Puasa atau yang dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah shaum, merupakan salah satu ibadah yang dijalankan umat Islam di seluruh dunia. Puasa dilakukan dengan cara menahan diri dari makan dan minum mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Biasanya puasa dilakukan di bulan Ramadan selama 30 hari. Namun, ada beberapa jenis puasa sunnah lainnya yang dilakukan umat Islam salah satunya adalah puasa senin kamis. 

Puasa senin kamis ini merupakan puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Selain itu, puasa sendiri juga memiliki arti dan keutamaan yang penting bagi umat muslim. Banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan dalam menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis ini, seperti bermanfaat untuk kesehatan, menambah ketaatan kepada Allah SWT, serta hal-hal spiritual lainnya. 

Buat kamu yang sudah penasaran, simak bacaan niat, keutamaan dan manfaat puasa Senin-Kamis berikut ini. 

1. Hari saat pintu-pintu surga dibuka

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis beserta Hukum dan Bacaan Niatnyaislamkafah.com

Senin dan Kamis merupakan hari saat pintu-pintu surga dibuka dan amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah SWT. Sehingga dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim dapat diampuni oleh Allah SWT, kecuali bagi umat yang sedang bermusuhan. 

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

2. Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT pada hari Senin.

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis beserta Hukum dan Bacaan Niatnyafdaberbagi.blogspot.com

Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Awal, 571 Masehi. Dalam sebuah hadis dijelaskan  mengapa Rasulullah SAW sangat menyukai puasa pada hari Senin. 

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosululullah SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

3. Meningkatkan amalan untuk bekal di akhirat

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis beserta Hukum dan Bacaan Niatnya

Dengan rutin menjalankan puasa Senin-Kamis, maka kita akan terdorong untuk melakukan ibadah-ibadah lainnya. Dengan begitu, ibadah-ibadah yang kita lakukan akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Amalan-amalan baik tersebut akan bertambah dan bisa menjadi bekal untuk di akhirat nanti. 

4. Bermanfaat bagi kesehatan tubuh

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis beserta Hukum dan Bacaan Niatnyahealth.harvard.edu

Manfaat lain dari berpuasa, yaitu baik untuk kesehatan tubuh manusia. Para ahli mengatakan bahwa dengan berpuasa, maka tubuh kita akan dibersihkan dan bisa menjadi penyembuhan bagi berbagai penyakit. Organ pencernaan kita bisa beristirahat sementara sehingga tubuh akan terus fit dan sehat. 

5. Melatih disiplin diri dan meningkatkan rasa syukur

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis beserta Hukum dan Bacaan Niatnyaaboutislam.net

Dengan berpuasa, seseorang akan dilatih untuk selalu disiplin dalam segala hal. Kita akan menahan diri dari perbuatan dosa yang dapat membatalkan puasa karena merasa Allah SWT mengawasi setiap tindakan yang kita lakukan. Selain itu, puasa juga akan meningkatkan rasa bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Kita akan tahu bahwa masih ada orang lain yang tidak seberuntung kita. 

Niat puasa Sunnah Senin-Kamis

Berikut ini adalah niat untuk berpuasa Senin-Kamis: 

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

 

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Itulah bacaan niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya. Semoga bisa memberikan hasil positif dan menambah ketakwaanmu kepada Allah SWT ya, Bela. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Baca Juga: Penting, Ini Niat Puasa Qadha dan Tata Cara Wajib yang Harus Dijalani

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan