"Anak pantai" atau "anak gunung"? Pasti kamu sering mendengar istilah ini di kalangan millenials, ya? Dua istilah itu ditujukan untuk seseorang yang lebih memilih meluangkan liburannya dengan bertamasya ke alam, antara gunung atau pantai. Keduanya sama-sama merupakan destinasi terbaik yang dapat memanjakan mata serta menenangkan pikiranmu. Namun, tahu nggak kalau ternyata pilihan pantai dan gunung ini merefleksikan kepribadianmu?

Mengutip dari Today, sebuah penelitian dari Jurnal Reasearch in Personality, mengungkapkan kalau orang yang memilih pantai sebagai tempat liburannya memiliki kepribadian ekstrovert, yang dideskripsikan sebagai orang yang ceria dan mudah bersosialisasi. Sedangkan mereka yang memilih gunung adalah introvert, kepribadian yang diuraikan sebagai sosok yang cenderung pendiam.

Pantai atau Gunung? Pilihan Liburan Ini Ungkap Sifat Dirimu unsplash.com/Jakob Owens

Nggak hanya itu, sebuah survei lain juga menemukan kalau pribadi ekstrovert lebih memilih pergi ke laut daripada ke gunung saat diperlihatkan serangkaian foto keindahan alam. Pilihan yang mereka buat nggak terkait dengan faktor kepribadiannya.

Kemudian mengutip dari ScoopWhoop, orang-orang yang mengaku dirinya "anak pantai" adalah pembicara yang baik dan senang menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka yang umumnya berzodiak air (Cancer, Scorpio, Pisces) ini menyukai musik dan selalu tertarik untuk menguasai berbagai instrumen. Juga, mereka memiliki lingkarang pertemanan yang besar dan selalu bergantung dengan smartphone. "Anak pantai" sangat pandai dalam berbasa-basi dan mudah menjalin pertemanan. Dalam hubungan asmara, mereka cenderung memilih pasangan yang tenang dan dewasa.

Pantai atau Gunung? Pilihan Liburan Ini Ungkap Sifat Dirimu unsplash.com/Avi Richards

Sedangkan "anak gunung" menikmati tempat terpencil dan memiliki hati yang tertutup. Sebagian di antaranya ada yang mudah bersosialisasi, namun akan tetap berusaha meluangkan waktu untuk diri sendiri. Pribadi yang senang mendaki ini menyukai hal-hal berbau kreativitas. Mereka pun senang mengenakan headphone dan berpura-pura mendengarkan lagu ketimbang terlibat dalam pembicaraan bersama orang lain. Berbanding terbalik dengan "anak pantai", "anak gunung" nggak suka basai-basi. Mereka lebih suka pembicaraan yang filosofis dan dapat menjadi pendengar yang baik.

Jadi, kamu ada di tim mana, Bela? Pantai atau gunung? Apa artinya jika kamu menyukai keduanya dan menikmati kedua destinasi itu, ya?

BACA JUGA: Kamu Bisa Tentukan Destinasi Perjalanan Berdasarkan Zodiakmu Lho!