Kuliah tinggi-tinggi dan nilai yang sempurna tak menjamin kesuksesan hidupmu setelah kuliah. Struktur, kenyamanan, dan langkah yang biasanya sudah ditetapkan zaman kuliah kini hilang dan kamu harus terjun bebas dengan mata tertutup di dunia kerja. Banyak sekali tantangan yang harus kamu hadapi seperti mencari kerja, hidup mandiri, dan tekanan dari keluarga untuk segera menentukan jalan hidupmu. Wajar saja kalau kamu merasa stres menghadapi dunia nyata setelah lulus. Padahal, kamu kira dengan lulus dari perguruan tinggi kamu bisa terlepas dari beban yang berat selama kuliah. Hmm, beban waktu kuliah itu ternyata belum ada apa-apanya dibandingkan beban yang kamu temui setelah melepaskan status pelajarmu di KTP. Lalu apa yang harus dan bisa kamu lakukan supaya lebih mudah mencari jalanmu dan lebih bahagia setelah lulus? Berikut Popbela punya lima tips yang bisa kamu ikuti. Disimak, ya! 

1. Cari passion-mu

Sudah Lulus Kuliah? Yuk, Cari Tahu Langkah Selanjutnya di Sini
cinema.theiapolis.com

Awal 20an adalah usia yang tepat untuk mencari passion-mu. Mungkin saja passion-mu berbeda dengan jurusanmu saat kuliah, tapi kamu tak perlu bingung dan menyesali pilihanmu. Banyak sekali kok, orang yang berhasil sukses bekerja di bidang yang tak sesuai dengan background-nya di perguruan tinggi. Ingat juga bahwa kamu tak harus langsung menemukan satu bidang yang cocok untukmu. Biasanya kamu harus mencoba berbagai bidang dan pekerjaan dulu sampai kamu tahu mana yang paling pas dan kamu nikmati. 

2. Bangun jaringan

Sudah Lulus Kuliah? Yuk, Cari Tahu Langkah Selanjutnya di Siniaceshowbiz.com

Bela, kamu tak lagi dikelilingi oleh teman-teman kuliah yang selalu ada untuk mendukungmu. Inilah saatnya kamu memperkaya koneksi dan membangun jaringan yang luas dengan orang-orang baru. Jangan takut untuk datang ke berbagai acara dan berkenalan dengan orang dari berbagai macam latar belakang dan pekerjaan. Karena sebagai lulusan baru kamu belum punya segudang pengalaman yang signifikan, modalmu adalah koneksi yang kuat. 

3. Rendah hati

Sudah Lulus Kuliah? Yuk, Cari Tahu Langkah Selanjutnya di Siniimdb.com

Kamu memang harus percaya diri dan optimis, Bela. Tapi kamu tetap harus rendah hati saat mencari kerja. Jangan terlalu tinggi dalam menetapkan standar pekerjaan karena nanti kamu akan repot sendiri kalau tak kunjung dapat yang sesuai dengan harapanmu. Tujuanmu sebagai fresh graduate bukan langsung menemukan pekerjaan impian untuk kamu pertahankan seumur hidupmu, tapi untuk mencari pekerjaan yang bisa menjadi batu loncatan dan sumber ilmu serta pengalaman bagimu. 

4. Ambil risiko

Sudah Lulus Kuliah? Yuk, Cari Tahu Langkah Selanjutnya di Sini
imdb.com

Saat ini tanggung jawabmu masih relatif sedikit, jadi jangan takut untuk mengambil risiko. Hanya dengan mengambil risiko lah kamu bisa belajar dan tumbuh menjadi lebih dewasa. Coba untuk bekerja di luar kota atau menerima posisi yang menantang. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

5. Bersikap ramah

Sudah Lulus Kuliah? Yuk, Cari Tahu Langkah Selanjutnya di Sini
dogomovies.com

Untuk para lulusan baru, bersikap ramah merupakan kewajiban utama. Tapi jangan hanya melakukan ini untuk mencari muka saja. Kenali rekan-rekan kerjamu lebih dalam, jangan sombong pada orang baru yang kamu temui. Biasanya pada usia 20an kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang di dunia kerjamu daripada dengan keluarga dan sahabat-sahabat. Jadi, kamu harus bisa bersikap profesional, ramah, dan menghindari drama-drama yang tak penting dalam hidupmu. 

Dengan melakukan lima hal di atas, kamu bisa lebih santai dalam menapaki jalanmu yang masih panjang itu. Tenang saja Bela, kamu tak sendirian kok dalam menghadapi tantangan-tantangan sehabis lulus. Tetap semangat, ya!

 

BACA JUGA: 5 Alasan Orang yang Terlihat Biasa Saja Cenderung Lebih Sukses