Netflix memang dikenal sebagai raksasa platform streaming yang merilis serial-serial terpuji dan paling ditunggu setiap tahunnya. Salah satunya Squid Game yang popularitasnya berhasil mendunia, hingga serial lain yang pencapaiannya di luar ekspektasi yaitu Midnight Mass.  

Serial-serial original Netflix memang menarik minat banyak penonton mancanegara. Meskipun terdapat serial yang berhasil memuncaki peringkat atas, namun ada pula serial yang tidak luput dari kegagalan karena berbagai alasan. Mulai dari alur kisahnya yang menuai kontroversi sehingga menuai kritikan pedas, hingga masalah di balik layar seperti besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan. 

Seperti sederetan serial original Netflix berikut ini. Ada pula serial yang berhasil memuncaki peringkat atas namun tidak dilanjutkan musim berikutnya. Simak sederetan 11 serial Netflix populer yang musim selanjutnya dibatalkan sepanjang tahun 2021.

1. Cowboy Bebop

https://www.youtube.com/embed/ULCIHP5dc44

Cowboy Bebop merupakan salah satu serial terbaru adaptasi dari anime yang paling banyak dibicarakan. Namun, sayangnya Netflix memutuskan untuk tidak melanjutkan musim kedua dari adaptasi live-action yang dibintangi oleh John Cho tersebut. Keputusan pembatalan ini terjadi kurang dari sebulan setelah musim pertama serial ini dirilis di pada tanggal 19 November 2021. 

Keputusan ini mengejutkan para penonton, karena musim pertama yang termasuk populer mampu menggaet sebesar 75 juta penonton. Namun, ulasan yang kurang positif hingga menurunnya minat para penonton, nampaknya memengaruhi keberlangsungan adaptasi live-action dari serial anime tersebut.

2. Dead to Me

https://www.youtube.com/embed/HmU7ylnmn_M

Dead to Me merupakan serial dark comedy garapan Liz Fedlman, yang rencananya akan kembali meluncurkan musim selanjutnya yaitu yang ke-3 tahun depan. Serial ini merupakan salah satu serial komedi yang paling banyak ditonton di Netflix, musim pertama bahkan berhasil mengumpulkan lebih dari 30 juta penonton di seluruh dunia.

Christina Applegate dan Linda Cardellini dipuji atas penampilan mereka sebagai sahabat yang saling tumbuh, setelah terpuruk akibat kehilangan orang terkasihnya. Namun, sayangnya syuting musim ke-3 sempat dibatalkan pasca Christina Applegate mengumumkan diagnosa multiple scleroris-nya pada bulan Agustus 2021. 

3. The Last Kingdom

https://www.youtube.com/embed/9Za_bQYuL1w

The Last Kingdom merupakan drama fiksi sejarah yang terinspirasi dari novel The Saxon Stories garapan Bernard Cornwell. Kisahnya mengikuti petualangan prajurit Uhtred dari Bebbanburg (Alexander Dreymon) yang lahir sebagai Saxon, tetapi dibesarkan oleh Viking saat ia berusaha untuk mengakui hak yang diberikan leluhurnya.

Kelanjutan serial tersebut dibatalkan tahun ini, yang berarti musim kelima yang akan tayang mendatang menjadi yang terakhir. Netflix awalnya memutuskan untuk meluncurkan musim terbarunya pada bulan Juli 2020, namun akhirnya  pembatalan resmi diumumkan pada bulan April tahun ini. 

4. The Irregulars

https://www.youtube.com/embed/lTE5MAGpflw

Sebuah serial yang mendapatkan ulasan beragam,The Irregulars, berpusat pada kisah sekelompok remaja yang menetap di jalanan Victoria, London. Mereka bekerja dengan John Watson untuk mencari keberadaan Sherlock Holmes yang telah hilang.

Meskipun berhasil mendominasi peringkat teratas streaming harian Netflix setelah tayang perdana di Amerika Serikat (AS) dan luar AS, namun The Irregulars musim kedua resmi dibatalkan. Ini diumumkan Netflix tepat 6 minggu setelah musim pertamanya ditayangkan perdana di bulan Maret tahun ini.

5. Jupiter's Legacy

https://www.youtube.com/embed/TY3IAqm-gpE

Jupiter's Legacy merupakan serial superhero garapan Netflix dengan Millarword - perusahaan penerbitan buku komik milik Mark Millar. Melansir Hollywood Reporter, serial ini awalnya diharapkan dapat menyaingi Star Wars atau setara film garapan Marvel Cinematic Universe lainnya.

Namun, sayangnya musim pertama gagal menuai ulasan yang positif. Laporan dari Hollywood Reporter juga menunjukkan serial ini mengalami sederetan masalah; mulai dari biaya produksi yang melebihi anggaran, perubahan kepemimpinan di Netflix, hingga perdebatan antara anggota eksekutif dan pihak Netflix. Sehingga, menyebabkan pembatalan serial yang telah menelan biaya produksi sebesar US $200 juta tersebut.

6. Cursed

https://www.youtube.com/embed/xLTdy6PfotA

Cursed merupakan drama fantasi yang diadaptasi dari novel bergambar dengan judul yang sama garapan Frank Miller dan Tom Weeler. Musim selanjutnya yang kedua resmi dibatalkan pada bulan Juli 2021. Kisahnya mengangkat hasil imajinasi ulang legenda Raja Arthur yang diceritakan kembali melalui sudut pandang Nimue (Katherine Langford).

