Sederetan drama Korea populer turut menemani kita sepanjang tahun 2021. Menjelang akhir tahun, belum lengkap rasanya jika tidak membahas drama Korea terburuk. 

Masa pandemi pun kerap meningkatkan kesulitan yang dialami para pembuat film dan drama. Menyoroti kesulitan ini, perusahaan media JoyNews24 mengadakan penelitian yang mengusung drama terburuk tahun 2021.  

Subjek penelitian ini mengangkat 200 pelaku industri hiburan yang terdiri dari content creators, reporter, penyiar, hingga karyawan perusahaan hiburan. Berbagai faktor yang harus mereka pertimbangkan ketika memilih adalah akting para karakternya, sinematografi, hingga penulisan alur cerita.

Penasaran kan, drama Korea apa saja yang masuk dalam kategori drama terburuk tahun 2021? Berikut adalah 6 drama Korea terburuk menurut 200 pelaku industri hiburan. 

6. Sisyphus: The Myth

https://www.youtube.com/embed/D5UD9Ll0gA8

Mengumpulkan 7 dari 200 suara, Sisyphus: The Myth resmi dinobatkan sebagai drama Korea terburuk versi 2021 peringkat ke-5. Sisyphus: The Myth mengangkat kisah seorang insinyur jenius, Tae-sul (Cho Seung-woo) yang berusaha mengungkapkan kebenaran di balik kematian kakaknya. 

Seorang wanita penjelajah waktu misterius berama Seo-hae (Park Shin-hye) pun ikut serta membantunya. Kerumitan alur cerita, masalah para pemeran yang belum terselesaikan, hingga penulisannya dikritik menjelang pertengahan episode.  

5. Young Lady and Gentleman

https://www.youtube.com/embed/3vOTb0lnQnU

Sama seperti drama sebelumnya, Young Lady and Gentleman juga menerima 7/200 suara sebagai drama Korea terburuk versi 2021. Drama tipikal makjang ini dikritik karena mengusung alur cerita yang berbasis karakter "Cinderella", yaitu pemeran utama wanita yang miskin namun memiliki soosk gagah diikuti dengan karakter seorang pria tua yang kaya raya. 

Karakter Ji Hyun-woo sebagai pemeran utama pria pun dikiritik sangat kaku. Ji Hyun-woo berperan sebagai Lee Young- guk, seorang duda kaya yang mengurus tiga anaknya.  Dia mempekerjakan seorang gadis muda yang berasal dari keluarga bermasalah, Lee Se-hee (Park Dan-dan) untuk mengurus ketiga anaknya. 

4. Love (ft. Marriage and Divorce)

https://www.youtube.com/embed/KZT255qNnXw

Telah menanyangkan 2 musim, drama ini mengangkat kisah kehidupan pernikahan 3 pasangan pasutri yang memburuk. Berbagai cobaan dalam kehidupan pernikahan, termasuk perselingkuhan pun harus mereka lalui. 

Love (ft. Marriage and Divorce) menuai kritik karena menyuguhkan alur cerita dan karakter yang mudah ditebak. Alur ceritanya secara eksplisit melukis wanita sebagai sosok yang lemah dalam kehidupan pernikahan.

Meskipun menuai berbagai kritikan, drama peringkat ke-4 terburuk yang menerima 10 dari 200 suara ini merupakan drama Korea dengan rating mencapai 16.58% (musim kedua). Sebagai drama Korea dengan peringkat ke-8 tertinggi di televisi kabel Korea, musim ketiganya akan segera dirilis tahun depan.

3. Lost

https://www.youtube.com/embed/LOvGDXaFd6M

Menerima 17 dari 200 suara, Lost berhasil menempati urutan ke-3 sebagai drama Korea terburuk tahun 2021. Dibintangi Jeon Do-yeon sebagai Bu-jeong, seorang penulis hantu berusia 40 tahun yang merasa tidak memiliki pencapaian apapun dalam hidupnya.

Suatu hari, Bu-jeong tidak sengaja bertemu Gang-jae (Ryu Jun-yeol), seorang pria yang mengakhiri masa mudanya karena dihantui ketakutan menjadi seseorang yang tak berguna.

Drama ini menuai kritikan karena alur ceritanya yang datar, dan membawakan kesan melankolis yang kuat dari awal hingga akhir. Sehingga, mereka yang menontonnya pun mengganggap drama ini tidak memiliki kemajuan. 

2. Penthouse

https://www.youtube.com/embed/yx1lF-GPVko

Drama terburuk ke-2 di tahun 2021 jatuh kepada Penthouse, yang menerima 43 dari 200 suara! Meskipun merupakan salah satu drama terburuk, namun Penthouse berhasil dirilis dalam 3 musim, dimana musim pertama dan keduanya disebut sebagai drama Korea yang paling banyak ditonton. 

Penthouse mengangkat kisah kalangan kelas atas warga Korea Selatan yang menempati gedung mewah. Sederetan kisah kematian pun mengantui keluarga mereka ketika rahasia kelahiran, perselingkuhan, dan rahasia lainnya pelan-pelan terungkap.

Drama ini dikritik karena alur ceritanya yang semakin ruwet menjelang akhir, seperti seolah-olah sutradaranya kehilangan inspirasi. Selain itu, berbagai karakternya yang mati kemudian dihidupkan kembali pun dianggap membawakan alur cerita yang repetitif.

1. Joseon Exorcist

https://www.youtube.com/embed/V7Uzs73c4v0

Dengan sisa 75 suara, maka Josen Exorcist pun berhasil meraih peringkat pertama sebagai drama Korea terburuk tahun 2021. Bahkan, drama tersebut sampai dibatalkan menjelang episode 10 karena menuai berbagai kritik terberat yang berhubungan dengan kesalahan sejarah. Salah satunya adalah, berbagai alat peraga yang digunakan ketika syuting Joseon Exorcist, disebut berasal dari budaya Tiongkok. 

Itulah 6 drama Korea terburuk tahun 2021 menurut penelitian yang dilaksanakan JoyNews24. Dari sederetan drama tersebut, apakah ada yang pernah kalian tonton?

Baca Juga: 5 Pemeran Keren 'Big Mouth', Drama Korea Terbaru dari Yoona 'SNSD'

Baca Juga: 14 Drama Korea Populer Ini Tunjukkan Sosok Lady Boss!

Baca Juga: Ada 'Hellbound', Ini 11 Drama Korea November 2021 yang Segera Tayang