Kamu seorang freelancer atau pekerja lepas? Tentunya, ruang kerjamu nggak selalu berada di dalam gedung atau Coworking space. Terkadang di kafe, di tempat terbuka, namun lebih sering berada di rumah. Sayangnya untuk sebagian orang, bekerja di rumah terasa kurang maksimal karena banyaknya gangguan maupun suasana ruang yang tidak mendukung. 

Salah satu cara untuk mengatasi kendala ini adalah dengan menata ulang sebuah ruangan menjadi ruang kerja yang nyaman. Bisa saja memang ruangan yang tak terpakai, atau sudut kamar yang perlu sedikit penataan. Butuh ide dan tips desain ruang kerja? Langsung cek di bawah ini!

1. Terkena paparan sinar matahari

Ini 5 Ide Desain Ruang Kerja yang Cocok untuk FreelancerPexels.com/Visually Us

Melansir dari Livingasean, penelitian menemukan kalau terkena paparan cahaya dari luar atau sinar matahari dapat meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, bekerja dengan cahaya yang redup dapat mengganggu kesehatan mata serta tubuh. Jadi, ada baiknya untuk memilih ruang kerja yang terkena paparan sinar matahari dan menata meja kerja dekat dengan jendela.

Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari tentu juga dapat membuat pandanganmu silau, bukan? Maka, jendela harus berada di samping atau belakang meja, atau kamu dapat memasan tirai untuk menghalangi cahaya matahari ketika sudah terasa terik.

2. Menata ruang di bawah tangga

Ini 5 Ide Desain Ruang Kerja yang Cocok untuk FreelancerLivingasean.com

Jika memiliki rumah yang mungil, tentunya sulit untuk meluangkan ruang kerja sendiri, ya? Namun, ini bukan menjadi halangan untuk memiliki ruang kerja sendiri, loh. Kamu bisa menyulap ruang kosong di bawah tangga menjadi ruang kerjamu! Tempatkan meja dengan ukuran yang cukup untuk laptopmu, pasang outlet listrik pada dinding untuk akses yang mudah, dan kamu sudah punya tempat kerja yang memadai. Posisi duduk yang menghadap dinding memang terkesan tertutup, namun ini lebih baik ketimbang bekerja di atas kasur, Bela.

3. Memanfaatkan langit-langit yang tinggi

Ini 5 Ide Desain Ruang Kerja yang Cocok untuk FreelancerPexels.com/Jonathan Borba

Jika rumahmu memiliki langit-langit yang tinggi, kamu dapat memanfaatkannya dengan membuat ruang mezzanine untuk tempatmu bekerja. Meski akan memakan renovasi yang cukup banyak, ruang kecil ini akan sangat berguna. Jika sudah nggak bekerja lagi di ruang kecil ini, kamu dapat mengubahnya untuk fungsi lain.

4. Memasang partisi pemisah

Ini 5 Ide Desain Ruang Kerja yang Cocok untuk FreelancerPexels.com/The Coach Space

Selain nggak dapat menolak keinginan rebahan, kendala lainnya bekerja di rumah adalah gangguan dari anggota keluarga yang tinggal bersamamu. Panggilan di sela-sela bekerja atau suasana ramai dari bincang-bincang saudara menyulitkanmu untuk fokus bekerja. Kalau seperti ini, kamu dapat memasang partisi kaca atau tirai pemisah. Dengan begitu, kamu dapat memisahkan diri dan memberikan ruang privasi untuk dirimu yang sedang bekerja. Selain itu, suasana bising nggak akan mengganggumu bekerja lagi.

5. Sesuaikan dekorasi dengan kebutuhan kerja

Ini 5 Ide Desain Ruang Kerja yang Cocok untuk FreelancerPexels.com/Barion McQueen

Jika kamu seorang musisi, mungkin kamu mau menata ruang kerja barumu dengan memasang peredam suara sehingga nggak ada suara yang dapat terdengar keluar. Jika malas membuat lantai mezzanine tambahan pada langit-langit rumah, coba pasang hammock yang aman sehingga kamu dapat bersantai di atasnya ketika merasa penat bekerja. Pokoknya, tata ruang kerja semenarik dan sekreatif mungkin, sehingga kamu nggak akan bosan bekerja. Selain itu, sesuaikan dekorasi ruangan dengan kebutuhan pekerjaanmu.

Itulah beberapa tips dan ide desain ruang kerja yang nyaman bagi freelancer. Bahkan jika bukan freelance, kamu tetap dapat mencoba tips ini saat kamu WFH di tengah pandemi COVID-19. Jika memiliki ruang kerja sendiri, pasang dekorasi atau poster favoritmu untuk membuat ruangan menjadi lebih seru dan menambah semangatmu untuk bekerja!

Baca Juga: Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknya

Baca Juga: Begini 4 Cara Makeover Ruangan di Rumah Agar tak Menjenuhkan

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera Terbaik