Jangan Salah Pilih! Ini 8 Perbedaan antara Oven dan Microwave

Dari fungsi hingga pemanasan

Jangan Salah Pilih! Ini 8 Perbedaan antara Oven dan Microwave

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Microwave dan oven adalah alat memasak yang paling banyak digunakan di rumah tangga, selain kompor. Ragam fitur dari keduanya yang dinilai lebih efisien dibanding kompor, seperti hemat tempat, tak boros energi, serta waktu memasak lebih cepat patut diacungi jempol.

Walaupun memiliki bentuk dan penampilan sepintas mirip, ternyata terdapat banyak perbedaan dasar antara microwave dan oven. Perbedaan ini meliputi proses pemanasan, fungsi, kapasitas, hingga hasil akhir masakan.

Seringkali orang awam tertukar ketika membelinya, sehingga berakibat makanan yang dimasak jauh dari ekspektasi dan tidak sedikit yang gagal. Agar kamu tak salah membeli, yuk kenali 8 perbedaan amtara microwave dan oven yang sudah Popbela rangkum dari ragam sumber.

1. Proses pemanasan

Jangan Salah Pilih! Ini 8 Perbedaan antara Oven dan Microwave

Perbedaan pertama antara microwave dan oven yang perlu kamu ketahui adalah proses pemanasannya. Microwave menggunakan gelombang mikro yang terpancar melalui makanan.

Dari sana, terjadi proses molekul air bergerak cepat dan saling bertumbukkan (penyerapan air) sehingga menghasilkan panas yang dapat mematangkan makanan.
Sedangkan oven memanfaat energi listrik untuk menciptakan panas yang tersebar secara menyeluruh di seluruh ruangan oven.

2. Waktu yang dibutuhkan untuk pemanasan

Alasan proses memasak menggunakan oven lebih lama ketimbang dengan microwave disebabkan panas yang dihasilkan menyebar ke seluruh ruang oven. Sedangkan memasak di microwave dinilai lebih efektif karena pemanasan terjadi langsung pada makanan yang dimasak.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here