Pernah nggak kamu bertanya-tanya, apa sih yang dilakukan orang-orang sukses setiap paginya? Apa yang mereka lakukan dan nggak kamu lakukan yang bisa bikin mereka berada di posisi mereka saat ini? Nah, buat kamu yang mau meniru kesuksesan sembilan orang-orang ini, silakan contek ritual pagi mereka sebelum memulai bekerja.

1. Barack Obama, Mantan Presiden USA

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!gahfla254.com

Menjaga kebugaran badan dan menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dua hal yang wajib dilakukan Barack Obama setiap harinya. Saat menjabat sebagai Presiden AS, Obama selalu bangun pagi dan berolahraga pada pukul 6.45. Setelah itu ia membaca beberapa koran sebelum menyantap sarapan bersama keluarganya. Biasanya Obama mulai bekerja pukul 9 pagi. Kadang ia bekerja sampai pukul 10 malam, tapi ia selalu menyempatkan diri untuk makan malam bersama keluarganya.

2. David Karp, Founder, Tumblr

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!bijansabet.com

Pada usia 25 tahun, David Karp adalah founder sekaligus CEO Tumblr, sebuah layanan microblogging dengan pengguna lebih dari 27 juta orang. Sesibuk apa pun jadwalnya, ia tak pernah membuka e-mail-nya sampai ia tiba di kantor pada pukul 9.30 pagi. “Membaca e-mail di rumah tak pernah membuatku merasa lebih produktif. Kalau ada yang mendesak, pasti akan ada yang meneleponku,” beber David Karp, dikutip dari Inc. Magazine.

3. Steve Reinemund, mantan CEO Pepsi

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!business.wfu.edu

Steve Reinemund, yang sekarang bekerja sebagai dekan sekolah bisnis, selalu lari sejauh 6 kilometer setiap pukul 5 pagi. Setelah itu ia akan beribadah, membaca berita hari itu, dan menyantap sarapan bersama keluarganya.  

4. Michelle Gass, Direktur Starbucks

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!
bloomberg.com

Selama lebih dari 15 tahun, ratu kopi satu ini selalu bangun pagi pada pukul 4.30 untuk berolahraga lari. Menurutnya, ritual pagi ini telah membantunya mencapai kebahagiaan dan kesuksesan.

5. Steve Jobs, mendiang CEO Apple

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!businessinsider.com

Jobs menghabiskan paginya untuk mengevaluasi pekerjaan dan harapan-harapannya. Kata-kata ajaibnya setiap pagi adalah “Kalau hari ini adalah hari terakhirku, apakah aku mau melakukan apa yang akan aku lakukan hari ini?” dan kalau selama beberapa hari jawabannya adalah ‘Tidak’, ia akan mengubah cara kerjanya.

6. Anna Wintour, Editor in chief Vogue

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!businessinsider.com

Editor terkenal satu ini selalu bangun saat subuh tiap pagi untuk memacu adrenalinnya. Pukul 5.45 Anna Wintour akan bermain tenis selama satu jam kemudian bersiap-siap untuk berangkat kerja, termasuk mengatur rambut bob khasnya itu. Pukul 9 pagi dia sudah berada di kantornya di New York.

7. Margaret Thatcher, mantan Perdana Menteri Inggris  

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!huffingtonpost.com

Perdana Menteri perempuan pertama Inggris ini dikabarkan bisa bertahan hanya dengan tidur sebentar setiap malam. Jadi meskipun malam sebelumnya ia masih ada rapat sampai larut malam, paginya ia akan tetap bangun pada pukul 5 pagi seperti biasa untuk mendengarkan siaran radio BBC tentang pertanian, makanan, dan kehidupan di pedesaan.

8. Ron Friedman, penulis

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!vimeo.com/thebestplacetowork

Tiap pagi penulis The Best Place to Work ini bertanya pada dirinya sendiri, “Ketika aku meninggalkan kantor kemarin malam, apa yang telah berhasil kucapai?” Dengan pertanyaan ini, setiap hari ia akan termotivasi untuk merasakan keberhasilan dan pencapaian saat pulang dari kantor.

9. Jane Francisco, Editor in chief Chatelaine

9 Ritual Pagi Orang Sukses Ini Bisa Banget Kamu Contek!nbcnews.com

Jane Fransisco bangun pukul 6.30 setiap pagi untuk bekerja selama setengah jam dan ia akan memabangunkan anak laki-lakinya pukul 7 pagi. Dari pukul 7 sampai 7.30 Jane menghabiskan quality time dengan anaknya (bermalas-malasan dan cuddling di tempat tidur) sebelum membantunya bersiap-siap berangkat ke sekolah. Pukul 8.30 Jane sudah keluar pintu rumah untuk memulai harinya di kantor.

Dari sembilan orang sukses ini, kamu bisa melihat sendiri bahwa mereka sudah bangun dari pagi-pagi sekali untuk memulai aktivitas mereka. Seperti kata pepatah, kalau kamu bangun siang rezekimu keburu dipatok ayam. Jadi kalau kamu masih sering bangun siang dan selalu buru-buru berangkat ke kampus atau kantor, segera ubah ritual pagimu karena ternyata caramu memulai hari bisa berdampak bagi kesuksesanmu!

 

BACA JUGA: Jalan-Jalan Berdasarkan Minat, Coba Kesini Yuk