Kelanjutan kisah drama Korea Our Beloved Summer semakin membuat para penonton penasaran. Karena ramai dibahas, maka Our Beloved Summer pun menjadi trending topic di Twitter. 

Tak hanya kisahnya yang menarik perhatian, Our Beloved Summer juga turut menghadirkan sederetan soundtrack yang melekat di hati. Soundtrack Our Beloved Summer dibawakan dengan nuansa yang begitu mendukung kisahnya, sehingga membuat para penontonnya terbawa suasana setiap kali mendengarnya. 

Berikut adalah daftar soundtrack yang telah dirilis Our Beloved Summer hingga saat ini. Wajib masuk playlist!

1. "Drawer" (서랍) - 10CM

https://www.youtube.com/embed/gNP-IqAn1wU

"Drawer" merupakan soundtrack Our Beloved Summer yang pertama kali dirilis setelah drama ini tayang perdana. Lagu ini dibawakan oleh 10CM, salah satu musisi yang dikenal sering mengisi kumpulan soundtrack drama Korea. Contohnya termasuk "My Eyes" untuk Goblin, "Lean on My Shoulders" sebagai soundtrack Hotel del Luna, "But It's Destiny" OST Crash Landing on You, dan masih banyak lagi.

Suasana musim panas yang ditekankan dalam lagu ini menjadi latar belakang utama Our Beloved Summer. Didukung dengan melodi musik yang manis dan menghangatkan hati, maka lagu ini pun akan selalu diingat para pendengarnya.

2. "Maybe If" (우리가 헤어져야 했던 이유) - BIBI

https://www.youtube.com/embed/Jv23ekocjT4

Lagu "Maybe If" dibawakan oleh solois muda BIBI sebagai soundtrack ke-2 dari Our Beloved Summer. Suara lembut BIBI yang mengiringi lagu ini, mendukung kisah utama dari Our Beloved Summer.

Lagu ini berjudul 우리가 헤어져야 했던 이유, yang terjemahannya adalah "Alasan Kita Harus Putus". Mengikuti judulnya, lagu ini seolah-olah mengungkapkan pertanyaan terpenting yang akan terjawab seiring berjalannya drama ini, yaitu mengenai perjalanan kisah cinta Kook Yeon Su dan Choi Woong.

3. "Squabble" (티격태격) - Ha Sung Woon

https://www.youtube.com/embed/ro5M5LZPk3k

Soundtack ke-3 Our Beloved Summer diisi oleh Ha Sung Woon eks Wanna One yang kini memulai kariernya sebagai penyanyi solo. "Squabble" dibawakan dengan melodi ceria yang menggambarkan betapa manisnya hubungan Kook Yeon Su dan Choi Woong.

Chemistry mereka yang kuat di dalam drama ini pun turut didukung dengan iringan lagu "Squabble".

4. "There For You" (이별후회) - Kim Na Young

https://www.youtube.com/embed/vnDc9iH5eB4

"There For You" merupakan salah satu lagu yang dibawakan penyanyi Kim Na Young. Ia dikenal sebagai penyanyi yang sering mengisi soundtrack drama Korea, salah satunya yang paling populer adalah "Once Again" untuk Descendant of The Sun. Kebanyakan lagu yang dibawakannya bernuansa mellow, sehingga mendukung adegan-adegan sendu yang dimainkan di dalam drama. 

Lagu "There For You" yang bernuansa mellow ini sebenarnya mengungkapkan perasaan  Kook Yeon Su yang sebenarnya. Meskipun ia dari luar nampak dingin dan tidak peduli, namun sebenarnya dirinya menyembunyikan perasaannya yang sesungguhnya. Ia juga merasa terluka ketika putus dari Choi Woong.

5. "Christmas Tree" - V BTS

https://www.youtube.com/embed/lj8TV9q59P4

Lagu "Christmas Tree" merupakan salah satu yang paling dinantikan para penggemar karena dibawakan oleh V BTS, yang juga merupakan salah satu sahabat Choi Woo Shik dan satu geng dalam Wooga Squad. 

Lagu yang ditulis oleh Kim Kyunghee ini memiliki melodi menenangkan hati, yang dibawakan dengan suara lembut khas V BTS. Sehingga, membuat lagu ini cocok didengar ketika kita sedang bersantai. 

6. "Home" - Janet Suhh

https://www.youtube.com/embed/UCNmmKDkbZM

Penyanyi Janet Suhh namanya makin melambung sejak membawakan soundtrack drama It's Okay to Not Be Okay pada tahun 2020 yang berjudul "In Silence". Lagu terbaru yang dibawakannya tahun ini adalah dua soundtrack dari Our Beloved Summer.

Lagu pertamanya berjudul "Home", yang juga bernuansa mellow, sama seperti lagu "There for You". Lagu ini juga menggambarkan campur aduknya perasaan Kook Yeon Su dan Choi Woong yang sebenarnya masih jatuh hati terhadap satu sama lain meskipun sudah lama berpisah. Perasaan ini timbul karena keduanya tidak mampu mengungkapkannya dengan jujur.

7. "Why" - Janet Suhh

https://www.youtube.com/embed/gxJy-Q8xUEE

Lagu "Why" merupakan soundtrack kedua yang dinyanyikan oleh Janet Suhh. Meskipun dinyanyikan oleh penyanyi yang sama dengan lagu "Home", namun lagu ini memiliki tempo yang berkebalikan dengannya. 

"Why" justru dibawakan dengan tempo yang lebih ceria, sehingga sering diputar cuplikannya dalam adegan-adegan manis di dalam drama bahkan sebelum versi penuhnya dirilis dalam platform-platform streaming lagu. Sehingga, ketika kita mendengarkan kembali lagu ini, kita akan mengingat kembali momen-momen romantis antara para pemeran utama.

8. "Goodbye Summer" - Kim Kyunghee

https://www.youtube.com/embed/LrqWickgZE0

Tak hanya menjadi penulis untuk lagu "Christmas Tree", Kim Kyunghee juga bertanggung jawab untuk lirik, komposer dan arranger untuk lagu pembuka drama Korea ini. Berjudul "Goodbye Summer", Kim sukses membius para pencinta Our Beloved Summer untuk tidak skip intro.

Itulah 8 soundtrack dari bagian awal drama Our Beloved Summer yang cocok masuk playlistmu, Bela. Seiring dengan berjalannya drama tersebut, maka kita juga nantinya akan disuguhkan dengan kumpulan soundtrack yang tak kalah menarik. Jangan lupa ikuti terus jadwal rilisnya, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejit

Baca Juga: 10 Fakta Kim Da mi, Pemeran Kook Yeon Su di ‘Our Beloved Summer'

Baca Juga: 10 Momen Manis Behind the Scene Drama Our Beloved Summer, Bikin Baper!