Siapa yang memiliki peliharaan kucing di rumah? Atau mungkin, ada kucing liar yang selalu singgah di rumahmu untuk sekadar makan dan main bersamamu? Melihat berbagai tingkahnya pasti membuatmu gemas, ya! Mulai dari mengeluarkan suaranya yang khas, memandangmu dengan bola matanya yang bulat, mencoba menangkap objek yang lewat di hadapannya dengan cepat, dan sebagainya. Bahkan, melihat sikapnya yang terkesan cuek pun bikin kamu ingin memeluknya!  Namun, tahukah kamu kalau beberapa di antara bahasa tubuhnya tersebut ada yang merupakan tanda bahwa si kucing menyayangimu?

Kucing yang terlihat selalu cuek di hadapanmu, boleh jadi telah menyatakan rasa sayangnya dengan bahasa tubuh yang lain. Beberapa gerakan yang sering kucing lincahmu tunjukkan, boleh jadi adalah ungkapan cintanya padamu. Melansir dari Insider, ini beberapa tingkah laku kucing yang menandakan kalau ia benar-benar menyukaimu.

1. Kucingmu menempelkan kepalanya padamu

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Buenosia Carol

Headbutting, atau seperti gerakan menempelkan kepala ke bagian tubuh, merupakan bahasa cinta bagi kucing. Gerakan tubuh ini merupakan metode komunikasi kucing dalam menunjukkan kasih sayangnya pada makhluk lain. Dengan menempelkan dan menggosokkan bagian tubuhnya ke kamu, kucing mengenali kamu sebagai salah satu dari temannya.

Selain itu, kucing juga melakukan gerakan tubuh ini untuk menandai daerah teritorialnya. Kucing memiliki kelenjar aroma pada dagu, pipi, kening dan bibir mereka. Jadi, dengan menggosokkan wajahnya ke kamu, kucingmu menyebarkan aroma unik padamu dan menandaimu sebagai temannya.

2. Bagian ujung ekornya nampak berkedut atau melingkar di kakimu

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Tranmuatritam

Ekor kucing banyak mengisyaratkan tentang mood-nya. Salah satunya menurut WebMD jika ekor kucing berdiri tegak dan berayun, menunjukkan kalau dia merasa percaya diri serta bahagia dengan kehadiranmu. Jika ekor kucing melingkar di sekitar kaki atau tanganmu, juga menjadi pertanda kasih sayangnya atau menunjukkan dia menganggap kamu sebagai temannya.

3. Menunjukkan perutnya

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia Menyukaimupopbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Melihat kucing berbaring pada punggungnya dan menunjukkan perutnya padamu pasti membuatmu merasa gemas! Namun, tahukah kamu? Jika kucing menunjukkan perutnya padamu, ini merupakan tanda kalau hewan berkaki empat ini percaya padamu. Bahasa tubuh ini menandakan kalau kucing merasa aman dan nyaman terbuka denganmu. Kalau kucing merenggangkan ototnya di sampingmu dan berguling di sekitarmu, artinya ia juga merasakan kasih sayangmu.

Namun di sisi lain, bahasa tubuh ini juga menandakan kalau kucing bersikap submisif atau defensif karena ketika merasa terpojokkan. Jadi jika ada kucing liar menunjukkan perutnya padamu, 50% kemungkinan ia akan mencakarmu ketika kamu berusaha mengusap perutnya.

4. Mengeluarkan bunyi dengkuran

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/FOX

Pernah mendengar kucingmu mengeluarkan suara dengkuran dari tenggorokannya? Itu artinya si kucing senang dengan kehadiranmu. Faktanya menurut ahli, kucing hanya mendengkur untuk manusia yang mereka sukai. Hewan ini nggak akan mengeluarkan dengkurannya untuk kucing lain, selain pada anak-anak mereka sendiri.

5. Membawakanmu "hadiah"

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Buenosia Carol

Jika kucing datang kepadamu sembari membawa sesuatu, seperti tikus mati, kodok, serangga, atau sampah, jangan panik! Itu merupakan "hadiah" darinya karena ia merasa nyaman dan aman bersamamu. Meskipun sebenarnya hal-hal yang ia bawa tersebut bukanlah hadiah untukmu, melainkan ia membawa tersebut ke tempat di mana ia merasa nyaman. Artinya, kucingmu menganggapmu sebagai rumahnya.

