Kamu lagi banyak kerjaan atau masalah di kantor? Tugas kuliah kamu menumpuk? Kamu dapat panggilan wawancara kerja? Jangan khawatir, mintalah orang-orang terdekatmu untuk membanjirimu dengan sebanyak mungkin pujian yang bisa mereka berikan padamu.

Banyak Dapat Pujian? Selamat Semakin Kamu Dekat dengan Kesuksesan
fanpop.com

Harvard Business School mengadakan eksperimen dengan 75 orang yang diminta untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Sebelum menyelesaikan permasalahan tersebut, setengah dari peserta eksperimen menerima catatan pujian dari orang-orang terdekat mereka tentang terakhir kalinya mereka sukses dalam mengerjakan atau menyelesaikan suatu hal. Setengah peserta lainnya tak menerima apa-apa. Hasil dari eksperimen tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 51% dari mereka yang menerima catatan pujian berhasil menyelesaikan permasalahan yang diberikan sementara hanya 19% orang yang tidak diberikan catatan pujian yang berhasil menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Banyak Dapat Pujian? Selamat Semakin Kamu Dekat dengan Kesuksesan
fanpop.com

Berdasarkan eksperimen tersebut, metode memberikan pujian dan mengingatkan seseorang tentang keberhasilan yang pernah ia capai sebelumnya terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja orang tersebut. Ketika kamu diingatkan oleh orang tua, sahabat, atau pasangan tentang keberhasilanmu sebelumnya, kamu akan semakin termotivasi dan percaya bahwa kamu mampu mencapai keberhasilan yang sama sekali lagi.

Banyak Dapat Pujian? Selamat Semakin Kamu Dekat dengan Kesuksesan
fanpop.com

Jadi kalau kamu lagi pusing soal masalah di kantor atau kampus, jangan stres dulu. Segera hubungi orang-orang terdekatmu. Tapi hati-hati ya, bedakan mana pujian yang benar-benar tulus dan mana pujian yang dibuat-buat.

 

BACA JUGA: Beginilah Citra Kekasih Laudya Cynthia Bella di Mata Pegawainya