10 Kesalahan Saat Memelihara Hamster yang Harus Dihindari

Agar mereka tetap sehat, bahagia, dan aktif ceria

10 Kesalahan Saat Memelihara Hamster yang Harus Dihindari

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Hamster kiranya bisa menjadi pilihan hewan peliharaan bagi kamu yang tinggal di hunian kecil. Selain ukurannya yang kecil dan tak perlu banyak lahan, hamster memiliki perawatan relatif murah. Mereka tak membutuhkan pengawasan lebih seperti kucing atau anjing.

Meski demikian, beberapa pemilik hamster kerap melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan hamster rentan terkena stres dan sakit-sakitan.

Lantas, apa saja kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat memelihara hamster? Mengulir dari Petsoid, cek sepuluh hal dalam memelihara hamster yang perlu dihindari.

1. Salah memberi jenis pakan

10 Kesalahan Saat Memelihara Hamster yang Harus Dihindari

Hamster adalah hewan omnivora yang cenderung mengonsumsi sayuran atau biji-bijian. Sebagai hewan yang rentan terhadap perubahaan lingkungan, mereka perlu menyantap makanan yang sehat dan bergizi untuk memperkuat imunitas tubuh.

Beri pakan berupa campuran biji-bijian dan pelet yang bergizi kepada hamster milikmu. Adapun makanan manusia yang boleh dikonsumsi oleh hamster adalah buah dan sayuran tertentu—seperti wortel, apel, melon, brokoli, dan bayam.

Hindari memberikan bawang-bawangan, tomat, kentang, dan kacang kepada mereka. Karena deretan sayuran tersebut bisa menyebabkan hamster mengalami diare hebat dan dehidrasi parah.

2. Meletakkan dua hamster dalam satu kandang

Ada beberapa spesies hamster yang terkenal suka mendominasi dan tak akur satu sama lain. Termasuk hamster Suriah, yang terkenal teritorial dan tidak rukun saat diletakkan bersama di kandang yang sama.

Begitu juga hamster Roborovski Dwarf (jenis hamster terkecil), yang tak bisa dipelihara bersama jika mereka berjenis kelamin sama. Ras ini akan menganggap sesamanya sebagai musuh yang hendak merebut kawasan.

Lantas, penting sekali untuk mencari informasi mengenai jenis-jenis hamster yang tidak boleh dipelihara di kandang yang sama. Selain mempermudah kamu dalam merawatnya, mereka tak akan tertekan dan cenderung lebih bahagia.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here