebih dekat pada objek foto untuk menampilkan detailnya dengan lebih tajam. Kamu dapat melihat perbandingannya pada gambar berikut.

4. Night Mode

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com
Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Night Mode merupakan fitur terbaru pada tiga tipe iPhone baru ini. Mode ini akan menyala secara otomoatis ketika kamu sedang mengambil gambar pada kondisi ruangan dengan cahaya yang kurang baik sehingga kamu nggak perlu menggunakan flash—yang dapat mengganggu kualitas gambar. Menggunakan software kamera baru, iPhone ini dapat mengambil beberapa gambar dalam satu kali tekan dan merangkainya menjadi satu gambar utuh. Kamu nggak perlu memilih menu tertentu untuk mengaktifkan mode ini. Kamera akan memintamu untuk menahan tombol shutter selama 2-3 detik. Ini hasil foto di ruangan yang gelap pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro menggunakan Night Mode pada beberapa lensa. Bandingkan dengan hasil gambar dari kamera iPhone 8 tanpa flash.

5. Action Shot

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Apple mengatakan jika fitur Ultra Wide lens pada iPhone 11 sangat baik untuk pengambilan gambar gerak (action shot) karena dapat menangkap lebih banyak aksi dalam frame yang lebih luas. Kamu bisa lihat perbandingannya pada gambar berikut.

6. Selfie Membelakangi Matahari atau Backlight

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Foto di ruangan dengan cahaya yang kurang baik memang bukan pengambilan gambar yang ideal, sama juga dengan mengambil gambar tepat di depan sinar matahari. Meski sedang menjadi tren, hasilnya tetap membutuhkan editing untuk membuatnya terlihat lebih baik. Namun, kamera pada iPhone 11 dapat langsung memberikan hasil gambar terbaik ketika kamu berusaha selfie tepat di depan sinar matahari.

7. Landscape Shot

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Baik iPhone 11 dan iPhone 11 Pro hadir dengan fitur Ultra Wide Lens yang dapat memperkecil 0,5x untuk mendapatkan lebih banyak objek dalam satu bingkai gambar. Cocok untuk foto bersama banyak orang (group shot) dan lansekap, fitur ini juga sangat bagus untuk pengambilan gambar di dalam ruangan atau ruang dengan limitasi tertentu yang mempersulit pengambilan gambar secara luas. Ini perbandingan hasil gambar Landscape shot menggunakan iPhone 11 dan iPhone 8.

8. Perbandingan Landscape Shot Menggunakan Wide dan Ultra Wide

Sistem Kamera Baru, Ini Hasil Foto Menggunakan iPhone 11Bustle.com

Sekarang, mari bandingkan hasil Landscape shot pada iPhone 11 menggunakan Wide dan Ultra Wide Lens. Kedua fitur ini sama-sama memberikan hasil gambar yang luas dan lebih jernih. Namun dengan Ultra Wide, kamu bisa menangkap lebih banyak objek dalam satu frame. Dengan kata lain, cakupan frame menjadi lebih luas tanpa perlu mencari sudut pengambilan yang pas.

Itulah beberapa perbandingan hasil gambar menggunakan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro dengan tipe iPhone sebelumnya. Bagaimana menurutmu? Apakah sistem kamera dan fitur-fitur barunya ini benar-benar worth it? Coba share pendapatmu, Bela!

Baca Juga: Siap Rilis, Ini Spesifikasi iPhone 11 yang Wajib Kamu Tahu