Drama Korea selalu dikenal menyuguhkan berbagai tema cerita yang bervariasi. Salah satunya mengenai women empowerment, yaitu kisah tokoh permepuan yang menginspirasi karena mereka pantang menyerah ketika menghadapi berbagai permasalahan hidup. 

Drama yang mengangkat tema women empowerment biasanya menyelipkan pesan bahwa sebagai seorang permepuan, kita tak perlu takut bermimpi setinggi-tingginya, berjuang, dan menjadi diri sendiri. Berikut adalah sederetan drama Korea populer pilihan Popbela yang mengangkat kisah tokoh perempuan yang menginspirasi bak lady boss!

1. Jewel in the Palace (2003-2004)

https://www.youtube.com/embed/FJeqOUN1R7U

Sebagai drama Korea saeguk yang diperankan Lee Young-ae dan Ji Jin-hee, Jewel in the Palace mengangkat kisah Jang Geum (Lee Young-ae), seorang dokter perempuan pertama di Korea. 

Jang Geum berasal dari kelas sosial menengah ke bawah dengan latar belakang keluarga yang tragis. Meskipun begitu, ia mampu melawan diskriminasi sosial dan gender yang dialami perempuan berlatar belakang seperti dirinya. Jang Geum membuktikan bahwa seorang perempuan mampu mencapai impian mereka, entah itu menjadi seorang koki ataupun dokter. 

2. Pinocchio (2014)

https://www.youtube.com/embed/U6VAU-PD3cg

Pinocchio merupakan drama populer tahun 2014 yang dibintangi Lee Jong-suk dan Park Shin-hye. Drama ini mengangkat kisah seorang perempuan yang kesulitan mencapai impiannya sebagai pembawa berita, karena menderita suatu penyakit yang membuat ia akan mulai cegukan ketika berbohong. 

Sosok Choi In-ha (Park Shin-hye) sebagai pembawa berita menggambarkan sebuah tekad dan motivasi seseorang yang berjuang menyampaikan kebenaran, meskipun dijatuhkan oleh pihak yang dirugikan. Ia bercita-cita menjadi sebaik pembawa berita terkenal lainnya.

3. She Was Pretty (2015)

https://www.youtube.com/embed/YXxxQRwumSQ

Drama rom-com populer She Was Pretty dibintangi oleh Hwang Jung-eum, Park Seo-joon, Goo Joon-hee, dan Siwon Super Junior. She Was Pretty menceritakan seorang perempuan, Kim Hye-jin, yang kesulitan mencari pekerjaan karena penampilan fisiknya yang tidak mendukung. Ketika ia diterima kerja di salah satu perusahaan majalah, ia pun dipertemukan kembali dengan cinta pertamanya.

Meskipun drama rom-com ini memiliki alur cerita yang ringan, namun kisahnya menyelipkan pesan mendalam. Terlepas dari ucapan orang lain terutama yang berkaitan dengan penampilan fisik sesoerang, kita sebagai seorang perempuan tetap harus percaya pada kemampuan kita dan mencintai diri sendiri. 

4. Age of Youth (2016)

https://www.youtube.com/embed/oyXt_gTyGSk

Age of Youth merupakan drama yang mengangkat kisah kehidupan lima mahasiswi yang tinggal bersama di asrama Belle Epoque. Mereka menghabiskan masa-masa perkuliahan bersama, disamping menyelesaikan permasalahan pribadi yang dialami. 

Masalah yang dihadapi pun beragam, mulai dari permasalahan sehari-hari hingga masalah besar seperti menghadapi situasi penyanderaan. Permasalahan yang dihadapi pun bukan merupakan suatu hambatan, karena adanya sahabat yang saling membantu satu sama lain. 

5. Descendants of the Sun (2016)

https://www.youtube.com/embed/wkHjOTFv60g

Drama Descendants of The Sun yang popularitasnya mendunia ini mengisahkan karakter seorang wanita yang diperankan Song Hye-kyo, yaitu seorang dokter militer yang melayani di zona perang. 

