Doraemon merupakan tokoh yang dapat mengeluarkan gadget ajaib karya komikus legendaris Jepang, Fujiko bersaudara. Doraemon sendiri menceritakan petualangan robot kucing ajaib berwarna putih biru yang berasal dari abad ke-22 yang dikirim ke abad 21 melalui mesin waktu lalu bertemu anak laki-laki bernama Nobita di Jepang.

Jika dahulu alat-alat ajaib Doraemon hanya khayalan belaka, seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah gawai Doraemon kini berhasil diciptakan di dunia nyata, bahkan digunakan dalam sehari-hari.

Melansir berbagai sumber, berikut 9 alat Doraemon di dunia nyata.

1. Baling-baling bambu

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Alat ikonik ini sering muncul dalam series Doraemon. Baling-baling yang terbuat dari bambu ini membawa penggunanya terbang kemana saja ini dipasang di kepala oleh Doraemon dan kawan-kawannya.

Alat ini tersedia di dunia nyata bernama GEN H4 yang dibuat oleh perusahaan asal Jepang, GEN Corporation. GEN H4 dilengkapi dengan baling-baling pada helikopter dan satu buah kursi kokpit tanpa kaca depan yang membawamu terbang ke manapun.

2. Printer tiga dimensi

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Kini, printer tiga dimensi bukan hanya khayalan semata lagi. Di dunia nyata, terdapat printer yang dapat memproduksi benda apa saja melalui AutoCAD, sebuah software yang menciptakan alat-alat 3D.

Nantinya, mesin printer ini tersambung dengan komputer dan mampu mencetak objek tiga dimensi menggunakan sejumlah material. Biasanya, printer tiga dimensi digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang desain. Pernah lihat, Bela?

3. Satelit pribadi

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Di era masa kini, satelit pribadi Doraemon dapat digunakan semua orang, seperti Google Latitude, Google Maps, dan Google Earth.  Satelit ini mampu melacak suatu lokasi dan melihat pergerakan orang lain. Uniknya, teknologi ini dapat mendeteksi ke manapun seseorang pergi secara real time.

4. Roti pengingat

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Roti pengingat merupakan roti khusus yang dapat membantu Nobita mengingat hal apapun. Kini, orang-orang menggunakan alarm dan kalendar online yang dapat mengingatkan pemakainya dalam acara penting, seperti meeting, acara, ulang tahun, event dan lain sebagainya. 

5. Ensiklopedia serba tahu

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataGoogle.com

Zaman dahulu orang-orang mencari informasi lewat buku dan koran atau bertanya ke segala penjuru. Hal ini tentu membuat Nobita kesulitan untuk mengerjakan PR-nya dan menggunakan Ensiklopedia serba tahu untuk membantu Nobita.

Di dunia nyata, ensiklopedia serba tahu direpresentasikan lewat mesin pencari yang terkoneksi dengan internet, yakni Google Search dan Wikipedia. Semua informasi bisa dijawab dengan mudah dsn efisien melalui teknologi ini.

6. Alat pembaca mimpi

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Doraemon pernah menggunakan alat ini untuk mengintip mimpi orang-orang dan memvisualisasikannya lewat sebuah layar kecil.

Di dunia nyata, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat berhasil menciptakan mesin pembaca mimpi yang bernama NeuroSky. Bedanya, NeuroSky tidak menampilkan mimpi secara visual, tetapi berupa grafik yang harus diterjemahkan sendiri.

Mesin ini menggunakan bandana yang berfungsi mendeteksi gelombang otak yang dihasilkan saat tidur dan dapat menafsir mimpi seseorang melalui grafik frekuensi gelombang alpha dan gama.

7. Jubah tembus pandang

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Sesuai namanya, jubah ini dapat menyelimuti pemakai atau benda apapun dan membuatnya tak terlihat.

Seorang tim ilmuwan asal Jepang dan Amerika Serikat mulai menciptakan jubah ini sejak 2006. Jubah ini terbuat dari metamaterial yang dapat memecah gelombang elektromagnetik dan membuat suatu benda terlihat bias.

Saat ini jubah tembus pandang masih dalam tahap pengembangan dan diperkirakan selesai 10 tahun mendatang.

8. Kartu ke mana saja

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataPinterest com/bellaxlovee

Kartu ke mana saja digunakan Doraemon dan Nobita untuk mengunjungi ke tempat manapun. Kini alat tersebut terwujudkan lewat kartu visa dan paspor yang memudahkan orang-orang untuk mengunjungi luar negeri.

Kartu visa adalah sebuah kartu debit atau kartu kredit berlogo Visa yang mana bank bekerja sama dengan Visa Inc. untuk menyediakan jasa transfer dana elektronik internasional. Sedangkan paspor adalah dokumen yang memuat identitas pemiliknya untuk syarat melakukan perjalanan antar negara. 

9. Konyaku penerjemah

Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia NyataDoraemon.wikia.com

Konyaku penerjemah merupakan hidangan seperti pudding yang membuat orang yang memakannya memahami semua bahasa di seluruh dunia. Di kehidupan nyata, dengan Google Translate, orang-orang dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dunia.

Kira-kira, benda ajaib Doraemon apalagi yang dibutuhkan manusia saat ini? Mesin waktu atau pintu kemana saja?

Disclaimer: Artikel ini telah tayang di IDN Times dengan judul "9 Alat Doraemon yang Akhirnya “Beneran Ada” di Dunia Nyata" ditulis oleh Rizal.

Baca Juga: Sambut Musim Panas, McDonald's Jepang Rilis Dessert Bertema Doraemon

Baca Juga: 10 Rekomendasi Online Shop untuk Beli Pernak Pernik Unik Doraemon

Baca Juga: Perayaan 50 Tahun Doraemon, Ini 5 Fakta ‘Stand by Me Doraemon 2’