Nimue diceritakan sebagai seorang perempuan yang memiliki kekuatan sihir misterius. Ia menjalankan misi mematikan, sehingga dirinya menjadi simbol keberanian bagi sosok wanita muda atas pemberontakkannya melawan musuh.

7. Bonding

https://www.youtube.com/embed/C0Kx3imGLvU

Bonding merupakan salah satu serial situasi komedi Netflix yang musim selanjutnya dibatalkan. Kisahnya mengangkat seorang mahasiswa psikologi yang mengenal dunia BDSM dan bekerja sambilan sebagai dominatrix. Ia mengakui telah menemukan keseimbangan hidup ketika mendalami BDSM sebagai seorang profesional. 

Serial yang menerjuni dunia BDSM ini telah berjalan selama dua musim, namun harus dibatalkan pada bulan Juli. Rencana pembatalan tersebut tidak terlalu mengejutkan para penonton, karena serial ini dari awal menuai kontroversi. Kritikan-kritikan pedas pun dilontarkan komunitas dominatrix karena Bonding menggambarkan dunia BDSM yang tidak realistis, kejam, dan berbahaya.

8. Country Comfort

https://www.youtube.com/embed/9Nra8mjj_Xw

Drama komendi Country Comfort ini dari awal penayangan sepi penonton, karena nampaknya penonton tidak bisa terhubung dengan humornya. Country Comfort sebennarnya mengangkat kisah seorang penyanyi country yang bekerja sambilan  sebagai pengasuh, sekaligus berusaha mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kariernya.

Sayangnya drama komedi ini menerima kritikan tegas karena alur ceritanya yang mudah ditebak dan terlalu klise. Serial ini telah ditayangkan musim pertamanya pada bulan Maret 2021, dan dibatalkan pada bulan Juli 2021.

9. Mr. Iglesias

https://www.youtube.com/embed/DLFEIrEa4js

Serial situasi komedi lainnya yang dilakoni komedian populer adalah Mr. Iglesias. Serial ini dibintangi stand-up comedian Gabriel Iglesias sendiri, yang berperan sebagai guru SMA untuk mencoba menginspirasi sekelompok murid yang berperilaku menyimpang. Serial yang ditayangkan perdana pada Juni 2019 ini memang telah merilis musim kedua, namun akhirnya rencananya untuk melanjutkan musim ketiga pun dibatalkan pada bulan Juli tahun ini.

10. Dash & Lily

https://www.youtube.com/embed/lpRY4vKvMZs

Serial Dash & Lily diangkat dari novel remaja berjudul Dash & Lily's Book of Dares karya David Levithan dan Rachel Cohn. Serial Natal garapan Joe Tracz ini dibintangi Austin Abrams dan Midori Francis sebagai Dash dan Lily, sesuai dengan judulnya. Meskipun telah mewarnai liburan Natal sepanjang tahun 2020, namun penampilan dari kedua bintang ini menuai kritikan karena menunjukkan adegan romansa yang terlalu 'manis' dan cheesy, sehingga harus dibatalkan Netflix setelah penayangan satu musim.

10. Hit & Run

https://www.youtube.com/embed/AyF-EQVs9mU

Hit & Run merupakan serial thriller yang akhir kisahnya belum terselesaikan namun terpaksa dihentikan penayangan musim selanjutnya. Serial ini dibintangi Lior Raz, sebagai seorang pria yang membalaskan dendamnya karena istrinya terbunuh akibat kecelakaan misterius.

Ketika Netflix resmi mengumumkan pengumuman pembatalannya, dilaporkan bahwa alasan utamanya adalah karena biaya produksinya yang terlalu besar. Serial thriller ini padahal mendapatkan ulasan positif dari para kritikus, dan para penggemar kecewa terhadap akhir kisah dari musim pertamanya yang masih menggantung, dan seharusnya masih bisa dilanjutkan ke musim kedua.

11. Dad, Stop Embarrasing Me

https://www.youtube.com/embed/h82fLNNrcQI

Dad, Stop Embarrasing Me sempat ditunggu-tunggu karena merupakan comeback Jammie Foxx ke dunia hiburan membintangi serial situasi komedi. Namun, sayangnya realita tidak sesuai ekspektasi, alur cerita Dad, Stop Embarrassing Me ternyata tidak disukai para penonton. 

Kisahnya berpusat pada Foxx sebagai seorang ayah yang mempermalukan putrinya bernama Sasha, yang tinggal bersamanya setelah ibunya meninggal. Meskipun serial ini dianggap sebagai komedi dan humor Foxx menuai pujian, namun ternyata tidak selucu yang diharapkan para penoton. Sehingga, serial yang ditayangkan perdana pada bulan April tahun ini terpaksa dibatalkan beberapa bulan kemudian pada Juni 2021.

Itulah sederetan 11 serial original Netflix populer yang penayangan musim selanjutnya dibatalkan sepanjang 2021 karena berbagai alasan, mulai dari tingginya biaya produksi, alur cerita yang menuai kontroversi, hingga tidak sesuai ekspektasi para penonton. Dari sederetan serial di atas, mana yang pernah kamu tonton sebelumnya, Bela?

Baca Juga: Money Heist & 9 Drama Korea Terbaru yang Dirilis Netflix Tahun 2022

Baca Juga: Rekomendasi Tontonan 30 Menit di Netflix, Cocok Buat Kamu yang Sibuk!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Natal Favorit Anggota BTS, ARMY Wajib Tahu!