Beberapa waktu lalu, terdapat video cobek dengan belatung keluar, yang cukup viral di media sosial. Hal itu tentunya membuat khawatir semua orang, terutama orang-orang yang sering mengulek bumbu dengan menggunakan cobek.

Banyak pemilik cobek batu yang takut mereka juga mengalami hal serupa. Beberapa warganet kemudian mengikuti eksperimen membakar cobek untuk melihat apakah cobeknya juga didiami belatung.


Ketika mencoba eksperimen tersebut, bukannya keluar belatung, beberapa warganet justru mendapati cobek miliknya pecah.

Viralnya cobek batu yang dibakar keluar belatung ini tentu membuat gempar warganet.  Penyebab munculnya belatung karena adanya sisa bahan makanan yang terselip di sela-sela cobek. Untuk mencegah itu, berikut 4 cara membersihkan cobek yang baik dan benar:

1. Membersihkan cobek setelah dipakai

Viral Cobek Keluar Belatung, Ini 4 Cara Bersihkan CobekShutterstock

Menjaga kebersihan cobek batu wajib dilakukan agar tak khawatir cobek menjadi sarang
belatung. Keluarnya belatung masalahnya bukan pada cobek batunya, melainkan sela-sela cobek yang masih kotor.

Karena itu, setiap kali dipakai, cuci bersih cobek batu kemudian keringkan.

2. Mengeringkan cobek setelah dibersihkan

Viral Cobek Keluar Belatung, Ini 4 Cara Bersihkan CobekShutterstock

Cobek terbuat dari batuan endesit yang kering. Jadi tak memungkinkan belatung bersarang di cobek jika tidak ada sisa bahan makanan yang tersisa di cobek.

Karena itu, setelah membersihkan cobek, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar sela-sela cobek tidak lembap dan tidak ada genangan air.

Pemilik cobek harus memerhatikan cara penyimpanannya. Cobek batu sebaiknya diletakkan di tempat yang kering dan jauh dari makanan basah atau lalat, agar tidak ada telur lalat yang bersarang di cobek.

3. Menggunakan sabun dan jeruk nipis ketika mencuci cobek batu

Viral Cobek Keluar Belatung, Ini 4 Cara Bersihkan CobekShutterstock

Mencuci cobek batu sebaiknya menggunakan sabun agar cobek dapat bersih merata. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air panas agar bakteri serta kuman di cobek dapat menghilang optimal.

Untuk menghilangkan bau bahan makanan yang tersisa di cobek, kalian dapat menggunakan perasan jeruk nipis, ya, Bela.

4. Membalikkan cobek batu setelah dicuci

Viral Cobek Keluar Belatung, Ini 4 Cara Bersihkan CobekShutterstock

Setelah mencuci, sebaiknya tiriskan cobek hingga kering dengan posisi tengkurap. Mengapa? Karena batu merupakan benda padat dan terdapat sela-sela batu apabila penggunaan cobek sudah lama. Biasanya belatung bisa hidup di benda cair atau lembap.

Genangan air di sela-sela cobek dapat meninggalkan bahan makanan yang dapat memancing belatung untuk bersarang. Karena itu sebaiknya cobek diletakkan dengan posisi yang juga tengkurap agar sisa air bisa mengering.

Nah, itu tadi 4 cara membersihkan cobek agar tak ada belatung yang bersarang. Cobek bersih, masak pun tanpa khawatir! Happy cooking, Bela!

Baca Juga: Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci Gosong

Baca Juga: Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudah

Baca Juga: Hati-Hati, 10 Benda di Dapur ini Ternyata Mengandung Racun