Bullying di sekolah dan di kuliah bukan hal baru yang ditemui di masyarakat masa kini. Sudah banyak yang menjadi korbannya, termasuk para artis ternama, seperti Taylor Swift dan Miley Cyrus. Dalam wawancaranya dengan Teen, mereka berbagi sedikit masa lalu mereka yang dipenuhi kekerasan bullying dan cara mereka bangkit dari keterpurukan itu. Simak baik-baik, yuk, Bela.

Taylor Swift

Pemimpin #squadgoals ini pernah dijauhi oleh geng-nya sendiri saat SMP karena dianggap kurang cantik dan menyukai lagu country. Namun setelah menjadi penyanyi sukses, mereka justru datang ke konsernya dan menjadi fans! “Kejadian itu menyadarkanku bahwa mereka nggak ingat pernah berbuat buruk padaku dan aku pun harus melupakan masa lalu itu,” ujar Taylor. Keren!

Miley Cyrus

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.billboard.com

Dalam memorinya pada tahun 2009 silam, Miley pernah dikunci di kamar mandi sekolah oleh segerombolan anak perempuan. Mereka pun sampai memancing perkelahian dengan mengejek kepopuleran sang Ayah dengan berkata. “Ayahmu tidak akan bertahan lama. Kamu tidak akan pernah menjadi apapun, seperti dirinya.” Kini, Miley telah membuktikan kalau kata mereka itu salah, ya?

Shailene Woodley

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.bustle.com

Dalam wawancaranya dengan Seventeen, pemain film The Fault In Our Stars ini mengaku pernah disebut ‘gadis anoreksia’ oleh para seniornya karena bentuk tubuhnya. “Mengatakan ‘kamu sangat kurus’ sama menyakitkannya seperti dipanggil gemuk. Kita semua berbeda,” tuturnya. Untuk melawan bullying, ia berpesan, ”Semua butuh kekuatan dalam diri sendiri untuk mengatakan dan mengungkapkan itu.”

Chloe Grace Moretz

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
outloudculture.com

Chloe nggak mengalami bully secara langsung, namun ia melihat perlakuan itu pada dua kakak laki-lakinya yang berstatus gay. Ia mengaku membantu melawan para pelaku jika sampai mem-bully kedua kakaknya, “Aku akan menghapus kontakmu, dan kamu nggak akan pernah menjadi bagian dari hidupku jika mengolok kakakku.”Jadi pengin punya saudara seperti Chloe!

Shay Mitchell

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
pinterest.com

“Mereka yang dulu menjadi temanku, mem-bully diriku. Daripada di cafeteria, aku selalu makan sendirian di tempat terkucil di sekolah,” ujar bintang Pretty Little Liars ini. Anak-anak sekolah saat itu juga mengejek warna kulitnya. Namun, ia berhasil membalas perlakuan itu dengan sikap baik, “Aku coba kembali makan di cafeteria dan saat mereka melewatiku, aku cukup membalasnya dengan tersenyum.”

Demi Lovato

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.glamour.com

Pengalaman bully Demi cukup membuatnya merasa lemah dan ingin menyerah pada tahun 2010, mulai dari dibentuknya hate petition untuk dirinya, cd bashing, sampai meneriaki dirinya dari seberang rumahnya. Tapi kini, Demi sudah terlihat baik dan sukses! Ia berhasil menunjukkan pada dunia pentingnya untuk bertahan kuat melawan bullying.

Debby Ryan

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
people.com

Sebelum menjadi artis, Debby hanya seorang anak sekolah yang selalu di-bully. Namun ia berhasil mengendalikan situasi dengan nasihat mamanya, yaitu nggak menunjukkan sisi lemahnya. “Bullying bisa membuatku gagal, tapi itu nggak bisa mengendalikanku saat jatuh dan bangkit kembali,” tuturnya.

Rihanna

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.billboard.com

Siapa sangka, Riri juga pernah di-bully saat sekolah? Namun saat itu, ia nggak mengerti pada bagian mana ia mendapat olokan, yang ternyata adalah bagian dadanya. Hebatnya, ia berbesar hati melewati kejadian itu. “Aku bukan korban, aku bersyukur. Aku rasa Tuhan merencanakan semua masa lalu itu sebagai persiapanku untuk masuk ke industri musik,” ceritanya.

Megan Fox

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.lifeandstylemag.com

Dalam interview dengan E! News, Megan berkata, “Pengalamanku di-bully sangat berat, kamu merasa kuliah berjalan sangat lama. Itu adalah empat tahun dalam hidup dan kamu harus mengingat orang yang mem-bully punya masalah mereka sendiri.” Beruntungnya, perkuliahan itu sudah selesai, kan, Megan?

Jessica Alba

Cerita Sukses 10 Artis yang Berhasil Melawan Bullying
www.hawtcelebs.com

Tinggal di Los Angeles bukan hal yang mudah bagi Jessica kecil, namun ia mendapat pertolongan dari orangtuanya. “Aku di-bully habis-habisan, ayahku sampai harus mengantarku ke sekolah agar aku nggak diserang,” ujarnya, “Aku sampai harus makan di ruang perawat jadi aku nggak duduk dengan yang lain.”

Kasus bully yang cukup menyeramkan untuk dialami ya? Namun kini, para artis di atas sudah berhasil melalui pengalaman buruk bullying itu dan sukses menjalani hidup mereka. Cerita mereka dapat jadi inspirasi untuk Bela yang bergulat dengan pengalaman bully. Kamu nggak sendiri, dan kamu pasti bisa menghadapinya!

 

BACA JUGA: 11 Sikap Profesional yang Harus Kamu Tunjukkan di Umur 20-an