Kamu yang suka sekali menyaksikan drama Korea, pasti sadar banyak kisah yang tersaji di sana. Mulai dari percintaan, kerajaan, bahkan kehidupan kantor. 

Salah satu kisah yang diangkat di drama Korea paling mencuri perhatian dan bisa kita jadikan pelajaran adalah kisah tentang pelecehan seksual di tempat kerja. Tak hanya seru untuk disaksikan, deretan drama berikut ini juga penuh pesan moral. Apa saja drama Korea yang mengangkat kisah pelecehan seksual di tempat kerja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Because This is My First Life

5 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Pelecehan Seksual di Tempat Kerjainikpop.com

Drama Korea yang dibintangi oleh Jung So Min dan Lee Min Ki ini berkisah tentang seorang perempuan di usia 30-an bernama Yoon Ji Hoo yang juga bekerja sebagai asisten penulis skenario. Karena adiknya baru saja menikah, Ji Hoo merasa tidak nyaman dan dirinya mencoba untuk menyewa apartemen, namun tabungannya tidak cukup untuk sekadar membayar deposit rumah.

Dirinya terpaksa tidur di kantor, namun malangnya seorang rekan kerjanya yang tengah mabuk, hampir memperkosanya dan hal itu membuat Ji Hoo memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Dalam keadaan kalut Ji Hoo tinggal serumah dengan Nam Se Hee yang dikira Ji Hoo adalah seorang perempuan, tapi kenyataannya Se Hee merupakan seorang pria lajang yang berniat tidak akan menikah.

Ji Hoo pun akhirnya mengetahui bahwa Se Hee adalah seorang pria. Tapi, karena sudah terlanjur betah tinggal di rumah Se Hee, Se Hee pun memiliki ide untuk menikah kontrak dengannya, hal itu dilakukan agar dirinya bisa lebih ringan membayar uang sewa rumah.

2. Something in the Rain

5 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Pelecehan Seksual di Tempat Kerjahelokpop.com

Drama romantis yang dibintangi oleh Son Ye Jin dan Jung Hae In ini bercerita tentang seorang perempuan berusia 35 tahun bernama Yoon Jin A. Dia bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan besar, dedikasinya pada perusahaan juga tak main-main. Hidupnya yang teratur berubah ketika bertemu kembali dengan adik sahabatnya yang baru pulang dari Amerika bernama Joon Hee.

Joon Hee merupakan seorang pria yang usianya di bawah Jin A namun memiliki karakter yang sangat ceria dan baik sehingga sifat Jin A yang kaku pun bisa menjadi lebih lunak. Suatu ketika di kantor Jin A, beberapa karyawati mengeluh karena atasannya sering melakukan pelecehan seksual. Karena takut, dipecat mereka terpaksa diam seribu bahasa. Berbeda dengan Jin A, dirinya mencoba untuk membela harga dirinya sebagai perempuan dan menghukum atasannya meskipun risikonya harus berhenti bekerja.

3. Miss Hammurabi

5 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Pelecehan Seksual di Tempat Kerjakdramazone.com

Drama Korea yang dibintangi oleh Go Ara dan L INFINITE ini bercerita tentang seorang hakim perempuan bernama Park Cha Oh Reum yang memiliki rasa empati yang tinggi terhadap para perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Suatu ketika seorang rekan kerja hakim Oh Reum mengalami pelecehan seksual oleh atasannya.

Untuk menjaga nama baik institusi hukum di mata masyarakat, korban pelecehan tersebut diminta untuk tutup mulut. Oh Reum yang mengetahui ada pelecehan seksual di lingkungan kerjanya tidak tinggal diam, dia berusaha untuk menegakkan keadilan seadil-adilnya terhadap siapapun para pelaku kejahatan seksual.

4. Witch at Court

5 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Pelecehan Seksual di Tempat Kerjadramabeans.com

Drama yang berlatar tentang hukum ini bercerita tentang seorang jaksa perempuan bernama Ma Yi Deum yang pada awalnya tidak terlalu peduli pada para korban yang mengalami pelecehan seksual. Bahkan dirinya mencoba tutup mata dengan aksi pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kerjanya.

Ketidakpeduliannya sirna, ketika mendengar bahwa ibu kandungnya juga pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh atasannya ketika ibunya bekerja di sebuah pabrik. Hal itulah yang membuat Ma Yi Deum berubah dan berbalik membela para perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual.

5. Your Honor

5 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Pelecehan Seksual di Tempat Kerjainikpop.com

Drama yang dibintangi oleh Lee You Young ini bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja sebagai hakim magang bernama Song So Eun yang mengalami pelecehan seksual oleh atasannya. Bahkan So Eun diiming-imingi akan diberikan nilai yang bagus jika mau tidur dengan atasannya tersebut.

Namun So Eun menolak, dirinya bahkan melaporkan hal tak mengenakkan tersebut. Tapi dengan dalih tidak ada bukti So Eun malah dituduh mencemarkan nama baik atasannya. Dirinya bertahan menjadi sampai menjadi hakim dan berusaha untuk membela para perempuan yang mengalami pelecehan seksual termasuk yang dialami oleh kakaknya.

Nah, itu dia kelima drama Korea yang mengangkat kisah pelecehan seksual di tempat kerja, ada yang sudah menontonnya?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Drama Korea Ini Bercerita Tentang Pelecehan Seksual di Tempat Kerja"

Baca Juga: Rekomendasi 6 Serial Drama Korea yang Rilis Maret 2020 di Netflix

Baca Juga: 5 Drama Korea Tentang Perselingkuhan yang Wajib Kamu Tonton