Kamu tahu kan beratnya melalui hari-hari di mana kamu ingin mengurung diri saja di kamar? Rasanya mau bertemu orang lain sudah tidak minat, apalagi harus berinteraksi dan tersenyum. PR banget, deh! Tapi hari-hari seperti ini akan terus muncul dalam hidupmu dan jika kamu tak belajar mengendalikan suasana hatimu, kamu akan terus dikendalikan oleh mood-mu yang jelek. Tak mau hal itu terjadi, kan? Yuk, ingat baik-baik 10 trik di bawah ini setiap kali kamu mengalami hari yang buruk. 

 

1. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Yang satu ini akan membuatmu fokus pada hal-hal yang menyenangkan seperti bertualang, bertemu orang-orang baru, belanja, foto-foto dengan latar yang bikin orang lain sirik, dan menikmati makanan enak dari belahan dunia lain!

 

2. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Para peneliti di University of California, Riverside membuktikkan bahwa melakukan hal baik untuk orang lain akan secara alamiah membuatmu merasa lebih baik. Tak perlu yang repot-repot, kamu bisa kok melakukan yang sederhana seperti menahan pintu untuk seseorang atau memuji penampilan teman kerjamu. 

 

3. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Langsung chat gengmu dan katakan bahwa kamu butuh hang out darurat! Menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabatmu tentu akan langsung membuatmu lebih baik, entah karena kamu sudah mencurahkan isi hatimu atau karena mereka berhasil membuatmu tertawa, seperti biasanya. 

 

4. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Buka YouTube, Instagram, atau Vine dan carilah hiburan konyol yang bisa membuatmu terkikik geli meski hanya lima menit. Kalau punya waktu luang, kamu bisa juga menonton film komedi supaya hatimu terasa lebih ringan. Jadi jangan hanya cemberut ya, Bela. 

 

5. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Es krim, junk food, mi instan, es kopi, bakso, siomay, apa pun deh pokoknya! Eits, jangan lupa dibagi dengan teman-temanmu juga, ya. Masih ingat kan kalau berbuat baik bagi orang lain akan membuatmu merasa lebih baik? 

 

6. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Saat kamu mengalami hari yang buruk, mudah saja untuk berpikiran bahwa langit seakan runtuh menimpamu. Tapi coba ingat-ingat lagi, ini tentu bukan pertama kalinya harimu berubah jadi kacau balau. Namun, kamu toh selalu berhasil melaluinya juga. 

 

7. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Kadang kalau sudah terlalu banyak pikiran dan kejadian tak diinginkan, kamu hanya perlu beristirahat. Tidurlah lebih cepat supaya kamu tak menghabiskan waktu semalaman penuh overthinking tentang masalah yang belum bisa kamu selesaikan detik ini juga. Kamu pun akan bangun dengan lebih segar keesokan harinya karena tidurmu cukup. 

 

8. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Tak ada salahnya browsing berbagai koleksi baru yang bisa menambah jumlah populasi lemari bajumu. Namun ingatlah Bela, beli yang perlu dan pasti dipakai saja, ya! Dan jangan lakukan ini sering-sering, tapi hanya saat kamu benar-benar lagi stres. 

 

9. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Membuka media sosial dan melihat kehidupan orang lain yang sedang ada jauh di atasmu akan membuatmu semakin menyesali keadaanmu sendiri. Jadi tutup dulu segala aplikasi media sosial di hpmu dan berinteraksilah dengan orang-orang di sekitarmu. 

 

10. Jangan Biarkan Mood yang Jelek Merusak Harimu! 10 Cara Ini Dijamin Bisa Mengembalikan Senyum Manismu

Menggerakan tubuh akan melepas berbagai hormon yang bisa membuatmu lebih bahagia. Selain itu, tubuh terasa lebih segar dan ada rasa bangga karena kamu telah menyelesaikan salah satu tantangan fisik. Pilih yang benar-benar kamu suka, ya. 

 

Tak perlu memaksakan diri dan melakukan semua hal di atas sekaligus ya, Bela! Setiap orang punya mekanismenya sendiri-sendiri dalam menghadapi hari yang kacau balau. Jadi cobalah dulu trik-trik tadi dan cari yang paling sesuai denganmu. Semoga senyum indahmu kembali tersungging di wajah!