Meninggalnya orang yang kita kasihi tentu sangat menyakitka. Tak jarang pula membuat orang yang ditinggalkan merasa depresi sehingga tidak bersemangat menjalani hari-harinya. Namun, itu bukanlah hal yang baik jika dibiarkan terus menerus: life must go on.

Meski begitu, bangkit dari rasa sedih ditinggalkan orang tercinta tidaklah semudah itu. Oleh karena itu, kali ini penulis ingin berbagi tips agar dapat membantumu bangkit dari rasa sedih tersebut. Berikut ulasannya.

1. Berikan waktu

Untuk yang Sedang Berduka, 4 Hal Ini Akan Membantumu Segera Bangkit

Obat terbaik untuk hati yang sedih adalah ‘waktu’. Berikanlah waktu untuk hati kamu agar dapat menerima perginya orang yang kamu kasihi, keluarkanlah semua emosi sedih tersebut dan janganlah berpura-pura tegar.

Meski tidak ada batas waktu kapan seseorang yang berduka itu berakhir dari kesedihannya, setidaknya ada empat tahapan yang harus dilewati. Yaitu menolak kenyataan, menyesal, depresi, dan menerima kenyataan.

Untuk sampai ke tahap akhir ‘menerima kenyataan’ memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi percayalah bahwa kamu pasti bisa.

2. Dekatkan diri kepada Tuhan

Untuk yang Sedang Berduka, 4 Hal Ini Akan Membantumu Segera Bangkit

Ketika sedang berduka, ingatlah bahwa Tuhan akan selalu menemanimu di saat sedih. Dengan berdoa, hati kamu akan dikuatka. Sehingga bisa lebih cepat menerima kematian orang yang kamu kasihi. Mengajak keluarga ataupun teman untuk berdoa bersama juga sangat baik agar kekuatan doa tersebut bertambah.

Meminta bantuan pelayan tempat ibadah kamu untuk didoakan juga sangat disarankan. Mereka akan memandumu agar lebih kuat menghadapi berbagai rintangan hidup ini.

3. Pindahkan barang peninggalannya

Untuk yang Sedang Berduka, 4 Hal Ini Akan Membantumu Segera Bangkit

Bukan bermaksud jahat, tetapi dengan melihat barang-barang milik almarhum akan membuatmu mengingat kenangan bersamanya. Hal ini bisa membuatmu kembali merasa sedih dan tertekan.

Oleh karena itu, lebih baik pindahkan barang tersebut agar tidak terlihat, atau bisa juga disumbangkan agar lebih berguna untuk orang yang membutuhkan.

4. Curhatlah dengan seseorang

Untuk yang Sedang Berduka, 4 Hal Ini Akan Membantumu Segera Bangkit

Mengeluarkan kegundahan dalam hati sangatlah penting. Jadi ceritakanlah apa yang kamu rasakan ke keluarga atau teman dekat. Dengan melakukan hal ini, hati akan terasa lebih ringan dan kamu pun akan lebih siap menerima kematiannya.

Kemudian, bangunlah kembali perlahan komunikasi dengan orang di sekitarmu yang mungkin sempat terputus saat kamu sedang bersedih.

 

Disclaimer: Artikel ini telah terbit di laman IDNTimes.com dengan judul "Untuk yang Sedang Berduka, 4 Hal Ini Akan Membantumu Segera Bangkit"