Tahun 2021 menjadi tahunnya popularitas drama Korea semakin melambung. Hal ini turut diukur dari kesuksesan Squid Game secara global, yang diikuti oleh My Name, Hellbound dan The Silent Sea. Tidak sedikit juga jumlah drama yang dinanti-nantikan karena dilakoni bintang papan atas, serta digarap oleh sutradara pemenang penghargaan.

Memang banyak drama Korea yang menjadi sorotan tahun ini, namun tidak sedikit pula drama yang kurang menuai perhatian meskipun menyuguhkan alur cerita yang menarik. Apa saja ya, dramanya?

Berikut adalah 8 drama Korea 2021 yang jarang dibicarakan, namun sebenarnya patut ditonton.

1. Dali and Cocky Prince

https://www.youtube.com/embed/SHQJv0kCGG4

Dali and Cocky Prince mengangkat kisah seorang pria bernama Jin Mu Hak (Kim Min Jae) yang kaya raya, namun tidak terlalu pintar. Ia bertemu Kim Dal Li (Park Gyu Young), seorang direktur galeri seni yang telah kehilangan semua hartanya, setelah ayahnya meninggal dan perlu menjaga keberlangsungan galeri seninya. Maka, Mu Hak meminjamkan Dal Li sejumlah uang, namun akhirnya malah jatuh cinta padanya.

Drama ini layak ditonton bagi para penggemar drama komedi-romantis. Kisah cintanya akan membuat hati kalian luluh, setelah memahami ketulusan Mu Hak terhadap Dal Li. Mu Hak benar-benar terus terang menunjukkan kasih sayangnya pada Dal Li, tanpa berusaha menutupinya.

Para penonton juga akan disuguhkan berbagai kisah kehidupan yang bermakna. Terutama, pelajaran dari kehidupan Dal Li yang mulai jatuh ke titik terendahnya namun bisa bangkit kembali. Tak hanya kisahnya yang menyentuh hati, drama ini juga kerap menyuguhkan berbagai lokasi syuting yang menarik perhatian di Korea, salah satunya dua episode pertama yang lokasinya menyerupai kota Amsterdam, Belanda.

Haus Hiburan? Ini 8 Drama Korea Underrated 2021 yang Patut Ditontonidntimes

2. Navillera

https://www.youtube.com/embed/kyMxjKQE_Mg

Drama Navillera yang terinpsirasi dari webtoon ini mengangkat kisah pria berusia 70 tahun bernama Sim Deok Chool (Park In Hwan) yang baru pensiun sebagai pegawai kantor pos. Ketika berulang tahun ke-70, ia berusaha mengejar mimpi lamanya sebagai penari balet yang dulunya ditentang orang tuanya. Ia pun akhirnya menjadi pengajar balet, dan bertemu Lee Chae Rok (Song Kang), seorang pria yang hasrat menarinya menurun karena mengalami masalah.

Meskipun tak banyak menerima sotoran, namun drama ini sukses menarik perhatian karena kisahnya yang mengharukan. Sim Deok Chool dan Lee Chae Rok yang saling menjalin hubungan layaknya seperti seorang ayah dan anaknya yang berbeda generasi, ternyata juga saling bertumbuh dan membawa perubahan besar bagi kehidupan masing-masing ketika terikat dalam balet. 

Kisah yang mengharukan tak hanya disuguhkan melalui dua karakter utamanya, namun juga dari para pemain pendukung yang mengajarkan pelajaran hidup. Kita yang menonton pun terbawa emosi dan ikut menangis bersama, sehingga membuat kisah drama ini selalu melekat pada hati. 

Haus Hiburan? Ini 8 Drama Korea Underrated 2021 yang Patut Ditontonhttps://www.cupcakesharmony.com/

3. Reflection of You

https://www.youtube.com/embed/V2UpGlhIekU

Reflection of You berpusat pada Jung Hee Joo (Go Hyung Jung), wanita miskin yang menikah dengan pria kaya yang sangat mencintainya. Keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki dan perempuan. Keluarganya dari luar nampaknya bahagia. Namun, secara bertahap terungkap bahwa Hee Joo berselingkuh dengan tunangan salah satu teman dekatnya, yang diperankan Kim Jae Young.

Reflection of You sebenarnya cukup populer di Korea, namun tidak menerima sorotan secara global. Drama ini menyugukan kisah emosional mengenai sebuah hubungan rumit yang terjalin antar keluarga dan teman. Penonton akan dibuat menebak-nebak akhir kisahnya, dan juga motif dibalik masing-masing karakter yang mengambil sebuah keputusan. Alur ceritanya yang susah ditebak namun tetap membuat kita penasaran membuat drama ini patut masuk dalam watchlist! 

Haus Hiburan? Ini 8 Drama Korea Underrated 2021 yang Patut Ditontonhancinema.net

4. She Would Never Know

https://www.youtube.com/embed/YSRSFpxer54

She Would Never Know menceritakan kisah cinta antara dua pekerja kantoran yang bekerja untuk sebuah perusahaan kosmetik. Chae Hyun Seung (Rowoon) jatuh cinta dengan Yoon Song Ah (Won Jin Ah) pada padangan pertama, dan keduanya terlibat dalam kisah romansa yang penuh gairah.

