10 Jenis Ular Berbisa di Indonesia, Tetap Waspada!

Bahkan ada yang menyebabkan kematian

10 Jenis Ular Berbisa di Indonesia, Tetap Waspada!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Indonesia merupakan negara kaya akan flora dan fauna. Di antaranya adalah 450 spesies ular dengan karakterisitik tersendiri di setiap daerahnya. Namun, hewan melata ini masuk ke dalam kategori predator yang cukup berbahaya, terutama ular berbisa. Gigitannya mengandung racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan mengancam nyawa.

Ular berbisa ini dapat ditemukan di hutan, semak-semak, ladang, sawah, daerah lembap, hingga rumah. Karena itu, sebaiknya kita perlu mengenali jenis ular berbisa yang mungkin dapat ditemui di sekitar kita.

Berikut 10 jenis ular berbisa yang ada di Indonesia. Tetap waspada ya, Bela, kalau bertemu dengannya!

1. Ular Kobra

Sudah menjadi pengetahuan umum jika ular Kobra menjadi ular berbisa paling mematikan di dunia. Bahkan, satu gigitannya bisa membunuh 10 orang. Spesies ular kobra yang banyak ditemukan di Indonesia adalah adalah kobra penyembur (spitting cobra), kobra sumatra, dan king kobra.

Fyi, ular kobra sebenarnya tidak agresif apabila tidak diganggu. Kobra cenderung introvert yang menghindari kontak dengan manusia. Ular kobra dapat ditemui di lahan pertanian, hutan bakau, hingga pemukiman.

2. Ular weling

Ciri khas ular weling terletak pada warna kulitnya seperti zebra dengan corak hitam putih di seluruh tubuhnya. Ular weling sangat menyukai tempat yang lembap atau dekat sumber air, seperti sawah, pinggir sungai dan lubang tikus.

Ular dengan nama latin Bungarus candidu ini masuk dalam hewan predator nokturnal yang aktif pada jam 9-11 malam. Satu gigitannya mengandung bisa yang menyebabkan sakit kepala, diare, kejang, paralisis, dan muntah.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here