Ras kucing baru muncul setiap saat. Beberapa jenis ras muncul sebagai hasil dari mutasi yang nggak disengaja dan beberapa yang lain adalah hasil persilangan panjang beberapa generasi.

Tampilan kucing jadi makin bervariasi, mulai dari bulu pendek, botak, mata kuning, terlihat seperti harimau dan macan tutul dengan telinga melengkung dan kaki pendek, serta masih banyak lainnya.

Beberapa ras kucing rumahan paling langka ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Alasannya tentu saja karena nggak sembarang orang bisa memilikinya dan harganya sudah pasti sangat mahal. Apa saja?

1. American Wirehair

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetsimplycatbreeds.org

Bulu dari kucing jenis ini tampak kuat dan kaku, namun sebenarnya bulu mereka selembut bulu kucing jenis lainnya. Kucing ras American Wirehair nggak pernah disisir atau disikat setelah mandi demi menjaga bulu mereka tetap terlihat alami.

American Wirehair adalah jenis kucing yang punya rasa ingin tahu tinggi namun patuh pada pemiliknya. Bukan cuma itu, mereka juga mudah beradaptasi pada perubahan.

2. Sokoke

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetgccfcats.org

Kucing Sokoke Afrika terlihat seperti Cheetah. Tubuhnya berbintik-bintik, memiliki telinga besar, dan mereka sangat aktif. Ras ini muncul pada akhir tahun 1970-an dan menjadi populer di seluruh Eropa dengan sangat cepat. Kucing Sokoke terbilang mandiri dan nggak suka menuntut, tetapi pemiliknya perlu memastikan mereka memiliki cukup ruang untuk bermain.

3. Nebelungs

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetanimalovers.it

Nebelungs awalnya berasal dari kucing biru Rusia. Nebelungs muda bisa bersikap sangat agresif terhadap orang baru, tetapi mereka benar-benar baik kepada pemiliknya. Selain itu, kucing ras ini juga memiliki suara yang sangat tenang.

4. Minuet (Napoleon)

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetbreedersonline.co.uk

Kucing minuet berasal dari persilangan kucing Munchkin dan Persia. Minuet ini nggak memerlukan jenis perawatan khusus. Kecerdasan mereka yang tinggi serta nggak adanya agresi menjadikan mereka hewan peliharaan yang ideal. Kucing Minuet sebenarnya pertama kali disebut kucing Napoleon, karena mereka sangat pendek, seperti Napoleon Bonaparte.

5. LaPerm

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetliked.hu

Kucing ini adalah salah satu kucing paling unik di dunia. Tentu saja karena bulu keriting permanennya yang super cute! Jadi ingat domba Merino ya?

6. Chantilly-Tiffany

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetsaveworningtoncollege.com

Chantilly-Tiffany adalah kucing yang memiliki bulu panjang seperti sutra dengan warna kecokelatan dan mata kuning. Kucing dari jenis ini sangat cerdas, ramah, dan memiliki sikap yang baik terhadap anak-anak. Mereka nggak membutuhkan banyak perawatan khusus, satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah merawat bulu panjangnya.

7. Bombay

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetkronoscompany.com

Kucing Bombay terlihat seperti Bagheera dari cerita Mowgli karya Rudyard Kipling. Terlepas dari nama mereka, mereka sebenarnya nggak dibiakkan di India melainkan berasal dari Amerika Serikat.

Penampilan Bombay sangat mengesankan dengan mata kuning amber dan bulu gelap halus. Itulah yang membuat mereka terlihat seperti macan kumbang hitam. Namun, penampilan garang mereka nggak membuat orang ragu untuk memeliharanya di rumah.

8. Foldex

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetchatterieshamal.e-monsite.com

Kucing Foldex disebut-sebut mirip seperti kucing mainan. Foldex adalah kucing yang berasal dari kombinasi British Shorthair, Scottish Fold, dan Persia. Mereka punya bulu yang tebal dan sangat friendly pada siapa saja. Sayangnya, mereka nggak mampu hidup tanpa majikannya.

