Jika ingin menghias rumah, kantor, atau ruanganmu, pilih hiasan yang fungsional seperti tanaman rumah. Nggak hanya membuat pemandangan ruangan terkesan lebih hijau dan terlihat alami, tanaman rumah dapat menjernihkan udara dan membuat suasana ruangan menjadi lebih rileks. Sebab melansir dari Huff Post, menghabiskan waktu di alam berkaitan dengan mengurangi level stres dan menghilangkan ketegangan.

Lebih jauh lagi, peneliti asal Belanda menemukan kalau pasien rumah sakit yang memiliki tanaman rumah di ruangannya melaporkan level stres lebih rendah daripada pasien lainnya. Jadi, dekorasi tanaman rumah sangat membantu untuk menjernihkan udara sekaligus mengurangi stres. Kalau begitu, tanaman seperti apa yang perlu kamu beli? Berikut ini pilihannya.

1. Lidah buaya atau tanaman aloe

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Marce Garal

Semua pasti sudah tahu, gel aloe yang terkandung dalam tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai hal. Namun ternyata, kandungan gel itu juga dapat menjaga kualitas udara di ruanganmu. Tanaman lidah buaya ini dapat membantu membersihkan udara dari zat polutan yang ditemukan dalam produk pembersih. Ketika bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam udara semakin tinggi, daun tanaman ini akan menunjukkan noda coklat.

FYI, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan banyak cahaya matahari. Jadi, simpan di tempat yang terkena cahaya matahari dari luar jika ingin menempatkannya di dalam ruangan.

2. Rubber tree

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Asatira

Tanaman rubber tree atau dikenal dengan nama karet kebo sangat bagus untuk membersihkan udara. Tanaman rumah ini pun sangat mudah dirawat. Cukup tempatkan pada ruangan yang lebih dingin dan cahaya yang nggak terlalu banyak. Meski mudah perawatannya, tanaman ini merupakan pembasmi racun dan penjernih udara yang sangat baik!

3. Peace Lily

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Adriano Gadini

Tanaman peace lily yang cantik ini juga dapat menekan jumlah racun pada udara di dalam ruangan. Namun jangan takut merasa susah merawatnya! Tanaman ini tumbuh dengan baik di ruangan dengan suhu yang rendah dan di tempat yang kurang banyak pencahayaan. Sudah cantik, peace lily ini juga dapat membersihkan udara di ruangan!

4. Snake plant

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Tanuj Handa

Salah satu pertimbangan dalam memilih tanaman rumah adalah perawatannya, dan banyak orang memilih tanaman yang mudah perawatannya. Benar begitu? Nah, snake plant atau lidah mertua ini juga mudah dirawat, kok, Bela. Juga, tanaman hijau ini dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari. Tempatkan satu pot tanaman lidah mertua di kamarmu atau di ruanganmu untuk meningkatkan udarah bersih.

5. Bamboo palm

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPexels.com/Pixabay

Tanaman bamboo palm termasuk daftar teratas sebagai tanaman yang dapat membersihkan udara, dengan nilai jernih 8,4. Selain itu, tanaman ini efektif membersihkan benzene dan trichloroethylene. Namun jika ingin menjadikannya sebagai dekorasi rumah, simpan pada bagian ruangan yang nggak terkena langsung cahaya matahari dan siram secara rutin.

6. Philodendron

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Jan Haerer

Tanaman philodendron ini menjadi tanaman rumah populer untuk di dalam ruangan. Karena tanaman dengan daun bentuk hati ini mudah perawatannya serta tumbuh merambat sehingga dapat menghiasi ruangan. Philodendron sangat bermanfaat untuk menyerap xylene.

Jika dirawat dengan baik, tanaman ini dapat hidup bertahun-tahun. Siram dengan air secukupnya dan berikan sinar matahari secukupnya.

7. Red-edged Dracaena

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Karolina Grabowska

Tanaman dengan tepi daun berwarna merah ini membantu membuang racun, termasuk xylene, trichloroethylene dan formaldehyde dari udara. Selain bermanfaat membersihkan udara, tanaman ini juga menjadi tanaman hias yang cantik. Sebab, red-edged dracaena atau bernama lain pohon naga ini dapat tumbuh setinggi sekitar 450-an cm sehingga dapat menghiasi langit-langit ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik bila ditempatkan di bawah sinar matahari.

8. Golden Pothos

8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas StresPixabay.com/Sandeep Handa

Tanaman golden pothos, atau dikenal dengan nama devil’s ivy, atau bernama lain sirih gading, juga dapat membersihkan racun formaldehyde dari udara. Tempatkan tanaman ini pada dapur atau ruang tamu sebagai tanaman gantung. Sebab daunnya akan tumbuh ke arah bawah dengan cara menjalar. Tanaman ini dapat tumbuh di suhu dingin dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.

Itulah 8 tanaman rumah pilihan yang nggak hanya menjadi tanaman penghias ruangan, tetapi juga dapat membersihkan udara dan mengurangi tingkat stres. Semua tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah dengan perawatan yang sederhana. Di tengah-tengah kondisi udara penuh polusi ini, rasanya tepat sekali menempatkan beberapa tanaman ini di ruanganmu. Setuju, Bela?

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Gantung yang Cocok untuk Hiasan Rumahmu