Meskipun menyimpan foto kini lebih mudah dengan mengunggahnya di media sosial atau platform digital lainnya, memajangnya dalam sebuah bingkai foto memberikan kesan yang lebih istimewa. Juga, foto-foto itu dapat menjadi pajangan yang menghiasi sudut ruangann atau dinding yang polos, bukan?

Namun nggak memungkiri, bingkai foto cukup mahal untuk dibeli saat ini. Tapi, ini memberikan kesempatan untukmu membuat bingkai yang lebih personal, istimewa, dan buatan tanganmu sendiri! Mulai dari kerajinan sederhana, coba membuat bingkai foto dari kertas origami, yuk! melansir dari Wikihow, ini langkah-langkahnya:

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Kamu bisa menggunakan kertas origami polos atau bermotif, atau menggunakan kertas biasa dengan ukuran persegi. Hasil jadi bingkai nanti akan muat untuk foto yang berukuran 2,5 cm lebih kecil dari bingkai. Karena itu, coba ukur fotomu terlebih dahulu.

Jika fotomu berukuran 7.6 cm, kamu membutuhkan bingkai ukuran 10 cm. Artinya, kertas yang kamu butuhkan harus berukuran 20 cm persegi. Selain itu jika fotomu belum berbentuk persegi, potong hingga sesuai dengan bingkaimu.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Kamu perlu menandai bagian tengah kertas. Dapat menggunakan penggaris, atau dengan melipatnya secara diagonal sehingga memunculkan titik persilangan kedua garis di tengah.

Ketika menandai kertas, pastikan itu adalah bagian depan. Maka ketika kertas memiliki dua warna yang sama di kedua sisi, tentukan bagian depan dan belakangnya.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Balikkan kertas sehingga bagian belakang menghadap ke arahmu. Lipat bagian atas, bawah, dan kedua sisi kertas sepanjang 2.5 cm ke arah dalam. Rapikan dan pertegas lipatan dengan jemarimu. Dengan menyelesaikan langkah ini, perlahan kertasmu mulai terlihat sebagai sebuah bingkai.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Balikkan kertas sehingga bagian depan menghadapmu. Kemudian, menggunakan tanda titik tengah yang sebelumnya telah kamu tentukan, lipat tiga sudut kertas ke arah tengah. Rapikan dan pertegas lipatan dengan jemarimu

Biarkan satu sudut persegi nggak terlipat. Bagian tersebut dapat digunakan sebagai penyangga atau untuk menggantung bingkai origami.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Angkat bagian lipatan tersebut, aplikasikan lem pada bagian tengah kertas, kemudian tekan kembali lipatan sehingga tertempel secara sempurna.

Untuk langkah ini, kamu bisa menggunakan perekat tipe apapun, lem, lem stik, maupun double tape. Jika menggunakan lem, tunggu sampai kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Pastikan foto yang akan kamu masukkan ke dalam bingkai, lebih kecil 2.5 cm dari ukuran bingkai, Bela. Selipkan foto, mulai dari bagian ujung, secara perlahan. Setelah menaruhnya, terlihat kalau bingkai hampir sepenuhnya selesai.

Bagaimana menentukan bagian atas dan bawah bingkai? Semua tergantung dengan cara mu menempatkan bingkai kertas tersebut. Jika ingin menggantungnya, maka foto bagian atas harus berada di sisi kertas yang nggak terlipat. Jika ingin mendirikannya di meja, bagian atas foto harus berlawanan dengan sudut kertas yang belum terlipat.

7 Cara Bikin Bingkai Foto Lucu dari Kertas Origami, Mudah, Kok!

Kini, tentukan caramu untuk menempatkan bingkai buatanmu tersebut. Jika ingin memajangnya di atas meja, gunakan sudut kertas yang nggak terlipat sebagai penyangga. Lipat ke arah tengah kertas, pertegas garis lipatan dengan jari, kemudian buka lipatan sekitar 45-90 derajat sehingga itu berfungsi sebagai penyangga. Bingkaimu dapat berdiri dengan sempurna.

Jika ingin menggantungnya di dinding, biarkan sudut kertas tersebut seperti apa adanya. Namun, gunakan paku atau pin pada bagian tersebut untuk menempelkannya ke dinding. Dengan begitu, bingkai foto terlihat menyerupai sebuah rumah yang lucu!

Mudah, bukan? Masih ada banyak cara lainnya untuk membuat bingkai foto dari kertas yang bisa kamu coba. Selain menghemat pengeluaran, kamu membuat fotomu terlihat lebih istimewa, juga membuat hiasan yang lucu untuk dipajang atau digantungkan di dinding rumah. Kamu bisa menjadikan bingkai kertas ini sebagai hadiah, loh! Atau, mengajak pasangan turut membuatnya bersama. Bisa jadi ide kencan di rumah yang sederhana namun romantis.

Baca Juga: Trik Mengambil Foto yang Instagramable saat Travelling