Saat berita meninggalnya istri mendiang penyanyi Chrisye datang, membuat banyak orang terkejut. Yanti Noor menghembuskan napas terakhirnya di RSUD Cimacan, Cipanas, Jawa Barat, pada Sabtu (8/2/20), tepat 40 hari yang lalu. 

Jenazah Yanti Noor dimakamkan satu liang lahat dengan mendiang Chrisye di TPU Jeruk Purut, Ampera, Jakarta Selatan, pada Minggu, (9/2/20). 

Banyak hal menarik yang bisa menjadi inspirasi dari sosok almarhumah Yanti Noor. Tak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penyanyi saat masih muda. Berikut ini beberapa kisah hidup seorang Yanti Noor semasa muda, serta perannya menjadi seorang istri mendiang Chrisye. 

Bergabung dengan Noor Bersaudara

Kisah Hidup Istri Chrisye, Yanti Noor, Sosok Perempuan yang Kuatdok.internet

Sebelum menikah dengan mendiang Chrisye, Yanti Noor dikenal sebagai seorang penyanyi. Ia merupakan salah satu personel grup musik Noor Bersaudara. Grup ini didirikan oleh pamannya, Adi Noor, yang berisikan oleh saudara-saudara Yanti Noor. Beberapa album dan lagunya adalah karya mereka sendiri dan sempat menjadi perhatian para pencinta musik Tanah Air kala itu. 

Pernah menjadi sekretaris Guruh Soekarnoputra

Kisah Hidup Istri Chrisye, Yanti Noor, Sosok Perempuan yang Kuatdok.internet

Selain seorang penyanyi, Yanti Noor juga pernah menjadi sekretaris Guruh Soekarnoputra. Ia pun bertemu dengan Chrisye pertama kali di kantor Guruh. Saat itu, Chrisye tengah berkolaborasi dengan Guruh. Hal tersebut membuat Yanti dan Chrisye sering bertemu dan membahas soal musik bersama. 

Kerja di sebuah hotel di pulau dewata

Kisah Hidup Istri Chrisye, Yanti Noor, Sosok Perempuan yang Kuatdok.internet

Sebelum dilamar, mereka sempat berpisah lantaran Yanti harus bekerja di salah satu hotel bintang lima di Bali. Jarak itu tak membuat Chrisye diam. Ia akhirnya berjanji jika Yanti kembali ke Jakarta, maka Chrisye akan melamarnya. 

Peran Yanti Noor di kehidupan Chrisye

Kisah Hidup Istri Chrisye, Yanti Noor, Sosok Perempuan yang Kuatdok.internet

Pada 12 Desember 1982, Chrisye dan Yanti melangsungkan pernikahan dengan adat Minangkabau. Chrisye yang berdarah Tionghoa-Betawi ini akhirnya pindah agama mengikuti keyakinan Yanti Noor menjadi seorang muslim. Dari pernikahannya dengan Chrisye, Yanti Noor memiliki empat orang anak bernama Rizkia Nurannissa, Risty Nurraisa, Randa Pramasha, dan Rayinda Prashatya. 

Yanti Noor sangat berperan terhadap kehidupan dan karier seorang Chrisye. Yanti banyak terlibat dalam proses kreatif Chrisye saat membuat lagu. Ia juga turut merancang dan mempersiapkan kostum di salah satu lagu yang digarap oleh Chrisye. Saat Chrisye berada di titik terendah hidupnya dalam dunia musik, Yanti tetap setia menemani dan meyakinkan sang suami.

Itulah perjalanan seorang Yanti Noor, yang dimakamkan satu liang lahat bersama Chrisye. Kembali bersama sang kekasih. 

Baca Juga: Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari Lagu Terpopuler Chrisye