Sebagai seorang dokter, karakternya tidak hanya unggul dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan medis, namun ia juga memiliki kepribadian yang berani ambil risiko dan kuat menghadapi tantangan. Ia tetap bersikap tenang meskipun menghadapi kekacauan dan permasalahan darurat di zona perang fiktif yang berlokasi di Uruk. 

6. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

https://www.youtube.com/embed/6t5dLenA85Y

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo merupakan drama ringan yang mengangkat masa-masa perkuliahan Kim Bok Joo di Universitas Olahraga Haneol, tempat ia mengambil jurusan angkat besi. Drama ini membawakan kisah yang melanggar stereotip sosial dan gender yang pada umumnya berhubungan dengan perempuan, terutama para atlet angkat besi atau atlet perempuan. 

Menjadi seorang atlet perempuan angkat besi, memberikan kesempatan bagi Bok Joo untuk mencari jati dirinya. Sebagai seorang atlet, Bok Joo juga disuguhkan berbagai permasalahan umum yang kerap dialami seorang atlet disamping harus meningkatkan kesehatan fisiknya. Namun, permasalahan ini yang menguatkan Bok Joo sebagai seorang perempuan di sepanjang cerita. 

7. Suspicious Partner (2017)

https://www.youtube.com/embed/4HCRa8PPKGw

Suspicious Partner membawakan pemeran utama perempuan yang awalnya dituduh melakukan suatu pembunuhan. Pengalaman traumatis di dalam ruangan sidang dan di penjara pun menginspirasinya menjadi seorang pengacara yang sukses.

Meskipun ia merupakan pengacara baru, ia tetap profesional dan sangat rajin bekerja. Karakternya yang giat bekerja membuatnya lebih menonjol di antara pengacara yang baru menerjuni dunia hukum. 

8. What’s Wrong With Secretary Kim? (2018)

https://www.youtube.com/embed/tP7qkm6rj4o

Pemeran utama dalam What's Wrong With Secretary Kim?, Kim Mi-so (Park Min-young) merupakan sekretaris pribadi dari seorang wakil ketua pemilik perusahaan. Sekretaris pada umumnya merupakan posisi yang diberikan kepada perempuan karena deskripsi pekerjaannya yang memerlukan ketelitan dan apik. Meskipun begitu, drama ini menggambarkan betapa pentingnya kontribusi Sekretaris Kim bagi atasannya. 

Ia ternyata merupakan seorang pekerja keras yang andal melakukan pekerjaan apa pun. Sosok Kim Mi-so sebagai sekretaris yang serba bisa menyelipkan sebuah pesan bahwa kita tidak boleh memandang rendah pekerjaan yang dilakukan para perempuan. 

9. Search: WWW (2019)

https://www.youtube.com/embed/XJZt7xlprgM

Search: WWW mengangkat kisah tiga perempuan pekerja keras level leader, yang bersaing di dua perusahaan web portal ternama. Mereka merupakan Bae Ta-mi (Im Soo-jung), Scarlett (Lee Da-hee) dan Song Ga-kyung (Jeon Hye-jin). 

Dengan penulisan yang matang, dialog yang kaya serta alur cerita yang sangat menonjolkan women empowerment, drama ini tergolong kurang mendapat perhatian, padahal mendapat rating 7.9/10 di IMDb.

Pesan di balik drama ini yang ingin disampaikan adalah seorang perempuan juga bisa meraih kesuksesan jika mereka tidak didiskriminasi di tempat kerja. Selain itu, drama ini juga menekankan bahwa perempuan memiliki kebebasan untuk berpendapat terkait keputusan pernikahan.

10. When the Camellia Blooms (2019)

https://www.youtube.com/embed/prl2MXJQSKo

When the Camellia Blooms mengisahkan ibu tunggal bernama Dong Baek, yang menghadapi berbagai stigma dan ancaman dari pembunuhan berantai. Meskipun menghadapi berbagai masalah, Dong Baek merupakan perempuan yang pantang menyerah. 

Drama yang mengemas tema dan isu sosial dalam ceritanya yang menarik ini sukses menyabet Daesang di Baeksang Arts Awards 2020. Salah satu isu sosialnya membahas stigma yang berhubungan dengan ibu tunggal, serta hubungan yang harus dibangun para perempuan agar bisa mencintai dirinya sendiri.

