Jepang merupakan salah satu negara Asia Timur yang turut terkenal dengan seni dan budayanya. Nggak hanya komik manga atau serial anime-nya, Negeri Sakura ini pun memiliki banyak film terbaik dari berbagai genre, salah satunya genre romantis. Ada deretan daftar film Jepang Romantis yang berhasil bikin penontonnya terhanyut dalam emosi sampai berderai air mata. Sebagian film-nya pun beradaptasi dari komik-komik terkenal. Kalau penyuka Manga, kemungkinan besar beberapa judul yang pernah kamu baca sudah diangkat ke layar  lebar. Penasaran, Bela? Ini daftar film Jepang romantis yang patut kamu coba tonton!

1. Kimi ni Todoke/From Me To You (2014)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Film dengan judul From Me To You ini diangkat dari manga terkenal Kimi ni Todoke. Diperankan oleh Mikako Tabe dan Haruma Miura, film ini menceritakan tentang seorang siswi perempuan yang menjadi korban bullying, bertemu dengan siswa laki-laki baru yang populer di sekolahnya. Tanpa diduga, siswa laki-laki itu mencoba untuk berteman dengan siswi perempuan yang diejek dengan panggilan 'Sadako'. Keduanya menjadi dekat dan muncul benih-benih perasaan di antara mereka.

2. ReLife (2017)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Beberapa film Jepang nggak luput dari sentuhan sihir dan keajaiban, seperti film ReLife. Film yang dibintangi oleh Taishi Nakagawa dan Yuna Taira ini menceritakan tentang seorang laki-laki berusia 27 tahun dengan kondisi kehidupan sulit, bertemu sosok misterius yang menawarinya untuk mengikut proyek Relife. Setelah menyetujuinya, ia pun terbangun dalam keadaan remaja laki-laki berusia 17 tahun! Bagaimana kisahnya saat menjalani 'kehidupan baru'-nya, ya?

3. Orange (2015)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Orange termasuk dalam daftar film Jepang romantis yang turut bernuansa sihir dan keajaiban. Film yang diangkat dari Manga ini mengisahkan seorang siswi laki-laki bernama Naho Takamiya, mendapatkan surat misterius dari masa depan yang menceritakan tentang dirinya sendiri. Hal-hal yang tertulis dalam secarik kertas itu benar terjadi, dan salah satu hal yang dituliskan adalah dirinya jatuh cinta pada siswi perempuan bernama Kakeru Nanuse. Ternyata, Kakeru pun menyimpan misteri, loh. Mau tahu akhirnya? Tonton langsung sendiri, ya!

4. Shigatsu wa Kimi No Uso (2016)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Sukses dalam bentuk manga dan anime-nya, cerita Shigatsu wa Kimi no Usa pun diangkat ke live action untuk ditayangkan di layar lebar. Jika belum tahu, Shigatsu wa Kimi No Uso merupakan film romantis yang menceritakan pianis berbakat bernama Arima Kousei dan pemain biola Kaori Miyazono.

Arima yang berbakat, memutuskan untuk berhenti mengejar cita-citanya sebagai pianis. Sedangkan Kaori selalu mendorongnya untuk melanjutkan impiannya. Film Jepang romantis yang satu ini berhasil membuat penontonnya menangis sedih dan haru! Selain mengajarkan arti cinta Shigatsu wa Kimi no Uso ini pun sarat makna pentingnya menjaga hubungan pertemanan.

5. Kinkyori Renai (2014)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Lagi-lagi bertemakan masa sekolah, namun cerita film yang satu ini mengangkat tentang hubungan terlarang antara guru dan murid. Berjudul Kinkyori Renai, film Jepang Romantis ini menceritakan tentang seorang siswi SMA dan guru Bahasa Inggris yang sama-sama saling menaruh rasa. Namun, bagaimana keduanya dapat bersatu, ya?

Sebab faktanya, Jepang menetapkan peraturan kalau guru dan murid nggak boleh memiliki hubungan asmara. Ketika ketahuan, pihak sekolah akan menjatuhi hukuman untuk kedua belah pihak. Namun menariknya, peraturan ini menjadi inspirasi banyak penulis untuk membangun cerita romantis penuh drama, seperti Kinkyori Renai ini.

6. My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Cerita dengan Tema perbedaan dimensi juga banyak dipakai dalam film Jepang, salah satunya adalah My Tomorrow, Your Yesterday. Film Jepang romantis ini menceritakan tentang seorang mahasiswa yang jatuh cinta pada seorang perempuan saat sedang dalam perjalanan ke kampusnya. Seiring berjalannya waktu, ia kemudian menyadari kalau keduanya berada dari dimensi waktu yang berbeda.

Film yang diangkat dari manga Tomorrow I Will Date With Yesterday You ini dibintangi oleh Sota Fukushi dan Nana Komatsu. Karena memiliki alur waktu yang cukup membingungkan, pastikan kamu fokus saat menontonnya, Bela.

7. Isshuukan Friends/ One Week Friends (2017)

7 Daftar Film Jepang Romantis 

Film Ishuukan Friends ini diangkat dari seri manga dan anime karya Matcha Hazuki. Film ini menceritakan tentang seorang siswa bernama Yuki Hase yang jatuh cinta pada temannya bernama Kaori Fujimiya. Namun, Yuki mengidap penyakit langka, membuatnya akan melupakan teman-temannya setiap hari Senin. Jadi, bagaimana cara keduanya agar bisa saling jatuh cinta?

Masih ada banyak daftar film Jepang romantis lainnya yang wajib kamu tonton, terutama jika penyuka cerita romansa, dengan latar belakang masa sekolah atau kuliah. Kamu pasti akan menyukai film-film Jepang, Bela! Sebagian besar film romantis Jepang ini diangkat dari manga dan anime. Jadi jika ingin mengetahui ceritanya lebih jelas, kamu bisa membaca atau menonton serialnya.

Baca Juga: 5 Film Anime Terbaik Tahun 2019, Sudah Nonton?