9. American Curl

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetthegolfclub.info

Ciri paling unik dari kucing ras ini adalah telinga melengkungnya. American Curl bisa mempunyai bulu pendek, panjang, dan berbagai warna. Kucing ini disebut-sebut sangat loyal, komunikatif, dan memiliki kesehatan yang bagus.

10. Selkirk Rex

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetbobandsuewilliams.com

LaPerm bukan satu-satunya kucing berbulu keriting di dunia. Selkirk Rex berasal dari campuran kucing jenis Persia, British, dan kucing eksotis lainnya.

Selkirk Rex mempunyai sikap yang baik dan loyal. Bulu mereka harus kamu rawat setiap hari. Jangan malas ya, karena bisa jadi muncul masalah pada bulu mereka kalau sampai jarang diurus.

11. Dwelf

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetbabyjoycats.com

Kucing ini adalah kombinasi dari jenis Sphynx, Munchkins, dan Curl. Inilah sebabnya Dwelf memiliki ciri tubuh kecil dengan kaki pendek, telinga melengkung, dan tanpa bulu. Kucing Dwelf ini terlihat seperti makhluk ajaib. Belum lagi perawatannya yang nggak mudah. Dwelf sangat suka kehangatan, mereka juga perlu sering dimandikan, serta mata, hidung, dan telinga mereka harus dibersihkan setiap hari.

12. Singapura

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetelelur.com

Kucing Singapura adalah salah satu jenis kucing terkecil di dunia. Mereka memiliki kesehatan yang sangat baik dan mereka nggak memerlukan perawatan khusus. Banyak orang menyukai kucing ini karena ukurannya yang kecil.

13. Lykoi

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetaminoapps.com

Kucing Lykoi mirip seperti serigala. Mereka memiliki jenis bulu hitam yang unik dan terlihat seperti rambut possum. Fakta bahwa mereka tidak memiliki bulu di wajah membuat mereka terlihat seperti manusia serigala, dan dari sinilah nama ras itu berasal. Namun, terlepas dari penampilan mereka, kucing Lykoi adalah hewan peliharaan yang sangat loyal dan ramah.

14. Kinkalow

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetbabyjoycats.com

Kombinasi Munchkins dan American Curls ini memiliki fitur campuran dari kedua ras tersebut. Perawakannya yang mungil dengan kaki pendek berasal dari Munchkins dan telinga mereka yang melengkung berasal dari Curls. Saat ini, hanya ada sekitar 100 ekor kucing Kinkalow di dunia. Tapi tenang saja, kucing jenis ini semakin populer kok!

15. Chartreux

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetpetreporters.com

Kucing ini adalah salah satu kucing ras Eropa tertua yang mulai dibiakkan sekitar 600 tahun yang lalu. Kucing Chartreux adalah kucing besar dengan mata berwarna madu, bulu kebiruan, dan berkepribadian independen. Chartreux adalah hewan peliharaan yang baik, tapi mereka bisa cemburu jika kamu memiliki hewan peliharaan lain.

16. American Ringtail

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Bangetpetshoptop.ru

American Ringtails adalah kucing jenis baru, namun belum semua orang sepakat bahwa kucing ini benar-benar dari jenis baru. Ekor mereka melengkung di bagian belakang seperti milik Husky. Ringtail punya kepribadian lucu, punya rasa ingin tahu tinggi, komunikatif, dan yang paling mengejutkan adalah ia suka air.

17. Maine Coon

Tahu Nggak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka BangetInstagram.com/winsneswilda

Maine Coon disebut-sebut sebagai kucing paling cantik di dunia. Bukan hanya cantik, kucing besar ini juga memiliki aura mistis dengan bulu-bulunya yang lebat dan panjang.

Kucing Maine Coon disebut juga sebagai kucing bulu panjang Amerika. Mereka adalah salah satu ras kucing tertua dan alami yang berasal dari daerah Maine, Amerika Serikat. Nenek moyang Maine Coon dipercaya berasal dari ras Anggora dan kucing hutan Norwegia.

Jadi, kucing jenis apa nih yang paling kamu suka?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Tahu Gak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Banget"

Baca Juga: 8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMY