Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar idol K-Pop? Sebuah grup laki-laki atau perempuan dengan segudang bakat yang mereka miliki, umumnya bernyanyi, menari, dan sebagai tambahannya, berakting. Sebagian besar masyarakat pun meyakini kalau boyband maupun girlband dari Korea Selatan hanya memiliki tiga bakat itu. Faktanya, beberapa idol dianugerahi kemampuan lebih hebat, salah satunya adalah menulis dan mengomposisi lagu mereka sendiri.

Melansir dari SBS, berikut adalah daftar nama idol K-Pop yang dilirik oleh industri musik negara itu sebagai seorang producer. Nggak hanya membuat lagu untuk grup sendiri, mereka pun menghasilkan karya untuk musisi lain. Siapa saja?

1. G-Dragon (BIGBANG)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Lagukpop.asiachan.com

Siapa yang nggak kenal dengan G-Dragon atau GD? Pria bernama asli Kwon Ji-young ini berkontribusi membuat lagu untuk grupnya sendiri, BIGBANG, juga untuk para anggotanya yang mengeluarkan lagu solo. Masih mendengarkan lagu ‘Fantastic Baby’? Itu salah satu karyanya! Sampai detik ini, ia telah membuat 161 lagu, dimulai dari awal grupnya debut ke publik. GD pun menjadi idol dengan lisensi lagu terbanyak saat ini. Nggak hanya masyarakat awam, banyak idol lain yang mengagumi dirinya.

2. Yong JunHyung (Beast/Highlight)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Laguhelloasia.com.au

Penggemar Beast, atau yang kini dikenal dengan nama Highlight, pasti sudah nggak asing dengan Yoon JunHyung. Laki-laki kelahiran 19 Desember 1989 ini memiliki nama besar di industri musik karena kemampuannya menghasilkan lagu. Nggak hanya untuk grupnya sendiri, ia pun membantu mengomposisi lagu grup idol sesama perusahaannya, yaitu BTOB. Sejauh ini, tercatat ia telah menghasilkan sebanyak 118 lagu.

3. Jin-Young (B1A4)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Laguallkpop.com

Sejak lagu "Baby, I'm Sorry" dirilis pada tahun 2012 silam, Leader dari grup B1A4 ini mulai dikenal sebagai seorang composer. Sebab lagu itu adalah lagu pertama yang membuat masyarakat menyadari kemampuan Jung Jin-young adalah seorang composer yang andal. Pada tahun 2016, ia berkontribusi menyiptakan lagu untuk program "Produce 101". Ini juga jadi pengalaman pertamanya menghasilkan lagu untuk dibawakan oleh girlband. Nggak disangka, ia menerima pujian dan penghargaan atas bakatnya itu, membuat dirinya sebagai "No. 1 Solo Composer" di tahun tersebut. Selain itu, Jin-young juga mengomposisi lagu untuk drama yang "Love in the Moonlight".

4. Jonghyun (Shinee)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Lagubillboard.com

Memiliki suara yang bagus, mendiang Jonghyun Shinee juga dianugerahi kemampuan membuat lagu yang mengagumkan. Tercatat ada 58 lagu yang telah ia ciptakan semasa hidupnya. Nggak hanya untuk grup sendiri, ia pun membuat lagu untuk rekan-rekan idol dan penyanyi lain, seperti EXO, Lee Hi, dan IU. Pada konser mengenang Jonghyun, Lee Hi dan IU pun tampil menyanyikan lagu-lagu yang ditulis dan diaransemen olehnya.

5. Zico (Block B)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Laguallkpop.com

Memulai kariernya sebagai underground rapper dan kemudian bergabung dengan grup Block B, Zico pun dikenal sebagai seorang composer yang bertalenta. Sampai saat ini, ia telah menghasilkan sekitar 90 lagu. Meski seorang rapper, laki-laki bernama asli Woo Ji-ho ini pun pernah menghasilkan lagu solo track untuk Kim Sejeong dari grup IOI/Gugudan yang berjudul 'Flower Road'.

6. B.I. (iKon)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Lagunst.com.my

Sebagai anggota paling muda (maknae) dalam grupnya, iKon, ia pun memiliki kemampuan mengomposisi lagu yang patut diacungi jempol! Beberapa tahun sebelumnya, ia sempat gagal debut melalui acara Win yang dilakukan oleh agensi YG. Namun selanjutnya, ia berhasil membantu grup pemenang, Winner, dalam membuat lagu debut yang berjudul ‘Empty’ bersama dengan anggota iKon lainnya bernama Bobby. Selain itu, ia pun memiliki credit pada lagu Blackpink ‘Whistle’ karena turut berpartisipasi dalam pembuatannya.

7. Woozi (Seventeen)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Lagukoreaboo.com

Sebagai boyband yang dijuluki "Self Producing Idol", sudah pasti lagunya pun dihasilkan oleh anggotanya sendiri, ya? Benar, dan salah satu orang yang berkontribusi besar dalam pembuatan lagu album Seventeen adalah Woozi. Sampai detik ini, tercatat ada 60 lagu yang telah ia buat, baik untuk grupnya sendiri maupun untuk musisi lain. Laki-laki bernama asli Lee Ji-hoon ini turut membantu pembuatan lagu untuk Ailee dan Eric Nam. Selain membuat lagu, vocal leader ini juga ikut membuat koreografi untuk grupnya sendiri bersama Hoshi yang bertanggung jawab sebagai performance leader.

8. Suga (BTS)

8 Idol K-Pop yang Terkenal dengan Bakatnya sebagai Komposer Laguallkpop.com

Siapa yang nggak kenal dengan Suga? Laki-laki bernama asli Min Yoon-gi ini adalah dalang dibalik lagu-lagu BTS yang berhasil menduduki Billboard! Sejauh ini, ada 70 lagu yang tercatat di bawah namanya, semua termasuk lagu untuk grupnya, untuk musisi lain, serta untuk dirinya sendiri. Beberapa bulan lalu, ia pun merilis solo mixtape pertamanya dengan nama Agust D. Kini, BTS baru saja comeback dengan lagu baru berjudul ‘Idol’ dalam album Love Yourself: Answer, sudah coba mendengarkannya, Bela?

Siapa bilang kalau idol K-Pop hanya bisa bernyanyi, menari, dan akting? Faktanya, mereka memiliki bakat lain yang membuat citra idol semakin dihargai oleh masyarakat negaranya sendiri, juga dunia. Siapa idol sekaligus composer favoritmu?

BACA JUGA: Miris, Ini 3 Alasan K-pop Idol Disepelekan di Industri Hiburan Korea‚Äč