6. Sering menggigitimu

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Crina Doltu

Salah satu tanda kasih sayang kucing pada manusia adalah kebiasaannya menggigit. Namun, bukan menggigit yang melukaimu, ya. Menurut para ahli, seekor kucing terkadang akan menggigit dengan lembut makhluk yang ia sukai. Gigitannya ini nggak akan menyakitimu, kok. Jadi jika kucingmu menjadikan tangan atau kakimu sebagai mainan untuk ia kunyah, itu tandanya ia menyayangimu!

7. Mengeluarkan suara-suara kecil seperti mengobrol

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Amiya Nanda

Mungkin terdengar aneh bagi kamu yang nggak pernah memelihara kucing. Namun, sebagian kucing mengeluarkan suara-suara kecil seperti mengajakmu mengobrol. Kalau kucing bersuara seperti ini saat bersamamu, tandanya ia sedang bersosialisasi dan ingin menjadi akrab denganmu.

Suara-suara dari kucing ini berbeda dengan mengeong pada umumnya. Pokoknya, ia nampak sedang mengobrol denganmu penuh semangat, Bela! Kalau memiliki kucing peliharaan dan ia senang mengobrol denganmu, tandanya ia merasa senang denganmu.

8. Selalu mengikutimu

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Anna Shvets

Jika kucingmu mengikutimu ke atas kasur, menyelinap ke kamar mandi saat kamu masuk ke dalamnya, atau menontonmu yang sedang makan, tandanya kamu adalah perhatian terbesarnya. Selalu diikuti ke mana saja saat memasuki jam makan juga menjadi pertanda kalau kamu terkenal di antara kucing-kucingmu.

9. Menjilati rambut atau telingamu

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Pixabay

Kamu mungkin menyadari kalau sebagian hewan menjilati satu sama lain sebagai bentuk ungkapan kasih sayang dan perhatian, nggak beda jauh dengan kucing, kok. Ketika kucing menjilati rambut atau telingamu, itu pertanda kalau dirinya mempercayaimu dan menganggapmu sebagai teman dekatnya. Bahasa tubuh ini juga menunjukkan kalau ia perhatian padamu.

10. Memijatmu dengan telapaknya

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Ruca Souza

Anak kucing memijat induknya untuk melancarkan aliran air susu. Namun, kucing dewasa melakukan ini sebagai tanda merasa lebih nyaman dengan penjaganya. Perilaku ini memiliki kebiasaan bertahan sebagai sumber kenyamanan dan relaksasi, serta boleh jadi sebuah pertanda kasih sayang dan ikatan denganmu.

Seekor kucing mungkin menunjukkan perilaku ini karena ia melihatmu sebagai induknya, sosok yang berkuasa, atau sebagai tanda kalau ia mempercayaimu. Selain itu, terdapat kelenjar aroma pada telapaknya yang akan aktif ketika memijatmu. Jadi, mungkin kucingmu juga sedang berusaha menandaimu sebagai miliknya.

11. Mengedipkan matanya padamu secara perlahan

11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia MenyukaimuPexels.com/Bianca Marolla

Pemilik kucing pasti awam dengan tatapan mata khas hewan tersebut. Ternyata, itu merupakan bahasa tubuh yang ia gunakan untuk mengungkapkan kasih sayangnya!

Mengedipkan matanya padamu secara perlahan merupakan tanda cinta sejati, dan sering kali disebut sebagai 'kitty kiss'. Ketika ada kucing lain di sekitar kalian, kamu mungkin akan melihat kalau kucingmu akan mengedipkan matanya padamu secara perlahan, sesering mungkin. Ini untuk menunjukkan pada kucing lain kalau kamu adalah manusia yang baik.

Dari ke-11 bahasa tubuh kucing yang menandakan ia menyukaimu di atas, ada berapa poin yang kamu alami, Bela? Kenali bahasa tubuhnya agar kamu dapat mengerti kebutuhan dan perasaannya, seperti salah satunya, rasa sayangnya padamu.

Baca Juga: 20 Foto Kucing Lucu ini Akan Meredakan Tingkat Stres Kamu!

Baca Juga: 11 Reaksi Kucing Lebay Ini Pas Banget Buat Meme

Baca Juga: Penampakan 13 Anjing Berukuran Manusia yang Malah Bikin Gemas!