11. VIP (2019)

https://www.youtube.com/embed/8J4V6CpV03k

VIP bercerita tentang Na Jung-soon (Jang Na-ra) dan Park Sung-joon (Lee Sang-yoon), pasutri yang bergabung dalam tim VIP di sebuah pusat perbelanjaan mewah. Kehidupan rumah tangga mereka pun terganggu ketika Park Sung-joon ketahuan berselingkuh. 

Meskipun mengangkat tema perselingkuhan, terselip permasalahan realistis yang kerap dialami para tokoh perempuan di dalam drama ini. Di antaranya adalah, kesulitan yang dihadapi seorang ibu yang mengejar kariernya, diskriminasi gender di tempat kerja, serta stigma yang dialami para korban pelecehan seksual.

12. Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019)

https://www.youtube.com/embed/GqaGhUJ9Vgs

Rookie Historian Goo Hae-ryung merupakan drama yang berlatar di era dinasti Joseon. Pemeran utama, Goo Hae-ryung, merupakan salah satu sejarawan kerajaan perempuan pertama di Korea (yang saat itu masih bernama Joseon). Ia merupakan seorang perempuan yang gigih dan optimis dalam mencapai mimpinya. 

Ketika berita pendaftaran sebagai sejarawan kerajaan perempuan mulai menyebar, ia bertekad untuk mendaftar meskipun tidak didukung masyarakat setempat. Masyarakat meragukan sosok perempuan yang bergabung menjadi pejabat pemerintahan. Meskipun diragukan, Hae-ryung tetap melakukan pekerjaannya dengan benar, jujur, serta berintegritas.  

13. Hospital Playlist (2020)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

Drama Hospital Playlist yang berhasil meraih rating tinggi ini mengisahkan keseharian lima dokter spesialis yang telah bersahabat sejak berkuliah bersama pada tahun 1999. Mereka akhirnya berkumpul kembali dan bekerja di rumah sakit yang sama, Yulje Medical Center.

Kisah dari setiap episode Hospital Playlist selalu membawakan pesan moral yang menginspirasi. Salah satunya, berhubungan dengan para perempuan tangguh yang berhasil mencapai mimpinya. Baik mereka yang merupakan tenaga kesehatan di rumah sakit, tentara, hingga seorang ibu rumah tangga.

14. Crash Landing on You (2020)

https://www.youtube.com/embed/eXMjTXL2Vks

Pemeran utama perempuan dalam Crash Landing on You (2020) adalah Yoon Se-ri (Son Ye-jin), CEO perusahaan Seri's Choice yang memproduksi hingga menjual berbagai produk, mulai dari kosmetik hingga pakaian parasut. Selain bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, Se-ri juga memastikan kualitas produknya sendiri sebelum mulai dipasarkan.

Ini ditunjukkan dalam episode pertama ketika Se-ri menguji coba prototype pakaian parasutnya sebelum dipasarkan. Cuacanya yang tidak mendukung saat itu pun tidak sengaja membawa Se-ri mendarat di Korea Utara. 

Sosok Yoon Se-ri yang merupakan perempuan lajang berusia di atas 30 tahun, menunjukkan bahwa kebahagiaan para perempuan tidak didasari oleh pernikahan semata-mata. Bahkan tanpa dukungan dari keluarganya, ia pun mampu mendirikan perusahaannya sendiri dan unggul di bidangnya. 

Itulah 14 Drama Korea populer dengan tokohpermepuan yang menginspirasi para penonton, Bela. Kisah dari setiap drama di atas membuktikan bahwa seorang perempuan bebas berpendapat dan bermimpi, dan yang terpenting, mereka mencintai dirinya sendiri meskipun memiliki kekurangan. Drama mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: Seo Ye Ji Dikabarkan Comeback, 5 Fakta Drama Korea 'Eve's Scandal'

Baca Juga: Intip Drama Korea, Ini 5 Rahasia Orang Korea Selatan Punya Otak Cerdas

Baca Juga: Minim Romansa, 10 Drakor Ini Miliki Cerita Seru yang Wajib Kamu Tonton