Rowoon kita kenal dalam drama saeguk-nya yang berjudul The Kings Affection, dan perannya dalam drama romansa ini juga tak kalah menarik. Chemistry yang dibangun dengan lawan mainnya selalu menarik perhatian. Hubungan romansa yang perlahan-lahan dibangun dalam kisahnya, membuat kita yang ikut menontonnya pun terbawa perasaan.

6. Work Later, Drink Now

https://www.youtube.com/embed/-4xCX3xplZ4

Dilakoni Jung Eun Ji Apink, Han Sun Hwa, dan Lee Sun, drama Work Later, Drink Now berpusat pada kisah persahabatan antara tiga perempuan yang senang berkumpul bersama setelah pulang kerja. Meskipun ketiganya memiliki berbagai kesulitan hidup, namun mereka tetap bersandar dengan satu sama lain dan saling memberikan dukungan.

Ketiga sahabat ini memiliki pesona yang menular, sehingga kerap menunjukkan 'sister romance' yang kental. Drama ini membuat kalian yang menonton merasa ingin menjadi bagian dari mereka. Kisah masing-masing dari karakter yang berusaha berjuang dalam tempat kerja yang penuh tekanan, juga sangat menyentuh hati. 

7. Lovestruck in the City

https://www.youtube.com/embed/c_LSBRJB3wE

Lovestruck in the City merupakan drama romansa yang dikemas sebagai mokumenter. Kisahnya berpusat pada sekelompok anak muda (tiga pasangan perempuan dan laki-laki) yang mengejar kebahagiaan, sekaligus berjuang untuk bertahan di lingkungan perkotaan yang kompeitif. 

Sebagai mokumenter, Lovestruck in the City akan menampilkan setiap karakter, Park Jae Won (Ji Chang Wook) dan Lee Eun Oh / Yoon Sun Ah (Kim Ji Won), yang membagikan kisahnya langsung di depan kamera. Drama garapan sutradara Park Shin Woo ini menarik karena mengangkat sudut pandang dari keenam pemainnya, sehingga menyajikan pengalaman menonton yang berbeda dari biasanya yang hanya mengangkat sudut pandang orang ketiga. Emosi dari tiap karakter pun disajikan dengan sangat intense, sehingga penonton bisa turut merasakan keresahan dan sakit hati pemerannya.

8. Law School

https://www.youtube.com/embed/IR9cIGXbYLk

Law School mengangkat kisah sekumpulan mahasiswa dan para dosen di sekolah hukum ternama. Suatu hari, ada sebuah kasus pembunuhan yang melibatkan kematian seorang dosen yang misterius. Para mahasiswa sekolah hukum (Kim Bum, Ryu Hye Young, Lee Soo Kyung, dan lain-lain) tersebut yang menjadi saksi berusaha mengungkapkan kebenaran di balik kasus tersebut. 

Drama ini menarik untuk diikuti karena menyuguhkan kasus hukum, yang kerap membuat penonton menebak-nebak siapa pembunuhnya dan apa motif mereka. Praktik hukum dalam cerita dikemas secara menarik dan cerdas, tanpa embel-embel kisah percintaan. Sehingga. kita yang menontonnya seolah-olah ikut menjadi bagian dari seorang mahasiswa sekolah hukum. 

Meskipun pembahasan kasus hukum kesannya kompleks, namun alur cerita yang disuguhkan termasuk mudah dipahami bagi orang awam. Para penonton akan belajar melihat hukum Korea Selatan dari berbagai sudut pandang yang berbeda, agar mampu menilai makna hukum itu sendiri. Sehingga, Law School pun menjadi drama tahun 2021 yang meskipun tidak mendapat sorotan, namun sayang jika dilewatkan.

Haus Hiburan? Ini 8 Drama Korea Underrated 2021 yang Patut Ditontoninstagram.com

8. Let Me Be Your Knight

https://www.youtube.com/embed/smQbMhk6Iks

Drama ini dilakoni Lee Jun Young sebagai pempimpin grup K-pop populer bernama LUNA. Ia menderita beberapa penyakit mental, termasuk sebuah penyakit berjalan ketika tidur. Manajernya yang khawatir terhadapnya pun mempekerjakan dokter In Yoon Joo (Jung In Sun) untuk Lee Jun Young dan rekan-rekan idol-nya. Namun, anggota LUNA ternyata tidak memahami bahwa Yoon Joo sebenarnya bukanlah seorang dokter.

Bagi Bela yang gemar menonton drama komedi romantis yang ringan, mengundang haru, dan penuh kekaguman terhadap sosok idola, maka Let Me Be Your Knight patut ditonton! Kisah romansa antara idola populer dan psikiaternya digambarkan dengan sangat apik.

Kalian akan terkagum-kagum dengan penampilan Lee Jun Young dalam drama ini. Kemampuan aktingnya disebut melebihi ekspektasi para penonton, karena dibawakan dengan sangat natural. 

Itulah 8 drama Korea 2021 yang jarang dibicarakan, namun sebenarnya patut ditonton karena menyajikan alur cerita yang menarik. Dari sederetan drama di atas, mana yang ingin kamu tonton dahulu sebelum memasuki tahun baru, Bela?

Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal di Drama Korea yang Menimbulkan Banyak Kritik

Baca Juga: Lebih Lengkap Lagi, Ini 12 Drama Korea Unggulan tvN Tahun 2022

Baca Juga: 'Bad and Crazy' Jadi KDrama Tergila Lee Dong Wook & Wi Ha Joon